Fitur Private Offers dari Google Cloud Marketplace, Apa yang Ditawarkan

Google Cloud Marketplace hadir untuk mempercepat pertumbuhan pelanggan dengan menawarkan beragam solusi transformasi digital. Di tahun 2022 ini, platform tersebut mengalami peningkatan signifikan. Ini mencakup kemampuan teknis baru yang memberikan fleksibilitas pembelian dan pilihan yang dibutuhkan pelanggan saat membeli perangkat lunak melalui Marketplace.

Private Offers yang lebih fleksibel

Kini fitur Private Offers di Google Cloud Marketplace telah tersedia untuk umum. Dengan kemampuan untuk membuat kesepakatan baru ini, partner Google Cloud dapat membantu pelanggan membeli sesuai keinginan mereka. Seluruh partner Marketplace kini memiliki lebih banyak opsi untuk menyesuaikan harga, jadwal pembayaran, dan persyaratan transaksi Google Cloud Marketplace yang dinegosiasikan secara pribadi, termasuk:

  • Dukungan di seluruh jenis produk: SaaS, Mesin Virtual, dan produk Kubernetes sekarang dapat dibeli melalui Private Offers.
  • Model langganan dan diskon yang diperluas: Commited Use Disounts (CUD), biaya tetap, dan biaya tetap yang ditingkatkan dengan pengalaman penggunaan untuk mendukung bisnis Anda.
  • Jadwal pembayaran yang fleksibel dan opsi durasi kontrak: Private Offers kini menawarkan opsi  pra atau pasca bayar dan pilihan berbagai periode kontrak.
  • Fungsi cicilan prabayar: Memungkinkan pelanggan untuk melakukan beberapa pembayaran prabayar dengan jumlah yang sama atau meningkat selama kontrak.
  • Persyaratan khusus kesepakatan: Unggah perjanjian lisensi yang sudah ada sebelumnya atau yang disesuaikan ke setiap penawaran, memungkinkan pelanggan untuk memanfaatkan persyaratan layanan khusus kesepakatan dan mempercepat proses pembelian dengan mengurangi redlining.
  • Perubahan dan perpanjangan Private Offers: Dukungan untuk pembaruan, memperluas penawaran yang ada, memperbarui paket pelanggan, dan meluncurkan fitur produk baru.

Baca juga: Mengenal Keamanan Jaringan dan Aplikasi di Ekosistem Google Cloud

Konfigurasi Private Offers

Setelah produk dipublikasikan, pelanggan bisa langsung meminta kesepakatan yang dinegosiasikan dengan menghubungi Anda langsung di Marketplace atau melalui penjual Google mereka. Saat mengonfirmasi harga, persyaratan, dan jadwal pembayaran dengan pelanggan secara offline, Anda dapat mulai membuat Private Offers baru di Google Cloud Marketplace > Producer Portal dan memilih produk dan paket SaaS, VM, atau Kubernetes yang mendukung salah satu dari paket berlangganan per kesepakatan.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Untuk produk SaaS, VM, dan Kubernetes dengan model harga Hanya Penggunaan, Anda dapat menyediakan committed use discount (CUD) kepada pelanggan. Khusus untuk produk SaaS, ada dua model langganan tambahan yang tersedia:

  1. Flat fee: pelanggan Anda membayar biaya berlangganan yang ditetapkan untuk sejumlah fitur perangkat lunak tertentu.
  2. Flat fee with usage: pelanggan Anda membayar biaya untuk menggunakan perangkat lunak, termasuk akses ke fitur dalam jumlah tertentu. Pelanggan membayar biaya tambahan untuk penggunaan sumber daya di luar biaya tetap.

Baca juga: Cara Google Cloud Amankan Rantai Pasok Software Anda

Menentukan opsi pembayaran

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

Setelah memilih produk dan paket, masukkan detail penerima (jika penawaran ini dijual kembali). Private Offers berlaku untuk semua proyek yang ditetapkan ke akun penagihan mereka. Selanjutnya, berikan kontak penjualan yang dapat dihubungi oleh pelanggan jika mereka memiliki pertanyaan tentang Private Offers ini.

Selanjutnya, pilih jadwal pembayaran dan harga diskon yang ingin diberikan kepada pelanggan. Jadwal pascabayar akan menagih pelanggan setiap bulan, sedangkan jadwal prabayar memungkinkan Anda mengonfigurasi jadwal cicilan. Tenor maksimal angsuran bisa sampai satu tahun dengan nilai yang sama atau lebih besar dari sebelumnya.

Anda juga dapat menunjukkan durasi kontrak dan menawarkan tenggat waktu penerimaan (maksimal 3 bulan sejak tanggal pembuatan kontrak). Untuk jadwal pascabayar, Anda juga dapat memilih apakah pelanggan dapat secara otomatis memperbarui paket di akhir durasi kontrak.

Memilih persyaratan lisensi perangkat lunak

Selanjutnya, pilih persyaratan lisensi perangkat lunak untuk solusi Anda. Tersedia opsi end-user license agreement (EULA) standar Google. Namun Anda juga atau dapat mengunggah dan menyusun kesepakatan khusus. Namun data dari Google menemukan bahwa sebgain besar Private Offers menggunakan EULA standar.

Setelah semua selesai, Anda bisa mulai meninjau detail untuk akurasi dan melihat pratinjau tampilan kesepakatan. Jika semuanya sudah sesuai, silakan buat tautan menuju Private Offers untuk dikirimkan kepada pelanggan Anda.

Baca juga: Memanfaatkan Google Cloud Contact Center AI untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Google Cloud Marketplace menawarkan beragam pilihan aplikasi yang bisa Anda pilih untuk mengoptimalkan penggunaan solusi komputasi awan dari Google. Menariknya lagi, kini tersedia Private Offers yang memungkinkan Anda untuk menawarkan aplikasi dari Google Cloud Marketplace kepada partner bisnis Anda.

Layanan tersebut dapat Anda akses melalui Google Cloud Platform. Solusi komputasi awan dari Google tersebut telah tersedia di EIKON Technology. EIKON sendiri merupakan Google Premier Partner yang memiliki lisensi untuk mendistribusikan beragam produk dan solusi, termasuk Google Cloud. Informasi selengkapnya mengenai langganan, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments