Peningkatan Tampilan Google Chat dengan Material Design 3

Tahun 2022 lalu, Google resmi luncurkan Material Design 3, sistem desain open-source terbaru mereka yang dapat Anda manfaatkan dalam mendesain dan membangun aplikasi. Pengembangan terbaru ini memperkenalkan teknologi dynamic color dan berbagai tools baru yang akan membuat aplikasi Anda semakin hidup.

Tidak hanya untuk pengembangan aplikasi, Material Design 3 pun telah diterapkan pada tampilan aplikasi milik Google, seperti Gmail, Drive, Docs, Sheets, dan Slides. Pembaruan ini juga berlaku pada aplikasi Google Chat.

Google Chat dengan Material Design 3

Photo Credit: Google Workspace Updates

Pembaruan Google Chat ini didasarkan pada Material Design 3 dan mencakup pembaruan font, warna, tata letak (layouts), ukuran panel, dan lainnya. Secara khusus, Anda akan melihat perubahan pada bilah bagian atas aplikasi, navigasi kiri, tampilan pesan utama, pengaturan penulisan, tombol topik baru, dan panel utas dalam direct message dan space.

Peningkatan tampilan Google Chat dengan Material Design 3 ini diharapkan dapat memudahkan Anda berkolaborasi dan menyelesaikan tugas lebih cepat dalam alur kerja sehari-hari.

Mulai menggunakan Google Chat baru

Photo Credit: Google Workspace Updates

Untuk mulai menggunakan Google Chat dengan tampilan baru ini tidak dibutuhkan pengaturan tambahan apa pun. Tampilan Chat akan langsung berubah secara otomatis setelah tanggal update.

Baca juga: Peningkatan Kapabilitas Space Manager Google Chat

Ketersediaan

Perilisan tampilan baru Google Chat dilakukan secara bertahap (gradual rollout), baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Sedangkan untuk tanggal perilisannya sendiri dimulai pada tanggal 13 April 2023 (kemungkinan akan memerlukan waktu hingga 15 hari ke depan).

Tampilan baru ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk bagi Anda yang masih menggunakan rangkaian produktivitas G Suite Basic dan G Suite Business (pendahulu Google Workspace). Bukan hanya itu, tampilan baru Chat juga tersedia bagi pemilik Google Account pribadi.

Baca juga: Pengaturan Ruang di Google Chat Menjadi In-Line Thread, Bagaimana Cara Kerjanya?

Update lain dari Google Workspace

Tidak hanya menghadirkan tampilan baru dengan Material Design 3, Workspace kini juga sudah ditunjang oleh smart canvas yang akan menyederhanakan alur kerja Anda.

Photo Credit: Google Workspace

Menariknya lagi, smart canvas ini sudah dapat ditemukan pada berbagai aplikasi Google Workspace. Salah satunya, aplikasi Docs. Di Docs, Anda bisa menemukan kapabilitas custom building blocks sebagai bagian dari smart canvas. Kapabilitas tersebut memungkinkan Anda untuk membuat komponen yang dapat digunakan kembali untuk tugas umum dan mengaksesnya kembali secara mudah lewat @-menu.

Photo Credit: Google Workspace

Misalnya, Anda dapat menyusun template permulaan proyek untuk melacak progres tugas, checklist untuk produk yang baru dirilis, atau bahkan kode yang sering digunakan di lingkungan kerja Anda. Custom building blocks ini sudah tersedia di Docs dan bisa langsung Anda gunakan.

Photo Credit: Google Workspace

Selain itu, Docs juga menghadirkan calendar invite template yang akan memudahkan Anda berkolaborasi dengan tim saat menyelenggarakan kegiatan. Kini Anda dapat menyusun draf undangan di Docs, cukup dengan mengeklik opsi “calendar draft” yang ada dalam menu building blocks. Kapabilitas ini pun sudah tersedia di Docs.

Baca juga: Bard: Teknologi Chatbot AI Google, Bakal Saingi ChatGPT?

Dengan hadirnya peningkatan tampilan Google Chat yang didukung oleh Material Design 3 ini, Anda bisa lebih mudah mengelola alur kerja. Peningkatan ini sudah tersedia bagi seluruh pengguna Google Workspace. Belum berlangganan Workspace? Tingkatkan produktivitas lingkungan kerja Anda dengan Workspace yang tersedia di EIKON Technology, partner resmi Google. Untuk informasi mengenai pemasangan, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments