Update Google Voice: Lebih Banyak Opsi Status Ketersediaan Panggilan

Google Voice memiliki sebuah kapabilitas yang membantu Anda menunjukkan ketersediaan (availability) di Ring Group. Kini, kapabilitas tersebut telah diperluas sehingga Anda bisa dengan mudah menunjukkan ketersediaan di Google Voice versi web maupun mobile.

Status ketersediaan di Google Voice

Photo Credit: Google Workspace Updates

Dengan adanya pembaruan ini, Anda bisa mendapatkan fleksibilitas yang lebih besar dalam mengelola status ketersediaan di Google Voice, utamanya dalam Ring Group. Sekarang, Anda bahkan tak perlu keluar dari Voice atau memblokir semua panggilan masuk untuk bisa menggunakan status ketersediaan “Do Not Disturb”. Sekarang Anda dapat menyesuaikan status ketersediaan pada:

  • Seluruh panggilan;
  • Panggilan langsung (direct calls). Namun jika tidak tersedia, panggilan akan langsung masuk ke pesan suara Voice;
  • Panggilan dari Ring Group tertentu. Apabila satu atau lebih saluran Ring Group tidak tersedia, panggilan akan dialihkan ke anggota berikutnya yang tersedia.

Untuk bisa menggunakan perluasan kapabilitas ini Anda tidak perlu melakukan pengaturan tambahan apa pun, baik itu oleh administrator maupun oleh end user. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai status ketersediaan di Google Voice, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Baca juga: Perlindungan Spam Google Voice yang Ditingkatkan dengan Label Otomatis

Cara mengelola ketersediaan panggilan di Google Voice

Saat memilih dari opsi ketersediaan di Google Voice, Anda dapat dengan mudah mengelola ketersediaan untuk panggilan masuk.

Gunakan setelan “Do not disturb” untuk mengelola panggilan

Photo Credit: stocking (Freepik)

Untuk meneruskan semua panggilan masuk ke pesan suara, Anda dapat mengaktifkan pengaturan “Do not disturb”. Pengaturan tersebut dapat diakses di:

  • Mobile: Buka menu kiri atas dan ketuk Menu.
  • Web: Ke bagian atas halaman Google Voice.

Menunjukkan ketersediaan panggilan berdasarkan jadwal Anda

Anda dapat mengaktifkan “Do not disturb” secara otomatis berdasarkan jadwal Google Calendar. Anda dapat mengaktifkan salah satu atau kedua opsi berikut:

  1. Saat Anda berada di luar jam kerja: “Do not disturb” otomatis mati saat Anda kembali berada pada jam kerja.
  2. Saat Anda berada di luar kantor: “Do not disturb” otomatis mati saat Anda berada di kantor.

Baca juga: Peningkatan Performa Panggilan Google Voice dengan Pengalihan Jaringan Cerdas

Menunjukkan ketersediaan panggilan di Ring Group Anda

  • Jika Anda mengaktifkan setelan “Do not disturb”, panggilan masuk ke Ring Group Anda akan diteruskan ke anggota berikutnya yang tersedia.
  • Jika Anda adalah bagian dari satu atau beberapa Ring Group sekaligus, Anda dapat memblokir panggilan ke sambungan langsung, Ring Group individual, atau keduanya secara selektif.

Untuk memblokir panggilan ke sambungan langsung, grup dering tertentu, atau keduanya, Anda dapat mengakses setelan di:

  • Mobile: Buka menu kiri atas dan ketuk Menu.
  • Web: Ke bagian atas halaman Google Voice.

Ketersediaan fitur

Perluasan kapabilitas status panggilan Google Voice ini dirilis dalam format full rollout, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Perilisan dimulai pada tanggal 6 Maret 2023 (dan kemungkinan akan memakan waktu 1-3 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Perluasan kapabilitas ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Voice, baik itu edisi Standard maupun Premier.

Baca juga: Pelanggan Google Voice Standard Kini Dapat Menetapkan Nomor Telepon Di Negara Lain

Dengan perluasan kapabilitas Google Voice ini Anda bisa lebih leluasa menentukan status panggilan, baik itu secara umum maupun dalam Ring Group. Nah, agar Voice dapat bekerja lebih optimal, jangan lupa untuk mengintegrasikannya dengan Google Workspace. Rangkaian produktivitas dari Google ini telah tersedia di EIKON Technology yang menyediakan implementasi menyeluruh, mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga: Update Google Voice: Lebih Banyak Opsi Status Ketersediaan Panggilan […]