Peningkatan Kapabilitas Space Manager Google Chat

 Google terus mengembangkan kapabilitas Google Chat untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan dalam melakukan percakapan secara mulus. Tahun 2022 lalu, Google telah meluncurkan beberapa peningkatan kapabilitas, salah satunya adalah dengan memperbarui space sehingga makin mudah untuk dikelola. Kali ini, Google Chat kembali dengan gebrakan baru, seperti apa?

Space Manager Google Chat

Tahun lalu, Google Chat meningkatkan kapabilitas space yang ada di dalam aplikasi. Dengan peningkatan tersebut, pengguna dapat mengelola peserta hingga topik percakapan. Pembaruan tersebut juga turut memperkenalkan sebuah peran baru, yakni Space Manager. Seorang Space Manager memiliki kemampuan untuk dapat:

  • Menghapus dan menambah peserta chat;
  • Menunjuk atau mengganti Space Manager;
  • Menghapus space;
  • Menghapus pesan;
  • Menyunting deskripsi space;
  • Memperbarui akses space dari “restricted” atau terbatas, menjadi “discoverable” atau dapat ditemukan.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Per 13 Maret 2023, Space Manager akan mendapat kapabilitas tambahan untuk memastikan percakapan di dalam space tetap berjalan efektif. Kapabilitas tersebut, yakni:

  • Space configuration: Memungkinkan Space Manager untuk menentukan apakah peserta chat dapat mengubah detail space, seperti nama, ikon, deskripsi, dan aturan. Konfigurasi ini juga memungkinkan Manager untuk dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Chat history space.
  • Member management: Memungkinkan Space Manager untuk menentukan apakah peserta chat dapat menambahkan atau mengeluarkan anggota atau grup di dalam space.
  • Conversation moderation: Memungkinkan Space Manager untuk menentukan apakah peserta chat dapat menggunakan @all di dalam space.

Baca juga: Sempurnakan Hasil Penelusuran di Google Chat Lebih Cepat dengan Search Chips

Kelebihan space Google Chat

Namun sebenarnya apa kegunaan space di Google Chat? Apa bedanya jika dibandingkan dengan percakapan kelompok (group conservation)? Space dapat menjadi:

  • Tempat memusatkan pekerjaan

Space dapat menjadi tempat yang efektif untuk memusatkan pekerjaan Anda, termasuk saat pengambilan keputusan, memberikan pengumuman, hingga mendorong diskusi tim. Dengan space, semua orang bisa tetap sinkron dengan akses ke konten yang sama dan visibilitas ke dalam keputusan. Aplikasi Workspace dan alat pihak ketiga telah terintegrasi dalam space.

  • Ruang yang berorientasi pada topik

Dengan membuat space yang fokus pada topik tertentu, maka pengguna dapat mengatur space secara efisien dan menyiapkan pemberitahuan secara efektif.

  • Ruang diskusi yang aman

Space menyediakan lingkungan yang cepat, ekspresif, dan ringan dengan percakapan dan emoji yang lebih kasual. Gaya komunikasi informal ini menurunkan hambatan keterlibatan dan mendorong percakapan yang lebih mengalir bebas dan keamanan psikologis bagi peserta chat.

Baca juga: Upgrade Pengelolaan Membership Spaces Google Chat, Apa yang Berubah

Mulai mengaktifkan kapabilitas Space Manager

Photo Credit: benzoix (Freepik)

Untuk bisa mengaktifkan kapabilitas tambahan Space Manager ini tidak dibutuhkan pengaturan apa pun dari administrator. Anda bisa mengunjungi Help Center untuk mempelajari lebih lanjut mengenai detail Space Manager dan kapabilitasnya.

Bagi end user, silakan klik Menu > pilih Space Settings > pilih opsi Configure space settings and modify permission as needed. Untuk detail lebih lanjut mengenai pengaturan end user di dalam space, silakan kunjungi halaman ini.

Ketersediaan fitur

Kapabilitas baru Space Manager Google Chat ini dirilis secara bertahap (format gradual rollout). Untuk domain rilis cepat, perilisan dimulai pada tanggal 13 Maret 2023 (kemungkinan butuh waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur). Sedangkan untuk domain rilis terjadwal, perilisan dimulai pada tanggal 27 Maret 2023 (kemungkinan butuh waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur).

Kapabilitas ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace, apa pun edisinya dan juga berlaku bagi Anda yang masih menggunakan rangkaian produktivitas G Suite Basic dan G Suite Business (rangkaian produktivitas pendahulu Google Workspace). Namun kapabilitas baru ini tidak tersedia bagi pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Pengaturan Ruang di Google Chat Menjadi In-Line Thread, Bagaimana Cara Kerjanya?

Dengan hadirnya peningkatan kapabilitas Space Manager Google Chat ini, Anda bisa lebih leluasa dalam mengelola space agar percakapan tetap efektif. Fitur ini juga sudah tersedia bagi seluruh pengguna Google Workspace. Belum berlangganan Workspace? Tingkatkan produktivitas lingkungan kerja Anda dengan Workspace yang tersedia di EIKON Technology, partner resmi Google. Untuk informasi mengenai pemasangan, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments