Text-to-Speech API Google Cloud Kini Mendukung Custom Voice

Seiring dengan makin populernya asisten digital dan antarmuka yang mendukung percakapan, masyarakat pun makin terbiasa mendengar dan berbicara dengan suara buatan. Namun bagaimana suara buatan tersebut mencerminkan brand Anda?

Bagi perusahaan, membangun identitas dan asosiasi brand yang kuat amatlah penting. Hal ini pun berlaku saat mereka memutuskan untuk menerapkan sistem AI (kecerdasan buatan). Merancang suara buatan yang benar-benar bisa mencerminkan brand sangat penting dalam sistem tersebut.

Sebagai alternatif solusi, Google Cloud baru saja meluncurkan kapabilitas Custom Voice di Cloud Text-to-Speech (TTS) API mereka. Seperti apa cara kerjanya?

Kapabilitas Custom Voice

Kapabilitas yang baru saja diperkenalkan Google Cloud ini merupakan bagian dari Text-to-Speech API. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, Anda bisa melatih model suara dengan rekaman audio sendiri yang disesuaikan kebutuhan perusahaan.

Untuk bisnis yang sedang membangun identitas brand atau meningkatkan brand awareness, mendesain suara buatan yang unik dapat membantu mengubah interaksi aplikasi seluler (atau layanan pelanggan lain yang berdasarkan interactive voice response) menjadi pengalaman pelanggan yang lebih baik lagi.

Baca juga: Memperkenalkan Rangkaian Operasi Google Cloud

Kelebihan Custom Voice TTS API

Photo Credit: Piqsels

Text-to-Speech API sebelumnya memang telah menyertakan layanan speech synthesis dengan daftar suara statis. Namun kini, dengan fitur Custom Voice, Anda diberi lebih banyak pilihan dan pengoperasiannya pun telah dibuat semakin mudah.

Fitur Custom Voice memungkinkan Anda mengirimkan rekaman audio untuk mendapatkan akses ke suara baru secara langsung di TTS API. Custom Voice TTS dilengkapi dengan panduan tentang persyaratan audio untuk membantu memastikan Anda menghasilkan model suara buatan berkualitas tinggi. Setelah model baru tersebut dilatih, Anda bisa langsung merujuk ID model dalam panggilan ke Cloud TTS API.

Tingkat keamanan

Text-to-Speech API merupakan bagian dari proses tata kelola Responsible AI Google Cloud. Itu artinya, fitur Custom Voice pun telah melalui evaluasi etis yang mendalam, termasuk hubungannya dengan media sintetis.

Langkah ini merupakan tindakan preventif untuk meminimalisir potensi bahaya yang mungkin muncul di masa mendatang. Jika Anda memang tertarik dengan TTS API untuk membangun sistem AI perusahaan, Google menyediakan proses peninjauan untuk membantu memastikan bahwa setiap penggunaan akan tetap selaras dengan proses tata kelola Responsible AI Google Cloud

Bukan hanya itu, untuk memverifikasi bahwa aktor suara yang digunakan benar-benar pihak yang memproduksi Audio, pengguna diharuskan untuk mengirim file audio dengan kalimat dari Google Cloud. Misalnya, sistem akan meminta aktor suara Anda untuk merekam kalimat: “Saya setuju bahwa suara saya akan digunakan untuk membuat Custom Voice untuk Text-to-Speech API”.

Ketersediaan bahasa

Photo Credit: Piqsels

Untuk saat ini, fitur Custom Voice Text-to-Speech Google API telah tersedia dalam 11 bahasa internasional, yaitu:

  • Inggris (Amerika Serikat)
  • Inggris (Australia)
  • Inggris (Britania Raya)
  • Spanyol (Amerika Serikat)
  • Spanyol (Spanyol)
  • Prancis (Prancis)
  • Prancis (Kanada)
  • Italia
  • Jerman
  • Portugis (Brazil)
  • Jepang

Google Cloud juga sedang mengembangkan bahasa lain untuk mendukung fitur Custom Voice Text-to-Speech. Anda yang sudah mencoba fitur ini juga bisa memberikan masukan untuk keperluan pengembangan aplikasi melalui kontak Google Cloud.

Baca juga: Membuat Aplikasi yang Lebih Cerdas dengan Document AI, Workflows, dan Cloud Function

Text-to-Speech (TTS) merupakan salah satu API yang dikembangkan Google Cloud. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, Anda bisa mendesain suara buatan untuk mendukung beragam kebutuhan perusahaan, misalnya untuk menunjang layanan pelanggan.

Tertarik untuk mulai menerapkan sistem AI di perusahaan Anda? Melalui TTS API serta beragam layanan dan fitur yang ditawarkan Google Cloud, pengembangan sistem AI perusahaan akan jadi lebih fleksibel dan efisien. Dapatkan solusi Google Cloud terbaik untuk bisnis Anda hanya melalui EIKON Technology, authorized partner Google di Indonesia. Informasi selengkapnya, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments