Mulai Meeting Lebih Cepat dengan Daftar Tamu di Google Meet PC

Google Meet PC hingga kini masih menjadi aplikasi andalan untuk melakukan virtual meeting. Entah itu meeting kerja, memberikan webinar, atau sekadar menghubungi teman-teman yang lama tak bersua, semua bisa dilakukan dengan mudah lewat Meet via PC.

Dibandingkan dengan versi aplikasi handphone memang versi PC menawarkan lebih banyak fitur. Anda bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi khusus untuk bisa mulai berkomunikasi via Google Meet PC. Kini, melakukan virtual meeting bahkan bisa dimulai dengan cepat dan efisien dengan integrasi terbaru antara Google Meet dengan Google Calendar. Apa kelebihan yang ditawarkan?

Daftar Tamu Google Meet PC

Photo Credit: Google Workspace Updates

Di Google Meet PC, kini Anda dapat melihat peserta yang diundang ke meeting, tetapi belum bergabung ke panggilan. Para peserta ini sekarang dapat ditemukan di bawah tab berjudul “Also invited”. Selain itu, Anda juga dapat melihat status RSVP (konfirmasi kehadiran) semua orang di undangan, termasuk peserta “opsional” dan catatan RSVP tambahan.

Fitur Daftar Tamu atau Guest List ini sendiri merupakan integrasi antara Google Meet dengan Google Calendar. Itu artinya, setiap peserta yang telah menandai konfirmasi kehadiran melalui event di Calendar, secara otomatis akan masuk ke Daftar Tamu Google Meet. Bagi penyelenggara, hal ini tentu akan lebih memudahkan pengelolaan peserta, terutama sebelum acara berlangsung.

Baca juga: Fitur De-Reverberation Kini Tersedia di Google Meet PC dan Aplikasi

Pop-up konfirmasi

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur baru ini juga dilengkapi dengan pop-up notifikasi yang akan memastikan kehadiran peserta. Jika kemudian terdapat peserta yang sudah menyatakan kehadiran tapi belum muncul di meeting, sistem secara otomatis akan menampilkan informasi kontak mereka.

Dari situ, Anda dapat menghubungi pengguna tersebut melalui Chat untuk mengonfirmasi apakah mereka akan bergabung langsung dari Meet, sehingga tidak perlu membuka tab tambahan atau berangkat dari aplikasi Google lainnya.

Hadirnya fitur ini diharapkan dapat memudahkan pengguna memulai rapat secara efisien dengan memastikan siapa yang belum bergabung lebih cepat dan mengirimkan pesan melalui Chat langsung dari Meet. Semuanya bisa dilakukan tanpa harus berpindah-pindah aplikasi.

Mulai menggunakan fitur

Fitur baru di Google Meet PC ini tidak memerlukan pengaturan konfigurasi dari administrator. Sedangkan bagi end user dari edisi Google Workspace yang memenuhi syarat, fitur ini akan tersedia secara default untuk panggilan Meet dengan event dari Calendar.

Baca juga: Picture-In-Picture dan Multi-Pinning Kini Tersedia untuk Google Meet di Chrome

Ketersediaan fitur

Kapan fitur baru Google Meet PC ini rilis? Fitur ini hadir mulai tanggal 29 Juni 2022, baik untuk domain rilis cepat maupun terjadwal. Rollout yang diperpanjang akan berjalan kemungkinan lebih dari 15 hari untuk visibilitas keseluruhan fitur.

Lalu, untuk edisi Google Workspace mana saja fitur memulai meeting ini tersedia? Fitur tersedia untuk Google Workspace edisi Enterprise Standard, Enterprise Plus, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Education Fundamentals, Education Standard, the Teaching & Learning Upgrade, Education Plus, pelanggan Non profit, serta G Suite Basic dan G Suite Business.

Perlu diingat, fitur integrasi Google Meet dengan Calendar ini tidak tersedia untuk Google Workspace edisi Essentials, Enterprise Essentials, dan Individual. Serta user Google Accounts pribadi. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menghapus Peserta dari Panggilan Google Meet PC?

Google Meet PC hingga sekarang masih menjadi aplikasi andalan untuk melakukan virtual meeting dan video call, terutama untuk panggilan dalam skala besar. Selain fitur baru yang menghubungkan Meet dengan Calendar, Google juga menghadirkan beragam integrasi menarik untuk memudahkan pekerjaan Anda melalui Google Workspace.

Dapatkan Google Workspace for Business untuk mendukung produktivitas kerja Anda dalam skala besar hanya di EIKON Technology. Sebagai authorized reseller Google untuk Indonesia, EIKON Technology menyediakan produk-produk Google resmi beserta layanan konsultasi untuk pemasangan. Untuk langsung terhubung dengan tim EIKON Technology, klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments