Kapabilitas Baru Gmail: Lebih Mudah Temukan Ruang Chat dan Spaces

Dalam upaya berkelanjutan untuk membangun komunitas dan koneksi dalam model kerja hybrid, Google memperkenalkan kapabilitas baru untuk menemukan dan bergabung dengan ruang chat melalui penelusuran Gmail di web.

Saat memasukkan kueri sebelumnya di kotak pencarian Gmail, kini Anda bisa langsung melihat email atau percakapan dari aplikasi Chat dan Spaces yang berlaku. Cukup dengan memilih tombol “Mail” atau “Messages”.

Per tanggal 24 Agustus 2022, Spaces di domain Anda dengan nama atau deskripsi yang sesuai kueri akan langsung muncul saat Anda mengeklik opsi “Spaces” yang baru ditambahkan. Direktori tidak hanya akan menyertakan Spaces tempat Anda bergabung, tetapi juga Spaces yang dapat ditemukan, dan juga Spaces terbatas tempat Anda diundang, tapi belum bergabung. Pengguna juga memiliki kesempatan untuk melihat pratinjau isi Spaces sebelum memutuskan untuk bergabung dengan mengklik tombol “Preview” yang ada di sebelah Spaces.

Kapabilitas pencarian Gmail di web

Photo Credit: Google Workspace Updates

Kapabilitas baru dari Gmail web ini memungkinkan Anda untuk bisa segera tergabung dalam percakapan tim atau mencari topik pembahasan yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Anda bahkan tak perlu lagi berpindah aplikasi untuk bisa tergabung dalam Chat atau Spaces. Cukup dengan melakukan pencarian melalui search box Gmail versi web, maka topik yang Anda cari pun akan muncul.

Kapabilitas pencarian ini hadir sebagai sebuah solusi ketika ruang percakapan dalam perusahaan Anda terus bertambah. Menggunakan pencarian melalui Gmail di web, Anda bisa langsung menemukan ruang chat yang diinginkan. Selain menampilkan hasil pencarian dengan cepat, kapabilitas ini juga menyediakan jalur praktis untuk bergabung dengan ruang untuk tim, proyek, minat bersama tertentu, dan banyak lagi.

Baca juga: Pengalaman Terpadu Log Gmail di BigQuery, Seperti Apa?

Mulai menggunakan kapabilitas

Kapabilitas ini berlaku untuk seluruh end-user Google Workspace, tanpa pengaturan tambahan dari administrator. Jika ingin mencari sebuah Space dalam perusahaan Anda, cukup mengetikkan kueri ke dalam Gmail Search Box > tekan enter > navigasikan ke daftar hasil Spaces.

Untuk Space yang belum pernah Anda masuki, namun telah tersedia undanganya akan dilengkapi dengan tombol “Preview” dan “Join” di sebelah hasil pencarian. Untuk melihat sekilas isi Space, klik opsi Preview. Sedangkan jika Anda ingin langsung bergabung, pilih Join. Apabila merasa kesulitan untuk menggunakan kapabilitas ini, Anda bisa mengunjungi Help Center.

Baca juga: Fitur Baru untuk Email Marketing dari Gmail, Apa Saja?

Ketersediaan kapabilitas pencarian

Photo Credit: Rawpixel

Kapabilitas pencarian Gmail ini akan mulai diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 2022 secara bertahap, baik untuk domain rilis cepat maupun rilis terjadwal. Anda yang berlangganan Google Workspace versi apa pun, bahkan untuk versi lama G Suite Basic dan G Suite Business. Kapabilitas ini juga tersedia untuk seluruh pemilik akun Google pribadi.

Jadi setelah tanggal 24 Agustus 2022 Anda bisa mulai menantikan kapabilitas ini. Namun ada kemungkinan kapabilitas tidak langsung ditampilkan karena keseluruhan visibilitasnya sendiri memakan waktu hingga 15 hari ke depan. Google telah memastikan bahwa kapabilitas ini bisa langsung dinikmati oleh semua penggunanya.

Baca juga: Tampilan Terintegrasi Gmail Baru, Terhubung dengan Aplikasi Apa Saja?

Untuk memudahkan kolaborasi kerja, Google Workspace tak henti-hentinya menghadirkan fitur dan kapabilitas yang menyederhanakan berbagai proses yang sebelumnya begitu rumit serta memakan waktu. Kapabilitas pencarian baru yang dihadirkan di Gmail versi web ini diharapkan akan memudahkan Anda untuk bergabung dengan ruang chat atau Space sesuai kebutuhan.

Google Workspace memang telah terbukti mampu menyederhanakan dan mempermudah produktivitas. Bagi Anda yang belum menggunakan solusi produktivitas ini, EIKON Technology menyediakan produk Workspace resmi yang penggunaannya dapat disesuaikan untuk skala besar, seperti di perusahaan maupun instansi pendidikan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai implementasi solusi, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments