Tips Gunakan Google Cloud Search Query API untuk Menyempurnakan Hasil Cloud Search

Google Cloud Search merupakan sebuah layanan untuk menelusuri seluruh konten perusahaan Anda, mulai dari Gmail dan Drive, Docs, Spreadsheet, Slide, hingga Calendar. Layanan ini menjawab pertanyaan Anda dan memberikan saran yang relevan. Berikut adalah beberapa contoh kasus penggunaan Google Cloud Search:

  • Karyawan perlu menemukan kebijakan, dokumen, dan konten perusahaan yang dibuat oleh karyawan lain.
  • Anggota tim layanan pelanggan perlu menemukan dokumen pemecahan masalah yang relevan untuk dikirim ke pelanggan.
  • Karyawan perlu mencari informasi internal mengenai suatu proyek perusahaan.
  • Seorang perwakilan penjualan ingin melihat status semua masalah dukungan untuk pelanggan tertentu.
  • Karyawan menginginkan definisi untuk istilah khusus perusahaan.

Dalam update terkini, Google Cloud Search bahkan menghadirkan Query API untuk menyempurnakan hasil pencarian. Bagaimana cara kerjanya?

Implementasi Google Cloud Search

Secara default, Google Cloud Search mengindeks data Google Workspace perusahaan atau instansi Anda, seperti dokumen dan spreadsheet Google. Anda tidak perlu menerapkan penelusuran Google Cloud untuk data Google Workspace. Namun, Anda perlu menerapkan Google Cloud Search untuk data non-Google Workspace, seperti data yang disimpan dalam database pihak ketiga, sistem file seperti Windows Fileshare, OneDrive, atau portal intranet seperti Sharepoint. Langkah-langkah berikut diperlukan untuk menerapkan Google Cloud Search untuk perusahaan Anda:

  1. Tentukan kasus penggunaan yang ingin dipecahkan oleh Google Cloud Search.
  2. Identifikasi repositori yang menyimpan data yang relevan dengan use case.
  3. Identifikasi sistem identitas yang digunakan oleh perusahaan Anda untuk mengelola akses ke data di setiap repositori.
  4. Konfigurasikan akses ke Google Cloud Search REST API.
  5. Tambahkan sumber data ke Google Cloud Search.
  6. Buat dan daftarkan skema untuk setiap sumber data.
  7. Tentukan apakah ada konektor konten yang tersedia untuk repositori Anda. Untuk daftar konektor bawaan, lihat direktori konektor Cloud Search. Jika konektor konten tersedia, lewati ke langkah 9.
  8. Buat konektor konten untuk mengakses data di setiap repositori dan mengindeksnya ke dalam sumber data Cloud Search.
  9. Tentukan apakah Anda memerlukan konektor identitas. Jika Anda tidak memerlukan konektor identitas, langsung ke langkah 11.
  10. Buat konektor identitas untuk memetakan repositori atau identitas perusahaan Anda ke identitas Google.
  11. Siapkan aplikasi pencarian.
  12. Buat antarmuka pencarian untuk melakukan permintaan pencarian.

Terapkan konektor dan antarmuka pencarian Anda. Jika Anda menggunakan konektor bawaan, ikuti petunjuk konektor untuk mendapatkan dan menerapkan konektor. Konektor yang tersedia tercantum di Google Cloud Search Connector Directory.

Baca juga: Mengenal Keamanan Jaringan dan Aplikasi di Ekosistem Google Cloud

Fitur Suggest Filter di Cloud Search

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

Pada tanggal 26 Juli 2022 lalu, Cloud Search meluncurkan fitur Suggest Filters. Dengan menggunakan Cloud Search Query API, administrator dapat menentukan filter yang akan diterapkan sebelumnya ke saran kata kunci saat pengguna mengetik kueri. Ini akan memunculkan saran yang lebih relevan, membantu mengurangi waktu yang dihabiskan pengguna untuk mencari.

Dengan filter saran, admin dapat mengonfigurasi saran berdasarkan kasus penggunaan untuk aplikasi pencarian tertentu, mengurangi saran yang tidak relevan. Misalnya, admin dapat menambahkan saran seperti negara, yang akan memunculkan saran berdasarkan dokumen yang sesuai dengan kategori tersebut.

Mulai menggunakan fitur

Fitur baru ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Cloud Search. Untuk mulai mengaktifkannya, administrator dapat mengikuti developer documentation yang telah disediakan Google. Sedangkan untuk end-user tidak diperlukan pengaturan tambahan. End-user secara otomatis akan melihat filter yang disarankan ketika mengetikkan kueri.

Baca juga: Fitur Private Offers dari Google Cloud Marketplace, Apa yang Ditawarkan?

Menambahkan saran autocomplete

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

Google Cloud Search menyediakan suggestionFilteringOperators[] untuk menentukan properti yang digunakan ketika menyaring saran autocomplete. Misalnya, Anda dapat menentukan operator genre untuk memfilter saran berdasarkan genre film pilihan pengguna. Kemudian, saat pengguna mengetik kueri penelusurannya, hanya film yang cocok dengan genre pilihannya yang ditampilkan sebagai bagian dari saran autocomplete.

Baca juga: 3 Contoh Penerapan Google Cloud Spot VMs

Dengan hadirnya fitur baru ini Anda dapat menambahkan filter agar hasil pencarian benar-benar sesuai kebutuhan pengguna. Google Cloud Search juga merupakan tool yang tepat untuk membantu repositori data perusahaan Anda. Layanan ini bisa Anda nikmati dengan berlangganan Google Cloud terlebih dahulu. Solusi komputasi awan dari Google ini tersedia di EIKON Technology. Untuk informasi mengenai penerapan Google Cloud, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments