Pemutakhiran Google Apps Device Policy Menjadi Apps Device Policy, Apa yang Harus Dilakukan?

Tahun 2019 lalu, Google mengumumkan bahwa Android Device Policy akan menggantikan Google Apps Device Policy sebagai klien pengelolaan Android yang baru. Bulan Maret 2023 ini, diketahui bahwa pemutakhiran klien pengelolaan Android tersebut telah memasuki tahap akhir. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui terkait perubahan ini.

Android Device Policy

Sebelumnya, Google menggunakan Google Apps Device Policy sebagai klien pengelolaan Android mereka. Dengan adanya pemutakhiran ke Android Device Policy, maka otomatis seluruh perangkat yang menerapkan kebijakan lama tersebut akan kehilangan akses selama bulan Maret 2023 jika tidak dilakukan pembaruan versi.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Pengguna aplikasi Google Apps Device Policy yang sudah ada harus beralih ke Android Device Policy sebelum itu untuk terus menyinkronkan data kerja. Perlu diingat, sesuai pembaruan terakhir Google, alur pendaftaran pengguna baru di Google Apps Device Policy lama akan diblokir dan pengguna mungkin melihat kesalahan selama proses pendaftaran per Januari 2022. Admin dapat bertindak langsung dengan memberi pemberitahuan di konsol Admin untuk mengidentifikasi pengguna yang perlu melakukan pembaruan versi.

Anda dapat mengunjungi Help Center Google Workspace untuk mempelajari lebih lanjut tentang migrasi ke Android Device Policy. Google juga telah merilis artikel resmi yang membahas masalah pemutakhiran klien pengelolaan Android ini.

Baca juga: Cara Mengunduh File Terenkripsi Client-Side dengan Google Drive Android dan IOS

Mulai melakukan pemutakhiran

Photo Credit: Pexels

Lalu, bagaimana cara melakukan pemutakhiran dari Google Apps Device Policy ke Android Device Policy? Administrator dapat mengetahui perangkat mana yang perlu diperbarui. Informasi tersebut akan ditampilkan melalui konsol Admin. Penting untuk diingat, tiap perangkat kemungkinan besar akan memerlukan langkah yang berbeda saat proses pemutakhiran. Berikut penjelasannya:

  • Perangkat pengelolaan lanjutan
  1. Temukan perangkat pengelolaan lanjutan dengan membuka konsol Admin > Mobile devices dan kemudian aktifkan pemfilteran perangkat dengan memilih opsi “Type: Android” serta “Management level: Advanced”.
  2. Tentukan perangkat mana yang saat ini dikelola oleh aplikasi Google Apps Device Policy dan sudah mendukung Android Device Policy (yaitu perangkat dengan Android 6+ dan dukungan untuk profil kerja).
  3. Selanjutnya, administrator bisa langsung mengirimkan petunjuk ini kepada end user untuk membantu mereka bermigrasi ke Android Device Policy.
  4. Kirimkan petunjuk ini kepada pengguna Anda untuk membantu mereka bermigrasi ke Android Device Policy.

Baca juga: Meningkatkan Pengalaman Google Workspace di Perangkat Android Berlayar Besar

  • Perangkat pengelolaan dasar
  1. Temukan perangkat pengelolaan dasar dengan membuka konsol Admin > Mobile devices dan kemudian aktifkan pemfilteran perangkat dengan memilih opsi “Type: Android” serta “Management level: Basic”.
  2. Instruksikan pengguna perangkat untuk melakukan upgrade OS Android ke versi 6.0 Marshmallow atau yang lebih baru.
  3. ​Sementara untuk end user bisa langsung mengunjungi halaman Help Center Google Workspace untuk mempelajari cara memigrasikan perangkat dari Google Apps Device Policy ke Android Device Policy.

Ketersediaan fitur

Android Device Policy telah dirilis untuk publik dan sudah tersedia sejak tanggal 9 Maret 2023. Penting untuk diingat, agen lama yang sebelumnya digunakan akan kehilangan akses selama Maret 2023. Untuk menghindari terjadinya disrupsi, pengguna perangkat diharuskan segera melakukan upgrade ke Android Device Policy.

Perubahan ini akan berdampak langsung pada pelanggan Google Workspace yang menggunakan perangkat pengelolaan mobile dasar dan lanjutan.

Baca juga: Melacak Pengecekan Uptime Cloud Monitoring di Aplikasi Seluler Google Cloud

Pastikan untuk segera melakukan upgrade ke Android Device Policy untuk memastikan agar perangkat pengelolaan Android Anda bisa tetap berjalan dan tidak kehilangan akses. Upgrade bisa dilakukan melalui konsol Admin Google Workspace. Belum berlangganan Workspace? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkannya langsung melalui EIKON Technology. Sebagai official partner Google Workspace Indonesia, kami menghadirkan solusi resmi yang menyeluruh. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments