Fitur De-reverberation Kini Tersedia di Google Meet PC dan Aplikasi

Google Meet PC dan aplikasi kini seolah menjadi kebutuhan tersendiri. Berbagai acara daring telah terselenggara dengan bantuan Meet, mulai dari webinar, workshop, hingga kegiatan sehari-hari seperti rapat dan kuliah. Oleh karenanya, Google terus mengembangkan aplikasi tersebut. Pengguna pun bisa mendapatkan pengalaman video meeting yang terasa lebih dekat dan nyata.

Di bulan Juni 2022 lalu, Google Meet PC dan aplikasi smartphone meluncurkan beberapa pembaruan baru. Salah satunya adalah pembaruan yang menghadirkan fitur de-reverberation untuk mengurangi gema yang muncul saat Anda melakukan video meeting. Bagaimana cara kerjanya?

Fitur de-reverberation di Google Meet PC dan aplikasi

Photo Credit: wayhomestudio (Freepik)

Pernahkah suara Anda atau peserta video meeting lain terdengar bergema saat menggunakan Google Meet PC maupun aplikasi? Hal ini sangat wajar terjadi karena bagaimanapun juga, video meeting lewat aplikasi menggunakan perangkat audio yang berbeda. Perangkat yang Anda pakai pasti berbeda dengan peserta lainnya. Inilah yang kemudian menimbulkan gema.

Untuk mengatasi hal tersebut, Google Meet kemudian memperkenalkan fitur de-reverberation atau anti-gema. Saat fitur ini aktif maka gema pada audio akan diredam.

Fitur ini sendiri merupakan tambahan dari kapabilitas yang telah diluncurkan sebelumnya, yaitu kapabilitas untukn memfilter suara latar seperti pengetikan keyboard. Lewat fitur de-reverberation ini, Google Meet menghapus gema dari suara yang direkam oleh mikrofon Anda. De-reverberation akan secara otomatis menyaring gema yang diciptakan oleh ruang dengan permukaan keras, seperti ruang bawah tanah atau dapur, membantu memastikan kualitas audio yang optimal.

Mulai menggunakan fitur

Untuk mengaktifkan fitur ini tidak diperlukan konfigurasi khusus dari administrator. Google Meet juga telah menerbitkan panduan penggunaan fitur yang bisa diakses secara gratis pada halaman Help Center Google Workspace. 

Namun administrator telah diberi pengaturan khusus untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur saat video meeting terjadi di lingkungan Workspace perusahaan atau institusi. Begitu pula untuk end-user yang dibekali dengan opsi untuk memfilter bunyi agar kualitas panggilan tetap baik.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghapus Peserta dari Panggilan Google Meet PC?

Cara mengaktifkan noise cancellation untuk administrator

Kini pengguna hardware Google Meet PC dapat menggunakan peredam bising agar suara terdengar lebih jernih dan menghilangkan kebisingan latar belakang. Noise cancellation diaktifkan secara default untuk sebagian besar edisi Google Workspace. Namun fitur ini dinonaktifkan secara default untuk akun Education Plus, dan Teaching and Learning Upgrade.

Baca juga: Google Meet Kini Perluas Akses Noise Cancellation

Sebagai administrator Workspace, Anda dapat menentukan apakah fitur ini aktif atau nonaktif di awal setiap panggilan. Pengguna masih dapat mengubah setelan untuk panggilan individual. Untuk informasi selengkapnya tentang edisi dan lokasi Google Workspace yang mendukung peredam bising, silakan kunjungi halaman ini.

  1. Masuk ke konsol Google Admin Anda.
  2. Dari halaman beranda konsol Admin, buka menu Devices dan pilih Google Meet hardware.
  3. (Opsional) Filter perangkat menurut unit organisasi atau kriteria lainnya.
  4. Klik perangkat yang ingin Anda kelola.
  5. Pilih bagian Device settings untuk memperluasnya.

Photo Credit: Google Workspace Admin Help

  1. Klik Edit yang ada di sebelah Noise cancellation.
  2. Centang atau hapus centang di sebelah Noise cancellation is on at the beginning of each call.
  3. Klik Save untuk menyimpan pengaturan.

Ketersediaan fitur

Fitur ini telah tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, upgrade Teaching and Learning, serta Frontline. Namun sayangnya, fitur ini tidak tersedia untuk pengguna Google Workspace Essentials, Business Starter, Education Fundamentals, Education Standard, Nonprofits, serta pelanggan G Suite Basic dan G Business lama.

Baca juga: Kelebihan Video Conference Google Meet dan Microsoft Teams

Dengan adanya fitur baru pada Google Meet PC dan aplikasi ini, Anda dapat menghasilkan suara yang lebih jernih selama jalannya vide meeting. Fitur ini pun telah tersedia di Google Workspace for Education maupun Google Workspace for Business sehingga cocok untuk mendukung lingkungan kerja Anda. Dapatkan paket berlangganan Google Workspace khusus untuk penggunaan skala besar seperti perusahaan dan instansi hanya di EIKON Technology. Selengkapnya, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments