Update Gmail Terbaru: Hadirkan Opsi Penelusuran yang Lebih Baik

Dalam update Gmail terbaru, Google mengumumkan peningkatan kapabilitas penelusuran. Kapabilitas penelusuran dan saran memang menjadi salah satu aspek yang terus ditingkatkan oleh Google. Selama bertahun-tahun, Google menghadirkan berbagai fitur guna memudahkan pengguna dalam melakukan penelusuran, entah itu untuk mencari email atau menemukan kontak. Lalu, seperti apa opsi penelusuran yang hadir dalam update Gmail terbaru ini?

Opsi penelusuran dan saran dalam update Gmail terbaru

Selama bertahun-tahun, Google terus mengembangkan kapabilitas untuk melakukan penelusuran dan saran di Gmail. Mulai dari filter penelusuran (searh filter), operator penelusuran (search operators), chip penelusuran (search chips), dan masih banyak lagi.

Per 27 Juli 2022, Gmail menghadirkan saran penelusuran yang lebih akurat dan terperinci dengan penyesuaian yang lebih baik sebagai hasil dari model machine learning terbaru Google. Saat mencari percakapan, file, atau bahkan informasi kontak rekan kerja di Gmail Search Box, Anda akan melihat:

  • Saran kontak yang lebih baik dan kontekstual dengan pencocokan nama serta alamat email. Misalnya, saran disusun ulang agar lebih cocok dengan kueri kontak menggunakan nama depan atau alamat email daripada nama belakang.
  • Saran yang dipersonalisasi berdasarkan pertukaran historis, seperti seberapa sering Anda berinteraksi dengan rekan kerja melalui Gmail.

Baca juga: Peningkatan Sistem Keamanan Gmail dengan BIMI

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: Rawpixel

Untuk bisa merasakan update Gmail terbaru ini tidak diperlukan pengaturan dari administrator. Pengguna secara otomatis akan langsung mendapat tampilan penelusuran dan saran yang baru ketika melakukan pencarian di Gmail Search Box.

Fitur ini diluncurkan secara bertahap mulai dari tanggal 27 Juli 2022 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Ini berlaku untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal.

Fitur tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Plus, Frontline, dan Nonprofits. Fitur juga tersedia untuk pengguna dengan Google Accounts pribadi. Namun tidak tersedia untuk pengguna Google Workspace Essentials, Enterprise Essentials, serta G Suite Basic dan G Suite Business lama.

Baca juga: Aplikasi Gmail Sekarang Bisa Digunakan untuk Panggilan Suara dan Video

Melakukan penelusuran di Gmail Search Box

Anda dapat menemukan email di kotak masuk dengan istilah pencarian. Istilah penelusuran ini didasarkan pada informasi dari akun Gmail Anda, seperti pesan, kontak, label, atau penelusuran sebelumnya. Perlu diingat, pencarian tidak akan bekerja ketika Anda dalam keadaan offline. Berikut cara cepat untuk melakukan pencarian dengan optimal:

  • Cara melakukan pencarian
  1. Buka Gmail.
  2. Di bagian atas Search Box, ketikkan apa yang ingin Anda cari.
  3. Tekan Enter. Daftar email akan ditampilkan.
  4. Untuk mempersempit pencarian, gunakan chip filter pencarian di bawah Search Box atau operator pencarian di Search Box. Anda juga bisa menggunakan filter untuk membuat pencarian lebih spesifik.
  • Menggunakan filter pencarian

Photo Credit: Rawpixel

Anda dapat menggunakan filter di awal penelusuran atau setelah menelusuri untuk mempersempit hasil. Di bawah ini adalah filter pencarian yang tersedia dan apa yang mereka lakukan. Anda dapat menggabungkan beberapa filter untuk mempersempit pencarian.

  • Label

Cari apa pun dalam label tertentu yang Anda buat.

  • From

Cari apa pun yang dikirim dari alamat email tertentu.

  • To

Cari apa pun yang Anda kirim ke alamat email tertentu.

  • Attachment

Cari apa pun yang menyertakan lampiran atau memiliki jenis lampiran tertentu seperti Google Documents, Google Spreadsheet, atau PDF.

  • Date

Cari apa pun yang dikirim dari rentang tanggal tertentu atau tanggal tertentu.

  • Is Unread

Cari apa pun yang saat ini ditandai sebagai “belum dibaca”.

  • Exclude calendar updates

Cari apa pun yang bukan pembaruan Google Calendar.

Baca juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Filter Spam Gmail Bekerja?

Dengan hadirnya update Gmail terbaru ini, Anda bisa melakukan pencarian dengan optimal tanpa harus mengetikkan banyak kata. Fitur baru dari Google ini akan lebih optimal untuk produktivitas jika Anda menggunakan platform Google Workspace.

Google Workspace sendiri merupakan platform produktivitas kolaboratif yang menghadirkan berbagai aplikasi, fitur, hingga kapabilitas untuk membantu pekerjaan Anda. Bahkan platform ini menawarkan penggunaan berskala besar untuk perusahaan maupun instansi. Paket Google Workspace tersebut bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology, authorized partner Google untuk Indonesia. Informasi selengkapnya, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments