Tampilan Terintegrasi Gmail Baru, Terhubung dengan Aplikasi Apa Saja

Pada tanggal 31 Januari 2022 lalu, Google mengumumukan tampilan terintegrasi Gmail yang baru. Tampilan terintegrasi tersebut akan menyatukan email, Google Meet, Google Chat, dan Spaces dalam satu tempat. Dengan begitu, Anda sebagai pengguna dapat mengecek informasi terbaru dari beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus berpindah tempat.

Di akhir bulan Juni 2022 kemarin, Gmail baru saja meluncurkan pengalaman untuk melakukan opt-out ke segmen pengguna. Artinya, pengguna terpilih dapat melihat pengalaman Gmail baru secara default. Namun, mereka juga diberi opsi untuk kembali ke tampilan Gmail klasik melalui menu setelan. Di waktu yang bersamaan, tampilan Gmail baru juga akan terus tersedia bag pengguna yang ingin mengaktifkannya melalui Quick settings.

Tampilan integrasi Gmail baru

Ketika tampilan terintegrasi Gmail baru diaktifkan, menu navigasi baru memungkinkan Anda beralih dengan mudah antara kotak masuk, percakapan penting, dan bergabung ke rapat tanpa harus berpindah tab atau membuka jendela baru. Fitur baru ini dihadirkan untuk memudahkan Anda ketika ingin mengetahui hal-hal penting dan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat di satu lokasi.

Tampilan terintegrasi baru ini akan bervariasi berdasarkan edisi Google Workspace yang Anda gunakan. Khususnya, jika hanya memiliki Gmail, maka Anda akan terus memiliki konfigurasi khusus Gmail di navigasi baru. Berikut adalah tampilan Gmail baru untuk pengguna dengan akun Gmail saja:

Photo Credit: Google Workspace Updates

Pengguna yang menggunakan Gmail, Chat, dan Meet, dapat menentukan aplikasi mana yang ingin mereka sertakan dalam tampilan baru mereka dengan menyesuaikan aplikasi mereka dalam setelan cepat. Mereka juga memiliki opsi untuk menggunakan konfigurasi khusus Gmail:

Photo Credit: Google Workspace Updates

Detail tambahan

Selain itu, Gmail juga menghadirkan navigasi baru bernama Material You, tampilan dan nuansa baru yang hadir untuk melengkapi aplikasi Google Anda.

Baca juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Filter Spam Gmail Bekerja?

Photo Credit: Google Workspace Updates

Mulai menggunakan tampilan baru Gmail

Untuk mulai menggunakan tampilan baru Gmail sangatlah mudah. Tampilan terintegrasi ini bahkan tidak memerlukan pengaturan konfigurasi dari administrator. Berikut adalah beberapa kapabilitas yang bisa Anda nikmati dengan tampilan baru Gmail:

  • Berpindah aplikasi: Klik nama aplikasi.
  • Melihat preview ikon: Arahkan ke ikon.
  • Menyembunyikan atau menampilkan panel yang dapat diciutkan: Di bagian kiri atas, klik opsi Show or Hide main menu.
  • Menyesuaikan aplikasi yang muncul di menu utama:
    1. Di kanan atas, klik Settings. Menu Quick settings akan muncul.
    2. Di bawah bagian “Apps in Gmail“, klik Customize.
    3. Pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan di Gmail.
    4. Klik Selesai.

Baca juga: Aplikasi Gmail Sekarang Bisa Digunakan untuk Panggilan Suara dan Video

Ketersediaan update tampilan

Tampilan terintegrasi Gmail yang baru ini tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Plus, Frontline, dan Nonprofits, serta pelanggan G Suite Basic dan G Suite Business.

Pengguna dengan akun Google pribadi, serta pengguna Google Workspace Individual pun dapat menikmati tampilan baru ini. Namun Gmail versi baru ini tidak tersedia untuk pelanggan Google Workspace Essentials. Baik domain untuk rilis cepat maupun terjadwal dimulai pada tanggal 28 Juni 2022 dan mengalami peluncuran yang diperpanjang (berpotensi lebih lama dari 15 hari untuk visibilitas keseluruhan fitur baru).

Baca juga: Mengenal Fungsi Fitur “External Labels” di Gmail untuk Pekerjaan

Dengan tampilan terintegrasi Gmail yang baru ini Anda dapat berpindah aplikasi Google dengan cepat ketika membuka email. Menariknya lagi, tampilan baru ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Jadi Anda dapat memilih aplikasi Google apa saja yang bisa ditampilkan ketika menggunakan Gmail.

Selain integrasi melalui Gmail, Google menghadirkan kemudahan dalam menjalankan aplikasi produktivitas seperti Docs, Sheets, dan Slides melalui Workspace. Lewat Google Workspace, Anda bisa bekerja dengan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu tanpa harus berpindah-pindah. Ingin mulai bekerja dengan sistem terintegrasi Google?

Sebagai authorized partner Google untuk Indonesia, EIKON Technology menyediakan paket berlangganan Google Workspace, baik untuk perusahaan (For Business), maupun untuk instansi pendidikan (For Education). Informasi selengkapnya tentang Google Workspace, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments