Google Sites Adalah Platform untuk Web Designing, Cek Fitur Barunya Berikut!

Google Sites adalah platform pembuatan situs web dari Google. Jika Anda terbiasa dengan platform situs web lain seperti WordPress atau Wix, Anda dapat menganggap Google Sites sebagai sesuatu yang agak mirip, tetapi mungkin lebih khusus untuk bisnis dan tim berbasis web.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2008 lalu, Google Sites terus berkembang. Bahkan pengembangan yang dihadirkan pun sangat detail termasuk dalam hal penyuntingan konten di dalam situs web. Dalam update terbarunya pada bulan September 2022 lalu, Google Sites menyediakan fitur spacing baru untuk menyunting konten Anda. Seperti apa cara kerjanya?

Fitur spacing Google Sites

Photo Credit: Rawpixel

Sebelumnya, pada bulan Juni 2022 lalu, Google Sites menghadirkan sebuah pembaruan terkait spacing. Lewat pembaruan tersebut, editor situs dapat menyesuaikan jarak antara konten di situs mereka dengan pengaturan tema khusus yang menawarkan opsi 3 spacing, yaitu Compact, Cozy, dan Comfortable. Secara default, semua situs yang baru dibuat akan disetel dengan opsi Comfortable.

Kini pada bulan September 2022, Google Sites kembali menghadirkan pembaruan untuk fitur spacing, yaitu dengan menambahkan opsi untuk menambahkan ruang kosong ke situs web Anda di tempat tertentu dengan spacer. Fitur ini memberikan lebih banyak fleksibilitas, terutama saat mendesain tata letak vertikal, dan umumnya membuat desain template dan halaman web menjadi lebih mudah.

Baca juga: Google Sites Adalah Alat untuk Mendesain Website, Ini Dia Update Fitur Terbarunya!

Cara menggunakan fitur

Fitur baru spacing di Google Sites adalah fitur siap pakai yang artinya tidak memerlukan pengaturan dari administrator. Sedangkan bagi end-user yang ingin menggunakan fitur bisa langsung masuk ke halaman pembuatan situs. Setelah itu klik tautan Spacer” yang ada di panel Insert (ada di bagian kanan halaman). Jika Anda menemukan kesulitan dalam menggunakan fitur baru ini, silakan kunjungi Help Center Google Sites.

Fitur baru ini bisa langsung digunakan apa pun jenis konten web yang Anda buat, mulai dari konten teks, visual, hingga video. Anda bahkan bisa menambahkan jarak di mana saja, di antara konten di bagian samping halaman, di mana pun keinginan Anda.

Baca jugaKontrol Preferensi Aksesibilitas yang Lebih Baik di Aplikasi Google Workspace

Ketersediaan fitur

Photo Credit: Rawpixel

Perlu diingat, pembaruan ini dilakukan secara bertahap, sehingga ada kemungkinan fitur ini muncul di satu gadget Anda, tapi tidak muncul di gadget yang lain. Perilisan fitur secara bertahap dimulai pada tanggal 19 September (hingga 15 hari ke depan untuk ketersediaan fitur. Jadwal ini berlaku untuk domain rilis cepat.

Sedangkan untuk domain rilis terjadwal dilakukan secara penuh (dengan 1-3 hari untuk visibilitas fitur keseluruhan) dan dimulai pada tanggal 3 Oktober 2022.

Fitur ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk mereka yang masih menggunakan rangkaian G Suite Basic maupun G Suite Business. Di samping itu, fitur spacing ini juga tersedia untuk seluruh pemilik akun Google pribadi.

Baca juga: Meningkatkan Pengalaman Google Workspace di Perangkat Android Berlayar Besar

Dengan hadirnya pembaruan ini Anda bisa membuat tampilan halaman situs web yang lebih nyaman untuk dilihat. Tampilan halaman web pun terlihat lebih rapi dan tertata dengan hadirnya fitur spacing ini. Selain fitur spacing, Google Sites juga menghadirkan berbagai fitur menarik lainnya seperti Collapsible Text dan Section Layout untuk membagi halaman web Anda.

Google Sites adalah bagian dari Workspace dan akan bekerja lebih optimal jika Anda bekerja dalam ekosistem tersebut. Ini karena Workspace telah mendukung integrasi antar aplikasi-aplikasi di dalamnya. Lewat integrasi tersebut, Anda bisa dengan mudah mengunggah konten yang berasal dari aplikasi lain Workspace seperti Docs, Sheet, maupun Slide. Belum menggunakan Google Workspace? Kini Anda bisa menerapkan ekosistem kerja kolaboratif ala Workspace melalui EIKON Technology.

Sebagai authorized reseller untuk produk-produk Google di Indonesia, EIKON Technology menghadirkan berbagai produk serta solusi asli dan berlisensi resmi Google. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemasangan, silakan klik di sini!  

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments