Percepat Produktivitas Pengembang Anda dengan Query Library

Beberapa waktu lalu, Google Cloud memperkenalkan Cloud Logging. Layanan tersebut hadir untuk membantu meningkatkan produktivitas developer program. Pendekatannya adalah dengan menyederhanakan proses pemecahan masalah.

Jika diperhatikan, waktu yang dihabiskan untuk menulis dan menganalisis kueri, kemudian mendeteksi letak kesalahannya bisa sangat memengaruhi produktivitas developer. Padahal, baik memecahkan masalah, menganalisis log, ketepatan dan kecepatan sangatlah penting.

Berangkat dari pengalaman tersebut, Google Cloud baru-baru ini memperkenalkan Query Library dan beberapa fitur tambahan lainnya untuk membuat kueri log Anda menjadi lebih mudah. Layanan yang hadir di Cloud Logging ini akan mempermudah pencarian log lebih cepat meski hanya dengan menggunakan kueri umum.

Buat kueri lebih cepat dengan template yang tersedia

Fitur pencarian teks dan drop-down yang baru diperkenalkan dirancang untuk membuat kueri dengan sangat mudah, hanya dengan beberapa klik mouse saja. Fitur-fitur ini secara otomatis menghasilkan bahasa kueri Logging yang Anda butuhkan. Query Library memperluas proses yang simpel ini dengan template untuk kueri GCP umum.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Perlu diingat, Query Library terletak di bilah pembuat kueri di sebelah Suggested queries. Untuk membantu menemukan kueri yang paling relevan, Anda bisa mengikuti petunjuk berikut:

  • Query categories: Setiap kueri dipecah menjadi kategori yang dapat digunakan untuk mempersempit pencarian kueri yang relevan dengan mudah.
  • Query occurrences: Untuk membantu Anda memilih kueri yang memiliki hasil paling optimal. Grafik mini akan ditampilkan untuk kueri yang memiliki log di proyek Anda.
  • Query details: Setiap kueri memiliki deskripsi bersama dengan Logging query.

Photo Credit: Google Cloud Blog

  • Run/Stream: Jalankan kueri atau mulai streaming log langsung dari library.
  • Save: Simpan kueri dalam daftar kueri tersimpan Anda.

Baca juga: Mengenal Keamanan Jaringan dan Aplikasi di Ekosistem Google Cloud

Beberapa fitur pendukung lainnya

Selain fitur yang telah disebutkan di atas, Cloud Logging juga memperkenalkan beberapa fitur lainnya. Salah satu fitur unggulan adalah pembaruan Logs Explorer yang akan memudahkan Anda dalam membuat kueri. Pembaruan ini menghadirkan beberapa kemudahan seperti:

  • Simple text search: Kotak pencarian teks sederhana baru untuk pencarian teks global.
  • Advanced query: Sebuah toggle baru untuk menampilkan atau menyembunyikan bahasa kueri Logging untuk kueri.
  • Date/time picker: Pemilih rentang waktu, kini menjadi bagian dari query builder.
  • Date/time preferences: Tampilan tanggal/waktu sekarang mengikuti preferensi tanggal/waktu yang ditetapkan di pengaturan Cloud Console.

Baca juga: 3 Fitur Rahasia BigQuery untuk Kelola Data Lebih Baik

  • Dropdown selectors: Menampilkan dengan jelas resource, logName, serta tingkat keparahan. Untuk melihat informasi yang dibutuhkan, cukup klik menu dropdown yang tersedia.
  • Dropdown selector state: Mempertahankan status di kotak pencarian resources, logName, tingkat keparahan, dan teks bebas, baik untuk membuat kueri melalui menu dropdown atau dengan menyunting bahasa kueri Logging.
  • Default summary fields: Opsi baru yang disediakan untuk menonaktifkan bidang ringkasan default. Dengan begitu, Anda bisa mendapat tampilan log yang lebih mendasar.

Hadirnya layanan baru Query Library ini akan memudahkan Anda dalam membuat kueri baru. Terlebih, telah disediakan template yang berbasis kebutuhan pengguna. Jadi, Anda hanya perlu melakukan sedikit modifikasi untuk membangung kueri baru.

Baca juga: Tips Gunakan Google Cloud Search Query API untuk Menyempurnakan Hasil Cloud Search

Google Cloud memang terus berinovasi untuk menghadirkan layanan terbaik yang memudahkan penggunanya, termasuk dalam hal pengembangan program. Apakah Anda juga bergerak dalam bidang pengembangan program dan sedang membutuhkan solusi komputasi awan yang komprehensif? Google Cloud adalah jawabannya. Anda bisa mendapatkan Google Cloud untuk penggunaan skala besar di perusahaan melalui EIKON Technology, authorized partner Google untuk Indonesia. Kami menjamin semua produk yang ditawarkan adalah produk resmi dan berlisensi. Tertarik? Hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments