Fungsionalitas Baru Administrator untuk Google Chat, Pengguna Kini Bisa Laporkan Pesan yang Mengganggu

Google baru saja menambahkan fungsionalitas baru bagi administrator Workspace, tepatnya untuk aplikasi Google Chat. Kini administrator dapat mengaktifkan pelaporan konten untuk pengguna Chat. Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya? Mari simak ulasannya berikut ini.

Pelaporan konten untuk pengguna Google Chat

Untuk pelanggan Google Workspace edisi tertentu, sekarang administrator dapat mengaktifkan pelaporan konten untuk pengguna Chat mereka. Setelah pengguna menandai pesan, administrator kemudian dapat menemukan informasi lebih lanjut mengenai pelaporan tersebut di Security Investigation Tool (SIT) dan memutuskan apakah perlu mengambil tindak lanjutan atau tidak.

Baca juga: Smart Compose, Balas Pesan Google Chat Kini Jadi Makin Ringkas

Administrator dapat mengaktifkan pelaporan konten untuk pesan 1:1, pesan grup, atau pesan di dalam space, dan kemudian memilih kategori pelaporan mana yang sesuai bagi para pengguna, seperti pelecehan atau perilaku kasar, informasi sensitif, dan banyak lagi. Selain itu, administrator juga dapat menyesuaikan bahasa di kotak dialog pelaporan untuk menginformasikan kepada pengguna tentang langkah selanjutnya setelah penyerahan laporan.

Photo Credit: Google Workspace Updates – Ketika mengaktifkan pelaporan konten, Anda dapat memilih kategori pelaporan mana yang akan ditampilkan kepada pengguna, serta jenis percakapan apa yang tersedia untuk pelaporan konten.

Mengapa fungsionalitas ini penting?

Kolaborasi yang efektif di tempat kerja modern memerlukan rasa aman dan perlindungan yang tepat, mengingat ada banyaknya data bisnis sensitif. Pelaporan konten di Google Chat memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melaporkan pesan yang tidak pantas, untuk kemudian ditinjau oleh administrator.

Baca juga: Peningkatan Tampilan Google Chat dengan Material Design 3

Hal ini dapat mencakup apa pun, mulai dari konten yang menyinggung, diskriminatif atau eksplisit, data sensitif yang tidak boleh dibagikan (pribadi atau hak milik), dan banyak lagi. Ini amat penting bagi keamanan pengguna, terutama pengguna dari perusahaan besar dan industri yang teregulasi, agar tetap mengetahui potensi penyalahgunaan dan penggunaan Chat yang tidak pantas di lingkungan kerja mereka.

Selanjutnya, administrator dapat menggunakan SIT untuk memutuskan apakah aturan perlindungan data perlu dibuat untuk secara proaktif mencegah pesan serupa muncul kembali di masa mendatang.

Photo Credit: Google Workspace Updates – Di SIT, administrator bisa mencari pesan yang dilaporkan, melihat informasi tambahan, dan melihat transkrip obrolan untuk konteks lebih lanjut.

Pembaruan terkini Google Chat, seperti pengelolaan space melalui konsol Admin dan kapabilitas pelaporan ini, diharapkan dapat membantu administrator dalam mengelola percakapan dan tentunya menjaga keamanan data pengguna.

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates– Melaporkan pesan melalui web.

 

Photo Credit: Google Workspace Updates – Melaporkan pesan melalui perangkat seluler.

Ketersediaan

Fungsionalitas baru untuk administrator Workspace ini dirilis secara bertahap mulai dari tanggal 25 Mei 2023 (kemungkinan akan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur), baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal.

Tersedia untuk pelanggan Google Workspace edisi Enterprise Plus, Education Standard, dan juga Education Plus.

Baca juga: Peningkatan Kapabilitas Space Manager Google Chat

Hadirnya fungsionalitas baru administrator untuk Google Chat ini hadir untuk memberikan rasa aman sekaligus perlindungan terhadap data sensitif pengguna. Fungsi pelaporan konten ini memberi kesempatan bagi pengguna untuk melaporkan pesan yang tidak pantas, untuk kemudian ditinjau oleh administrator.

Update ini tersedia untuk Google Workspace for Education yang tersedia di EIKON Technology. Kami telah berpengalaman dalam penerapan solusi Workspace di institusi pendidikan dalam skala besar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments