Cara Menampilkan Lokasi Kerja di Google Calendar

Di awal tahun 2022 ini, GCal atau Google Calendar mengumumkan peningkatan antarmuka pengguna yang memungkinkan Anda untuk berbagi lokasi kerja. Per 26 Juli 2022, Anda dapat menyetel lokasi kerja tanpa harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di setelan Google Calendar. Bagaimana caranya?

Cara menampilkan lokasi kerja di Google Calendar

Untuk menampilkan dan berbagi lokasi kerja di Google Calendar, Anda memerlukan konfigurasi dari administrator. Berikut penjelasannya:

  • Administrator: Fitur Working Location akan aktif secara default dan dapat dinonaktifkan di tingkat domain maupun OU (organizational unit). Setelan untuk domain Anda akan tetap sama kecuali diperbarui di konsol Admin. 
  • End-user: Fitur Working Location akan aktif secara default kecuali sedang dinonaktifkan oleh administrator. Tidak akan ada perubahan visual besar pada Calendar, kecuali Anda mengatur lokasi kerja dan menampilkannya.

Baca juga: Berbagi Janji Temu di Google Calendar Kini Lebih Mudah, Bagaimana Caranya?

Mengaktifkan atau menonaktifkan lokasi kerja untuk pengguna

Photo Credit: Rawpixel

Edisi yang mendukung fitur ini: Business Standard dan Business Plus; Education Fundamentals, Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, and Education Plus; Nonprofits. 

Pengguna Anda dapat membagikan lokasi tempat mereka bekerja berdasarkan rutinitas mingguan, serta lokasi ketika mereka mengaktifkan fitur. Jika Anda menonaktifkan fitur, maka lokasi yang sudah ada pun akan terhapus. Sekarang, mari simak cara mengaktifkan atau menonaktifkan lokasi kerja di GCal untuk pengguna berikut ini.

  1. Masuk ke konsol Google Admin.
  2. Di konsol Admin, buka Menu Apps > Google Workspace > Calendar.
  3. Klik Sharing settings.
  4. Klik Working location.
  5. Untuk menerapkan setelan ke semua orang, biarkan OU teratas dipilih. Jika tidak, pilih OU turunan.
  6. Centang atau hapus centang Allow users to set their daily working location.
  7. Klik Save. Ketika mengonfigurasi unit organisasi turunan, Anda mungkin dapat memilih opsi Inherit atau Overtide terhadap setelan OU induk.

Jika Anda menonaktifkan lokasi kerja, mungkin diperlukan waktu hingga 36 jam untuk menghapus fitur Working location dan lokasi kerja pengguna.

Baca juga: Tampilan Email Undangan Google Calendar Berubah, Jadi Seperti Apa?

Bagaimana tampilan antarmuka baru ini?

Photo Credit: Freepik (tirachardz)

Perlu diketahui, Working location saat ini hanya muncul di Calendar, bukan di profil direktori pengguna. Jika Anda:

  • Menonaktifkan lokasi kerja, maka orang lain masih melihat bagian lokasi kantor utama, yang Anda kontrol dengan pengaturan berbeda.
  • Mengaktifkan lokasi kerja, maka orang dengan status “free” atau “busy” pada event GCal bisa melihat nama lokasi kerja di kalender tersebut.

Ketersediaan

Fitur Working Location ini diluncurkan melalui domain rilis cepat dan rilis terjadwal. Untuk rilis cepat dilakukan peluncuran bertahap mulai dari tanggal 26 Juli 2022 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Sedangkan untuk rilis terjadwal dilakukan peluncuran yang diperpanjang mulai dari tanggal 10 Agustus 2022 (berpotensi lebih lama dari 15 hari untuk visibilitas fitur).

Fitur tersedia untuk Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Standard, Education Plus, Teaching and Learning Upgrade, dan Nonprofits, serta pelanggan G Suite Business lama.

Tidak tersedia untuk Google Workspace Essentials, Business Starter, Enterprise Essentials, Frontline, pelanggan G Suite Basic lama, dan pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Cara Kelola Tugas Tertunda Lebih Cepat di Google Calendar

Fitur Working Location dari GCal ini memungkinkan Anda untuk berbagi lokasi kerja kepada pengguna lain. Meski sederhana, fitur baru ini akan memudahkan perusahaan yang menerapkan sistem remote. Dengan begitu, performa karyawan bisa mudah dipantau.

Fitur Working Location sendiri baru tersedia di beberapa edisi Google Workspace. Namun Anda tidak perlu khawatir karena semua edisi yang ditawarkan EIKON Technology, yaitu Google Workspace for Education dan Google Workspace for Business telah mendukung fitur baru ini. Dapatkan segera platform produktivitas kolaboratif Google Workspace hanya di EIKON Technology, authorized reseller yang ditunjuk langsung oleh Google. Informasi selengkapnya, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments