Upgrade Penelusuran Google Chat dan Gmail, Kini Dilengkapi dengan Saran Pencarian

Untuk membantu Anda menemukan saran dan hasil penelusuran yang lebih akurat, Google memperkenalkan fitur baru di Google Chat dan Gmail. Pembaruan ini berlaku untuk versi web maupun versi seluler. Seperti apa cara kerja fitur baru ini?

Upgrade penelusuran Google Chat dan Gmail

Untuk memudahkan Anda dalam mencari item yang ada di Google Chat dan Gmail, tersedia fitur penelusuran berupa search box. Namun sayangnya fitur tersebut sering kali tidak menampilkan hasil penelusuran yang kurang akurat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Google meluncurkan upgrade dengan menghadirkan 3 fitur berupa:

  • Search suggestions: Saran kueri penelusuran berdasarkan riwayat penelusuran sebelumnya kini akan muncul saat Anda mengetik di search box Google Chat. Ini akan membantu Anda dengan cepat mengingat pesan penting, file, dan lainnya di ponsel. 

Photo Credit: Google Workspace Updates

  • Gmail labels: Anda kini dapat menelusuri pesan di bawah label Gmail tertentu di aplikasi untuk menampilkan hasil hanya dalam label tersebut. Anda juga dapat menggunakan chip penelusuran di bilah penelusuran Gmail untuk mempersempit penelusuran label.

Photo Credit: Google Workspace Updates

  • Related results: Untuk kueri penelusuran Gmail yang tidak memberikan hasil, hasil terkait akan ditampilkan untuk meningkatkan pengalaman penelusuran secara keseluruhan.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Mengenal beberapa filter penelusuran Gmail

Sebelumnya Google telah menyediakan beberapa filter yang akan memudahkan penelusuran Anda di Gmail, di antaranya:

  • Label: Telusuri apa pun di dalam label tertentu yang Anda buat.
  • From: Cari apa pun yang dikirim dari alamat email tertentu.
  • To: Telusuri apa pun yang Anda kirim ke alamat email tertentu.
  • Attachment: Telusuri apa pun yang menyertakan lampiran atau memiliki jenis lampiran tertentu seperti Google Docs, Google Spreadsheet, atau PDF.
  • Date: Cari apa pun yang dikirim dari rentang tanggal tertentu atau tanggal tertentu.
  • Unread: Cari apa pun yang saat ini ditandai sebagai “unread“.
  • Exclude calendar updates: Telusuri apa pun yang bukan pembaruan Google Kalender.

Baca juga: Kapabilitas Data Loss Prevention Google Chat Kini Tersedia untuk Umum

Mulai menggunakan fitur

Untuk mulai menggunakan fitur baru Google Chat dan Gmail ini tidak memerlukan pengaturan apa pun dari administrator. Anda bisa langsung menggunakan dan mendapat saran penelusuran sesuai kebutuhan. Google juga telah menyediakan dokumentasi khusus seputar penggunaan fitur baru ini. Untuk pencarian di Gmail Anda bisa klik di sini dan untuk pencarian di Google Chat tersedia di sini.

Baca juga: Kapabilitas Baru Gmail: Lebih Mudah Temukan Ruang Chat dan Spaces

Ketersediaan fitur

Ketiga fitur pendukung pencarian Google Chat dan Gmail ini memiliki jadwal perilisan yang berbeda-beda. Berikut rinciannya:

  • Search suggestions: Untuk perangkat Android tersedia mulai tanggal 20 Oktober 2022. Sementara untuk perangkat iOS tersedia mulai akhir Oktober 2022.
  • Gmail labels: Fitur ini telah tersedia untuk perangkat Android dan iOS mulai dari tanggal 20 Oktober 2022.
  • Related results: Fitur ini tersedia untuk Google Chat dan Gmail versi web mulai tanggal 20 Oktober 2022.

Seluruh fitur yang disebutkan tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace paket apa pun, termasuk untuk Anda yang masih berlangganan G Suite Basic dan G Suite Business versi lama. Ketiga fitur pendukung penelusuran ini juga tersedia untuk pemilik Google Account pribadi.

Baca juga: Google Chat Update: Lebih Banyak Opsi Bahasa di Smart Replies

Dengan hadirnya peningkatan fitur penelusuran pada Google Chat dan Gmail ini, Anda bisa mendapatkan hasil pencarian yang akurat tanpa memerlukan waktu lama. Fitur ini juga sudah tersedia bagi seluruh pengguna Google Workspace. Belum berlangganan Workspace? Tingkatkan produktivitas lingkungan kerja Anda dengan Workspace yang tersedia di EIKON Technology, partner resmi Google. Untuk informasi mengenai pemasangan, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments