Cara Menggunakan SIP Link untuk Menautkan Nomor Telepon Lokal ke Google Voice

Google Voice merupakan sebuah telepon yang memberikan nomor telepon Amerika Serikat kepada pengguna Google Account di Amerika Serikat serta pelanggan Google Workspace dari wilayah tertentu (Kanada, Denmark, Prancis, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Inggris).

Per Oktober 2022, administrator yang mengelola Google Voice Standard dan Premier dapat menghubungkan trunk Session Initiation Protocol (SIP) dengan Voice. Hal ini memungkinkan nomor telepon (layanan PSTN) dari operator lokal digunakan untuk Google Voice melalui serangkaian Session Border Controllers (SBCs) bersertifikat yang aman, seperti Audiocodes, Cisco, Oracle, dan Ribbon. SIP Link ini akan memudahkan Anda untuk memanfaatkan kemampuan Voice.

SIP Link dan Google Voice

Photo Credit: Google Workspace Updates

Per Oktober 2022, Google Voice Standard dan Premier dapat ditautkan ke trunk Session Initiation Protocol (SIP) menggunakan SIP Link. Itu artinya, pengguna bisa menambahkan nomor telepon dari operator lokal ke Google Voice. Namun penting untuk diketahui, penambahan ini hanya dapat dilakukan melalui serangkaian Session Border Controllers (SBCs) bersertifikat yang aman, seperti Audiocodes, Cisco, Oracle, dan Ribbon.

Fitur SIP Link ini sudah tersedia di Google Voice, baik itu untuk pengguna lama maupun pengguna baru (tentunya yang masuk dalam area layanan Voice). Dukungan untuk area lain akan hadir pada bulan-bulan selanjutnya. Google akan terus memberikan update melalui Workspace Updates Blog.

Baca juga: Text-To-Speech API Google Cloud Kini Mendukung Custom Voice

Kegunaan fitur

Photo Credit: Freepik

SIP Link menyediakan opsi yang fleksibel, menyesuaikan pada kebutuhan perusahaan Anda. Selain menggunakan SIP Link untuk terhubung dengan Voice, Anda juga dapat:

  • Melakukan konfigurasi terhadap beberapa opsi penerapan, termasuk mengelola manajemen infrastruktur SBC milik perusahaan, outsourcing ke operator, atau penyedia pihak ketiga.
  • Melakukan konfigurasi SBC untuk interoperabilitas antara Google Voice dan infrastruktur kontrol panggilan milik pelanggan.

Baca juga: Kontrol Preferensi Aksesibilitas yang Lebih Baik di Aplikasi Google Workspace

Mulai menggunakan fitur

Bagi administrator, setelah Anda melakukan konfigurasi trunk SIP dan mengunggah nomor telepon baru, Anda bisa langsung menetapkannya ke pengguna, telepon kantor, mesin penjawab otomatis, dan bahkan ring groups Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai persyaratan SIP Link, Anda bisa mengunjungi halaman Help Center Google Workspace berikut.

Fitur baru ini hanya memerlukan konfigurasi yang akan dilakukan oleh administrator. Itu berarti, end-user tidak perlu melakukan pengaturan apa pun sebelum menggunakan fitur.

Ketersediaan fitur

Photo Credit: benzoix (Freepik)

Fitur SIP Link pada Google Voice ini hadir untuk domain rilis cepat sekaligus domain rilis terjadwal dengan format peluncuran yang diperpanjang (extended rollout. Prosesnya dimulai sejak tanggal 17 Oktober 2022 (dan kemungkinan besar akan membutuhkan waktu lebih dari 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur).

Fitur baru ini tersedia bagi seluruh pengguna Google Voice Standard dan mereka yang memiliki lisensi Google Voice Premier.

Baca juga: Membuat Aplikasi yang Lebih Cerdas dengan Document AI, Workflows, dan Cloud Fuctions

Hadirnya fitur baru Google Voice ini diumumkan pada gelaran Google Cloud Next ’22 pada tanggal 11-13 Oktober lalu. Selain untuk menjawab kebutuhan pengguna, fitur SIP Link ini sekaligus membuktikan komitmen Google Workspace untuk mewujudkan ekosistem produktivitas kolaboratif yang seamless dan praktis.

Tertarik untuk menggunakan solusi produktivitas kolaboratif dari Google Workspace? Meski layanan Google Voice masih belum tersedia di Indonesia, Anda masih bisa tetap menikmati berbagai layanan dan aplikasi lainnya seperti Google Docs, Sheets, dan Slides, tentunya dengan kapabilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau instansi Anda. Untuk implementasi Workspace di tempat kerja Anda, EIKON Technology adalah solusinya. Kami menyediakan solusi implementasi menyeluruh, resmi, dan bergaransi. Untuk mulai konsultasi penerapan, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments