Kontrol Privasi yang Lebih Kuat untuk Instansi Pemerintah dengan Enkripsi Client-Side

Instansi pemerintah selalu bekerja dengan data sensitif, seperti data keuangan, informasi pengenal pribadi atau bahkan informasi kepemilikan. Penanganan data ini mengharuskan lembaga untuk memenuhi persyaratan kerahasiaan dan kepatuhan. Pada saat yang sama, instansi tentu tidak ingin berkompromi dengan pengalaman kolaborasi yang mereka berikan kepada karyawan mereka.

Kontrol kerahasiaan data dengan kunci enkripsi

Photo Credit: Freepik

Enkripsi adalah kontrol teknis penting yang membatasi akses penyedia cloud ke data pelanggan. Google Workspace sudah menggunakan standar kriptografi terbaru (Advanced Encryption Standard) untuk mengenkripsi semua data saat istirahat dan dalam transit antar fasilitas kami.

Enkripsi client-side Google Workspace memungkinkan instansi pemerintah mempertahankan kerahasiaan dan kontrol penuh atas data dengan memilih bagaimana dan di mana kunci enkripsi mereka disimpan. Ini berarti menyimpan kunci enkripsi di dalam batas negara tertentu, meng-hosting-nya di cloud terpisah atau di lokasi untuk membatasi akses dalam satu jaringan area lokal.

Pada saat yang sama, instansi dapat mengatur penggunanya untuk terhubung dengan aman dari perangkat yang disetujui kapan saja untuk mengakses Google Workspace tanpa memerlukan klien desktop. Dengan kontrol tambahan ini, pengguna masih dapat berkolaborasi pada dokumen bersama menggunakan cara yang sama.

Baca juga: Temukan Log Lebih Cepat dengan Update Logs Explorer Google Cloud Console

Cara kerja enkripsi client-side

Instansi memilih bagaimana dan di mana menyimpan kunci enkripsi mereka baik dengan mengelolanya sendiri atau melalui pihak ketiga yang tepercaya. Kemudian, mereka menghubungkan Google Workspace ke layanan utama mereka dan mengaktifkan enkripsi client-side. Mereka juga memiliki fleksibilitas untuk mengaktifkannya bagi pengguna, unit organisasi atau drive bersama tertentu. Setelah itu, pengguna dapat membuat dokumen, spreadsheet atau presentasi terenkripsi baru di dalam Google Drive.

Baca juga: Menghemat Biaya Workload Proyek Google Cloud dengan Dukungan VM Spot

Membuat dokumen terenkripsi pun mudah. Cukup pilih jenis dokumen yang ingin Anda buat dan pilih opsi “Blank encrypted document” dari menu. Enkripsi client-side saat ini tersedia untuk Google Docs, Spreadsheet, Slide, dan jenis file lain yang didukung oleh Google Drive seperti Office atau PDF. Layanan Google lainnya, termasuk Gmail, Google Calendar, dan Meet, akan memiliki enkripsi client-side pada rilisan selanjutnya.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Pengguna juga dapat mengunggah dokumen sensitif yang ada di Google Drive sambil tetap menjaga kerahasiaan lengkap. Pengguna yang perlu melihat atau mengedit dokumen terenkripsi dapat melakukannya dengan akun Google Workspace mana pun, tanpa mengorbankan keamanan dan kerahasiaan. Saat dokumen terenkripsi dibagikan melalui Google Drive, layanan kunci pelanggan memastikan hanya pengguna yang berwenang dan diautentikasi yang dapat membuka dokumen.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Dapatkan pengalaman kolaborasi Google Workspace dengan kunci yang dikontrol pelanggan

Google Cloud berkomitmen untuk melengkapi pelanggan dengan solusi teknis canggih yang membuat seluruh pengguna tetap aman, berikut dengan data dan informasi pribadi mereka, termasuk untuk pelanggan dari instansi pemerintah.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur keamanan dan kepatuhan, termasuk enkripsi sisi klien, Anda dapat mendaftar ke program Google Workspace for Government Series kami. Seri ini menampilkan sembilan video pelatihan berbasis demo yang menampilkan tool untuk administrator dan end user yang membantu instansi pemerintah tetap aman dan produktif.

Baca juga: Benarkah Desentralisasi Adalah Masa Depan Identitas Digital?

Dengan adanya enkripsi client-side ini, instansi pemerintah dapat meningkatkan keamanan jaringan mereka tanpa harus mengorbankan kemudahan akses. Selain fitur ini, Google Cloud juga menyediakan berbagai kapabilitas lain untuk meningkatkan keamanan.

Untuk mengoptimalkan kontrol privasi pada instansi Anda, Google Cloud menyediakan berbagai fitur dan kapabilitas yang dapat dimanfaatkan. EIKON Technology menyediakan paket berlangganan Google Cloud skala besar, termasuk untuk instansi pemerintah. Informasi selengkapnya mengenai biaya berlangganan dan implementasi, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments