Kategorisasi Warna Baru di Calendar, Mudahkan Anda dalam Melacak Jadwal

Pada tahun 2021, Google Calendar meluncurkan Time Insights, sebuah fitur yang memberi Anda kemampuan untuk lebih memahami cara Anda menghabiskan waktu di Calendar. Mulai hari ini, Anda dapat menyusun kategori waktu dengan memberi nama dan menetapkan label warna yang sesuai ke acara dalam Time Insights di Calendar.

Fitur baru ini diharapkan dapat membantu pengguna untuk lebih mudah melacak waktu yang dihabiskan untuk aktivitas atau area strategis tertentu, seperti pekerjaan proyek, rapat staf, atau pertemuan dengan kolega dan pemangku kepentingan tertentu.

Apa itu Time Insights?

Photo Credit: Google Workspace Updates

Ketika menggunakan Google Calendar di akun kantor atau sekolah, Anda dapat menggunakan “Time Insights” untuk mengetahui cara Anda menghabiskan waktu dalam rapat. Jika Anda tidak melihat opsi Time Insights, hubungi administrator untuk aktivasi fitur.

Cara mengaktifkan Time Insights

Fitur Time Insights yang ada di Google Calendar telah disetel aktif secara default. Time Insights dapat dinonaktifkan di level domain atau organizational unit (OU). Untuk panduan lengkap mengenai pengaturan Time Insights, administrator dapat menyimak dokumentasi resmi dari Google Workspace di sini.

Baca juga: Upgrade Otorisasi OAuth 2.0 agar Calendar Interop Tetap Berjalan

Sedangkan untuk end-user, fitur bisa langsung digunakan setelah administrator melakukan aktivasi. Untuk membuat label warna baru pada panel Time Insights, pergi ke menu Time breakdown, kemudian klik By color dan pilih Add a Label”. 

Namun jika Anda ingin menambahkan label warna untuk sebuah event, klik kanan pada event yang ada di grid Calendar Anda. Bisa juga dengan klik menu Edit dan pilih “change the event color”.  Untuk melihat Time Insights Anda, klik Time Insights yang terdapat di panel sebelah kiri. Kemudian klik pada opsi “More insights”. 

Photo Credit: Google Workspace Updates

Ketersediaan fitur

Fitur Time Insights dengan kategorisasi warna ini dirilis dalam dua domain, yakni domain rilis cepat dan domain rilis terjadwal. Perilisan di kedua domain dilakukan secara bertahap. Untuk domain rilis cepat dimulai pada tanggal 16 Agustus 2022 (membutuhkan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur secara menyeluruh). Sementara untuk domain rilis terjadwal dimulai pada tanggal 30 Agustus 2022 (membutuhkan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur secara menyeluruh).

Baca juga: Cara Menampilkan Lokasi Kerja Anda di Google Calendar

Fitur Time Insights tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, dan juga Nonprofits. Namun fitur ini tidak tersedia bagi pelanggan Google Workspace Essentials, Business Starter, Enterprise Essentials, Education Fundamentals, Education Standard, the Teaching and Learning Upgrade, and Frontline, termasuk paket berlangganan G Suite Basic dan G Suite Business. Fitur Time Insights hingga kini juga belum tersedia bagi pemilik Google Accounts pribadi.

Baca juga: Berbagi Janji Temu di Google Calendar Kini Lebih Mudah, Bagaimana Caranya?

Time Insights memungkinkan Anda untuk melacak alokasi waktu dengan detail. Fitur ini tersedia di bagi pengguna Google Workspace yang berlangganan paket tertentu dan bisa diaktifkan/nonaktifkan kapan saja sesuai kebutuhan.

Calendar yang telah dilengkapi dengan dukungan Time Insights telah tersedia dalam paket Google Workspace for Business dari EIKON Technology. Sebagai authorized reseller, EIKON Technology hanya menawarkan produk resmi dari Google. Di samping itu, kami juga menawarkan layanan konsultasi komprehensif, mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments