Fitur Baru untuk Email Marketing dari Gmail, Apa Saja

Email marketing merupakan salah satu strategi yang memanfaatkan email untuk memberikan informasi kepada pelanggan, baik itu tentang berita perusahaan, penawaran waktu terbatas, pembaruan produk, dan banyak lagi. Meski kini sudah ada media sosial dan saluran marketing digital lainnya, keberadaan email marketing masih belum tergeser.

Gmail menyediakan kapabilitas untuk membuat email marketing perusahaan Anda. Menariknya, Anda bisa menemukan berbagai fitur dan tools yang memudahkan perancangan email. Paling baru, Gmail menambahkan dua fitur baru yang bisa Anda gunakan untuk mengirim email profesional dengan mudah ke audiens dalam skala besar. Seperti apa cara kerjanya?

Tools baru Gmail untuk email marketing

Gmail secara rutin meluncurkan tools dan fitur untuk memudahkan penggunanya. Termasuk bagi pengguna dengan skala audiens yang besar, seperti perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa memanfaatkannya untuk menunjang beragam keperluan bisnis, salah satunya untuk mengirimkan email marketing. Berikut dua fitur baru yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan marketing.

Layout

Photo Credit: Google Workspace Updates

Anda dapat memilih dari kumpulan template email yang telah ditentukan sebelumnya. Template email ini menampilkan gambar, elemen teks, dan tombol yang disusun sedemikian rupa. Anda selanjutnya dapat menyesuaikan template ini dengan skema warna, logo, gambar, teks footer, dan bahkan tautan.

Multi-send

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur ini memungkinkan Anda mengirim email massal tanpa perlu menambahkan BCC ke seluruh penerima. Secara default, email multi-send telah menyertakan tautan berhenti berlangganan yang unik untuk setiap penerima (siapa pun yang berhenti berlangganan secara otomatis dikecualikan dari email multi-send berikutnya dari Anda).

Selain itu, Gmail juga memperkenalkan setelan Administrator untuk mengontrol apakah fitur multi-send ini aktif atau tidak untuk end-user. Pengaturan administrator diluncurkan akhir Juli 2022 lalu, memberikan waktu untuk mengonfigurasi ketersediaan bagi end-user terlebih dahulu.

Baca juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Filter Spam Gmail Bekerja?

Mulai menggunakan fitur

Fitur baru ini memerlukan konfigurasi tambahan dari Administrator. Untuk fitur Layout, akan aktif secara default pada level domain. Administrator bisa mengaktifkan dan menonaktifkannya sesuai kebutuhan atau menurut domain, organizational unit, dan grup tertentu. Sedangkan untuk fitur multi-send, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Untuk Google Workspace Enterprise Starter dan yang lebih baru, serta pelanggan Google Workspace for Education, fitur ini dibatasi untuk penerima internal secara default.
  • Untuk pelanggan Google Workspace Business dan Nonprofit, multi-send tersedia secara default untuk penerima eksternal.
  • Untuk semua edisi Google Workspace, Anda dapat MENGAKTIFKAN multi-send untuk penerima eksternal di tingkat OU atau grup.

Perlu diingat, peluncuran fitur ini tidak memengaruhi kuota pengiriman yang ada untuk pengguna.. Jika organisasi Anda telah menonaktifkan Google Drive, fitur Layout dari Gmail akan dinonaktifkan secara otomatis.

Baca juga: Aplikasi Gmail Sekarang Bisa Digunakan untuk Panggilan Suara dan Video

Ketersediaan fitur

Untuk pengaturan fitur tersedia mulai tanggal 28 Juli 2022 melalui peluncuran bertahap (baik untuk domain rilis cepat maupun rilis terjadwal). Peluncuran ini akan membutuhkan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur.

Sedangkan untuk end-user, fitur baru bisa digunakan mulai tanggal 8 Agustus 2022 untuk domain rilis cepat dan 22 Agustus 2022 untuk domain rilis terjadwal. Peluncuran untuk kedua domain dilakukan secara bertahap dan memerlukan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur.

Kedua fitur tersedia untuk pengguna Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Starter, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Standard, Education Plus dan Workspace Individual. Namun tidak tersedia untuk pengguna Google Workspace Essentials, Education Fundamentals, Education Teaching & Learning, Business Starter, Enterprise Essentials, Frontline serta mereka yang masih menggunakan G Suite Basic atau G Suite Business.

Baca juga: Update Gmail Terbaru: Hadirkan Opsi Penelusuran yang Lebih Baik

Dengan hadirnya dua fitur baru dari Gmail ini, Anda bisa menyusun dan mengirimkan email marketing profesional lebih mudah dan efisien. Keduanya dapat Anda nikmati dengan berlangganan Google Workspace for Business atau Google Workspace for Education yang tersedia di EIKON Technology. Kami menawarkan paket implementasi lengkap mulai dari perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments