Peningkatan Performa Panggilan Google Voice dengan Pengalihan Jaringan Cerdas

Untuk memastikan pengalaman panggilan terbaik, Google Voice kini secara otomatis mengalihkan panggilan yang sedang berlangsung antara layanan data seluler dan Wi-Fi saat menentukan bahwa satu jenis jaringan akan menghasilkan kualitas panggilan yang lebih baik. Sebelumnya, Voice mengidentifikasi jaringan yang ideal hanya pada saat panggilan dilakukan dan tidak melakukan koreksi apa pun untuk perubahan kinerja jaringan yang mungkin terjadi selama panggilan.

Mulai menggunakan fitur

Peningkatan performa Google Voice ini tidak memerlukan pengaturan tambahan apa pun, baik itu dari administrator maupun pengaturan mandiri end-user. Dengan kata lain, pengguna bisa langsung menikmati perubahannya saat melakukan panggilan menggunakan Voice.

Ketersediaan fitur

Fitur baru ini diperkenalkan pada tanggal 16 Desember 2022 lalu. Pengguna dapat langsung menggunakan fitur setelah tanggal perilisan tersebut. Peningkatan performa panggilan Voice ini berlaku untuk seluruh pengguna Voice, apa pun paket berlangganan yang diambil.

Baca juga: Pelanggan Google Voice Standard Kini Dapat Menetapkan Nomor Telepon di Negara Lain

Pembaruan lain dari Google Voice

Selain peningkatan pengalaman panggilan, pada bulan Desember 2022 Voice juga meluncurkan beberapa pembaruan lain. Salah satunya adalah perlindungan spam yang ditingkatkan melalui pelabelan otomatis untuk panggilan telepon mencurigakan.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Untuk membantu melindungi Anda dari panggilan yang tidak diinginkan dan penipuan yang berpotensi berbahaya, Google Voice menampilkan label “suspected spam caller” pada semua panggilan yang diyakini Google sebagai spam. Google membuat keputusan ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) canggih yang mampu mengidentifikasi miliaran panggilan spam setiap bulan di seluruh ekosistem panggilan Google.

Label baru ini akan muncul di layar panggilan masuk dan di riwayat panggilan pengguna setelah pembaruan otomatis. Dengan fitur ini pengguna dapat:

Mengonfirmasi panggilan yang dicurigai sebagai spam. Dengan begitu, panggilan di masa mendatang dari nomor tersebut langsung akan langsung masuk ke pesan suara dan entri riwayat panggilan dimasukkan ke dalam folder spam.

Menandai panggilan berlabel sebagai bukan spam, setelah itu label yang dicurigai sebagai spam tidak akan ditampilkan lagi untuk nomor tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan SIP Link untuk Menautkan Nomor Telepon Lokal ke Google Voice

Mulai menggunakan fitur

Pembaruan Google Voice ini tidak membutuhkan pengaturan tambahan dari administrator. Untuk end-user, pelabelan spam yang dicurigai muncul secara otomatis saat setelan filter spam Voice non-aktif (Settings > Security > Filter spam). Saat pemfilteran spam aktif, semua panggilan yang diidentifikasi Google sebagai spam secara otomatis dikirim ke pesan suara, dan entri panggilan dimasukkan ke dalam folder spam. Anda juga dapat mengunjungi Help Center untuk mempelajari lebih lanjut tentang memblokir panggilan dan pesan atau menandainya sebagai spam.

Ketersediaan fitur

Photo Credit: pressfoto (Freeepik)

Fitur baru dari Google Voice ini dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Peluncuran fitur dimulai pada tanggal 29 Desember 2022 (kemungkinan besar akan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur). Setelah tanggal tersebut, pelanggan Voice bisa langsung menggunakan fitur.

Sama seperti fitur peningkatan pengalaman panggilan di atas, fitur ini pun tersedia bagi seluruh pelanggan Google Voice, apa pun paket langganan yang dipilih.

Baca juga: Text-To-Speech API Google Cloud Kini Mendukung Custom Voice

Peningkatan performa Google Voice ini diharapkan dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan panggilan dalam ekosistem Google.

Tertarik untuk menggunakan solusi produktivitas kolaboratif dari Google Workspace? Meski layanan Google Voice masih belum tersedia di Indonesia, Anda masih bisa tetap menikmati berbagai layanan dan aplikasi lainnya seperti Google Docs dan Slides. Untuk implementasi Workspace di tempat kerja Anda, EIKON Technology adalah solusinya. Kami menyediakan solusi implementasi menyeluruh, resmi, dan bergaransi. Untuk mulai konsultasi penerapan, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments