Sinkronkan File Terenkripsi Client-side dengan Google Drive for Desktop

 Dengan Google Workspace Client-side encryption (CSE), Anda dapat menggunakan kunci enkripsi sendiri untuk mengenkripsi data perusahaan di samping menggunakan enkripsi default yang tersedia Google Workspace. Dengan Google Workspace CSE, enkripsi konten ditangani di browser klien sebelum data dikirim atau disimpan di penyimpanan berbasis cloud Drive. Dengan begitu, server Google tidak dapat mengakses kunci enkripsi dan mendekripsi data Anda.

Untuk menggunakan CSE, Anda harus menghubungkan Google Workspace ke layanan kunci enkripsi eksternal dan identity provider (IdP). Pengguna dapat berbagi file CSE baik secara internal maupun dengan pihak eksternal (dengan catatan, pihak tersebut juga menggunakan Google Workspace dan menyiapkan CSE).

Dalam update terbaru Google Workspace CSE, pengguna kini dapat melakukan sinkronisasi file terenkripsi client-side melalui Google Drive for Desktop. Seperti apa?

Sinkronkan File Terenkripsi Client-side dengan Google Drive for Desktop

Photo Credit: Google Workspace Updates

Kini administrator untuk edisi Google Workspace tertentu dapat memperbarui konfigurasi enkripsi client-side mereka untuk menyertakan Google Drive for Desktop. Jika diaktifkan, pengguna dapat menyinkronkan file Google Drive, Doc, Spreadsheet, dan Slide dengan Drive for Desktop di perangkat Windows dan Mac OS. File yang disinkronkan dan dienkripsi akan muncul sebagai pintasan di Windows dan tautan simbolis di Mac OS.

Dukungan untuk pengguna Mac OS di File Provider akan diperkenalkan pada rilisan mendatang. Update mengenai hal ini dapat Anda pantau melalui halaman blog Google Workspace. Selain itu, fitur baru ini juga memungkinkan pengguna enkripsi client-side di domain Anda untuk mengenkripsi dan mengunggah file lokal ke Google Drive.

Baca juga: Kontrol Privasi Yang Lebih Kuat untuk Instansi Pemerintah dengan Enkripsi Client-side

Kenapa harus Google Workspace CSE?

Google Workspace sudah menggunakan standar kriptografi terbaru untuk mengenkripsi semua data, baik saat diam maupun dalam transit antar fasilitasnya. Namun, dengan CSE, Anda memiliki kontrol langsung atas kunci enkripsi dan penyedia identitas yang digunakan untuk mengakses kunci tersebut. Kontrol tambahan ini dapat membantu Anda memperkuat kerahasiaan data sensitif atau yang diatur. Perusahaan Anda mungkin perlu menggunakan CSE karena berbagai alasan, misalnya:

  • Privasi, karena perusahaan Anda bekerja dengan kekayaan intelektual yang sangat sensitif.
  • Kepatuhan terhadap peraturan. perusahaan Anda beroperasi di industri yang diatur dengan ketat, seperti kedirgantaraan dan pertahanan, layanan keuangan, atau pemerintahan.

Baca juga: Meningkatkan Keamanan Akses Penyimpanan Data Google Cloud Melalui Enkripsi Data Ubiquitous

Mulai menggunakan fitur

Fitur ini mengharuskan admin untuk memperbarui konfigurasi CSE mereka (menambahkan Drive for Desktop Client ID ke setelan penyedia identitas). Peluncuran fitur dilakukan secara bertahap dan dimulai sejak tanggal 29 Juni 2022 (hingga 15 hari untuk visibilitas fitur), baik untuk domain rilis cepat maupun rilis terjadwal.

Ketersediaan fitur

Photo Credit: 8photo (Freepik)

Ketersediaan fitur menyesuaikan kapabilitas yang ada. Berikut detail lengkapnya:

  • Kapabilitas untuk sinkronkan file terenkripsi

Tersedia untuk semua pelanggan Google Workspace, maupun pelanggan G Suite Basic dan G Suite Business lama.

  • Kapabilitas untuk enkripsi dan unggah file lokal

Tersedia untuk pelanggan Google Workspace Enterprise Plus, Education Standard, dan Education Plus. Namun kapabilitas ini tidak tersedia untuk Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Education Fundamentals, Education Teaching & Learning Upgrade, Frontline, dan Nonprofits, serta pelanggan lama G Suite Basic dan juga G Suite Business.

Baca juga: Fitur Context-Aware Access di Google Workspace Untuk Penolakan Akses dengan Konteks

Dengan adanya Google Workspace Client-side encryption (CSE), pengguna dapat mengenkripsi data perusahaan mereka sendiri, selain menggunakan enkripsi default yang telah disediakan oleh sistem. Layanan ini tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace dan dapat dioperasikan dalam skala besar, seperti di perusahaan maupun instansi pendidikan.

Apakah fitur ini adalah solusi yang Anda cari? Implementasi Google Workspace untuk perusahaan dan instansi pendidikan kini telah tersedia di EIKON Technology melalui paket Workspace edisi Business dan Education. Untuk informasi selengkapnya, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments