Bisakah Memberi Respons Secara Anonim dalam Polling Aplikasi Google Meet?

Pada update terbaru aplikasi Google Meet, peserta rapat kini memiliki opsi untuk mengajukan pertanyaan atau berpartisipasi dalam polling secara anonim. Lalu, apakah fitur baru ini akan otomatis tersedia untuk end user atau masih memerlukan konfigurasi dari administrator? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan berikut.

Respons anonim di aplikasi Google Meet

Di saat mengumumkan update ini, Google Meet menyebutkan bahwa kapabilitas untuk mengajukan pertanyaan dan menjawab jajak pendapat secara anonim (terutama dalam panggilan besar) telah menjadi permintaan utama para pengguna.

Hadirnya fitur semacam ini akan mendorong partisipasi yang lebih besar dari peserta rapat yang lebih suka tidak disebutkan namanya. Selain itu, ini dapat membantu melindungi privasi saat rapat bersifat publik atau dibagikan di beberapa domain milik perusahaan.

Saat pengguna aplikasi Google Meet menanggapi polling atau mengirim pertanyaan secara anonim, detailnya akan tetap anonim bagi peserta lain, penyelenggara rapat, dan Admin Google Workspace. Perhatikan bahwa Google menyimpan tanggapan polling dan pertanyaan anonim Anda. Data ini kemudian dibuat anonim atau dihapus.

Baca juga: Mulai Meeting Lebih Cepat dengan Daftar Tamu di Google Meet PC

Cara mengaktifkan respons anonim

Photo Credit: Google Workspace Updates

Sebelum end user dapat menggunakan fitur ini, pihak yang menjadi tuan rumah meeting (host dan co-host) harus mengaktifkannya terlebih dulu. Google menyebutkan bahwa pertanyaan anonim akan diizinkan secara default dan dapat dinonaktifkan oleh host dan co-host. Caranya adalah dengan masuk ke Meeting Activities > Allow Question in Q&A > Allow Anonymous questions.

Jajak pendapat anonim (anonymous poll) akan nonaktif secara default dan dapat diaktifkan oleh host serta co-host saat mereka berbagi polling. Perlu diingat, baik pengaturan untuk anonymous Q&A dan anonymous poll perlu disetel ulang tiap rapat berlangsung. Pengaturan dari satu rapat tidak akan terbawa otomatis ke rapat lain yang dilakukan setelahnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghapus Peserta dari Panggilan Google Meet PC?

Ketersediaan fitur

Photo Credit: Freepik

Fitur respons anonim di aplikasi Google Meet ini rilis secara bertahap mulai dari tanggal 19 Juli 2022 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Perilisan bertahap ini diterapkan pada domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal.

  • Fitur Q&A anonim 

Fitur Q&A anonim tersedia untuk pelanggan Google Workspace Essentials, Business Standard, Business Plus, Enterprise Starter, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Teaching and Learning Upgrade, Education Plus, dan Nonprofits, termasuk untuk mereka yang masih menggunakan G Suite Business. 

Namun fitur ini tidak tersedia untuk pelanggan Google Workspace Business Starter, Education Fundamentals, Education Standard, Frontline, dan G Suite Basic.

  • Fitur Polling anonim 

Fitur Polling anonim tersedia untuk pelanggan Google Workspace Essentials, Business Standard, Business Plus, Enterprise Starter, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Teaching and Learning Upgrade, Education Plus, dan Nonprofits, termasuk G Suite Business.

Selain itu, fitur ini juga tersedia untuk pengguna Google Workspace Individual. Namun tidak tersedia untuk pelanggan Google Workspace Business Starter, Education Fundamentals, Education Standard, Frontline, maupun G Suite Basic. 

Baca juga: Kini Join Google Meet Bisa Lewat Docs, Sheets, dan Slides!

Aplikasi Google Meet kini menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan. Oleh karenanya, Google terus menghadirkan pembaruan dan penambahan fitur. Dengan begitu, pengguna bisa merasakan pengalaman berkomunikasi dan berkolaborasi yang seamless.

Ingin meningkatkan kualitas kolaborasi kerja tim Anda? Selain aplikasi Google Meet, Google telah menyediakan berbagai aplikasi produktivitas yang dihimpun dalam satu platform: Google Workspace. Kini telah tersedia edisi Google Workspace Enterprise yang dirancang khusus untuk penggunaan skala besar di perusahaan. Anda bisa mendapatkannya melalui EIKON Technology yang merupakan authorized partner Google. Untuk informasi selengkapnya, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments