Update Google Apps Script IDE: Lingkungan Pengembangan yang Semakin Terintegrasi

 Pada bulan Desember 2020 lalu, Google mengumumkan pengalaman yang diperbarui dan ditingkatkan untuk integrated development environment (IDE) Apps Script. Sejak itu, pengguna dapat mengakses IDE lama. Pada akhir kuarter ketiga tahun 2022 ini, Google merombak kebijakan tersebut dan mulai menolak pengalaman lama. Mulai kuarter keempat tahun 2022, IDE versi baru akan menjadi pengalaman default tanpa opsi untuk kembali.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena IDE Apps Script versi baru ini telah terintegrasi dengan ekosistem kerja Google Workspace sehingga akan memudahkan Anda dalam bekerja. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai update terbaru ini, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Apa itu Apps Script?

Apps Script adalah platform pengembangan aplikasi praktis yang mempercepat dan mempermudah pembuatan solusi bisnis khusus. Dalam update terbarunya, platform ini telah terintegrasi dengan Google Workspace dan yang meningkatkan kecanggihan aplikasi termasuk Calendar, Docs, Drive, Gmail, Sheets, dan juga Slides.

Melalui peluncuran ini, Google telah mengubah IDE berbasis cloud yang akan membantu Anda membuat, mengedit, dan mengelola proyek. IDE versi baru juga akan menyederhanakan pengalaman pengembangan untuk Google Workspace.

Baca juga: Memanfaatkan Google Cloud Sebagai Pengamanan Tambahan Bagi Developer

Apa yang berbeda dari IDE baru ini?

Photo Credit: cookie_studio (Freepik)

Dengan peluncuran ini, kami telah mengubah IDE berbasis cloud yang membantu Anda membuat, mengedit, dan mengelola proyek. IDE baru menyederhanakan pengalaman pengembangan untuk Google Workspace dan menawarkan:

  • Editor kode canggih menggunakan Monaco yang menawarkan pelengkapan otomatis tingkat lanjut, pemformatan otomatis, dan banyak lagi.
  • Pengalaman pemecahan masalah yang ditingkatkan dengan meningkatkan debugger dan menambahkan log streaming secara real-time.
  • Integrasi antara IDE dan Google Workspace Developer hub untuk memberikan pengalaman menyeluruh yang mulus untuk merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengelola proyek Apps Script di satu tempat.
  • Tampilan dan nuansa yang diperbarui, dengan antarmuka yang ramah pengguna yang lebih mirip dengan aplikasi Google Workspace lainnya yang menggunakan kerangka Material Design.

Baca juga: Meningkatkan Produktivitas Developer dengan Cloud Client Libraries for Compute Engine

Mulai menggunakan Apps Script IDE baru

Photo Credit: senivpetro (Freepik)

Apps Script IDE baru akan dirilis mulai kuarter keempat tahun 2022. Jadwal perilisan untuk domain rilis cepat sama dengan domain rilis terjadwal. Penting untuk diingat, IDE baru akan menjadi pengalaman default tanpa opsi untuk kembali.

Bagi administrator dan Anda yang memanfaatkan Apps Script IDE untuk mengembangkan program atau aplikasi, Google telah menyediakan dokumentasi khusus yang bisa dijadikan panduan. Anda bisa mengaksesnya di sini. Update ini berlaku untuk seluruh pengguna Google Workspace, termasuk mereka yang masih menggunakan rangkaian G Suite Basic dan G Suite Business.

Perlu diingat juga bahwa fitur ini akan aktif secara default untuk semua pengguna. Namun, kini pengguna tidak dapat memilih untuk menggunakan IDE lama melalui opsi “Use legacy editor” karena per kuarter keempat tahun 2022 ini, opsi untuk kembali tersebut akan ditiadakan.

Baca juga: Percepat Produktivitas Pengembang Anda Dengan Query Library

Apps Script IDE baru ini telah terintegrasi dengan Google Workspace sehingga akan semakin memudahkan Anda dalam bekerja. Tempat kerja Anda belum memanfaatkan Google Workspace sebagai ekosistem kerja? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengajukan implementasi melalui EIKON Technology yang merupakan authorized partner Google.

EIKON Technology tidak sekadar menyediakan Google Workspace asli yang berlisensi, tapi kami juga menyediakan layanan konsultasi mulai dari tahap perencanaan hingga pemasangan. Untuk mulai berkonsultasi mengenai penerapan Google Workspace di lingkungan kerja Anda, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments