Cara Menunda Notifikasi Monitoring Melalui Cloud Alerting Google Cloud

Ada kalanya, tim developer Anda ingin menunda peringatan pengembangan program. Misalnya, ketika mereka sedang berada di luar jam kerja atau sedang mengambil cuti. Contoh skenario lainnya adalah Anda perlu secara proaktif mencegah pembuatan peringatan pada periode pemeliharaan program yang akan datang. Layanan Cloud Alerting yang ada di rangkaian operasi Google Cloud kini mendukung kapabilitas untuk menunda kebijakan notifikasi untuk jangka waktu tertentu. Bagaimana cara mengaktifkannya?

Opsi tunda notifikasi di Cloud Monitoring Google Cloud

Dengan pembaruan layanan Cloud Alerting di rangkaian operasi Google Cloud, kini Anda dapat menunda kebijakan notifikasi untuk jangka waktu tertentu. Anda dapat membuat penundaan yang disebut dengan istilah “Snooze”. Menariknya, Snooze ini dapat diatur dengan kebijakan peringatan khusus dan jangka waktu sesuai kebutuhan.

Selama jangka waktu yang ditentukan tersebut, jika kebijakan peringatan dilanggar, tidak akan muncul notifikasi atau pemberitahuan yang dibuat. Namun ketika waktu yang ditetapkan berakhir maka notifikasi pun akan kembali seperti biasa.

Baca juga: Temukan Log Lebih Cepat dengan Update Logs Explorer Google Cloud Console

Cara menunda notifikasi Cloud Monitoring

Tim Anda dapat menggunakan fitur ini dalam berbagai cara. Salah satu contohnya adalah menghindari halaman untuk lingkungan non-produksi selama akhir pekan. Cara lain adalah dengan merencanakan periode pemeliharaan atau cutover. Anda juga dapat menghentikan notifikasi yang bising selama proses penyelesaian masalah.

Baca juga: Mengenal Keamanan Jaringan dan Aplikasi di Ekosistem Google Cloud

Untuk membuat Snooze, buka menu Monitoring kemudian pilih opsi Alerting. Lihat tabel baru dengan tanda Snooze dan klik Create snooze. Anda bisa memberi nama Snooze, jangka waktu, dan pilih Alert Policies yang diinginkan. Setelah Anda selesai memilih kriteria sesuai kebutuhan, tabel akan mencantumkan Incidents terbaru yang cocok dengan kriteria tersebut. Peristiwa semacam ini tidak akan menimbulkan peringatan saat snooze aktif.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Pada halaman yang sama Anda dapat melihat visualisasi timeline dari semua Snooze yang sudah lewat, sedang berjalan, dan yang akan datang. Jika ingin menyesuaikan durasi, Anda dapat kembali ke halam sebelumnya dan mengedit detail yang dibutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai hal ini, Google Cloud telah menyediakan dokumentasi yang bisa Anda akses di sini.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Kapabilitas baru ini masih terus dikembangkan. Ke depannya, Google Cloud berencana untuk memperluas kapabilitas tersebut untuk memungkinkan penundaan notifikasi menurut label. Anda dapat menetapkan Snooze berdasarkan resources, metrik, dan bahkan label khusus yang masih berkaitan. Dengan begitu, Anda dapat menunda semua kebijakan peringatan di lingkungan, zona, atau tim tertentu. Fungsionalitas ini akan diperluas untuk didukung di API, yang akan memudahkan Anda membuat Snooze secara terprogram untuk kondisi yang berlangsung secara teratur seperti mekanisme pemeliharaan program.

Baca juga: 3 Fitur Security and Compliance Di Google Cloud Logging yang Wajib Anda Ketahui

Hadirnya kapabilitas Snooze di Cloud Alerting yang berjalan di rangkaian operasi Google Cloud ini memungkinkan Anda untuk bisa menunda notifikasi atau pemberitahuan yang muncul sesuai kebutuhan. Dengan begitu, developer program Anda tidak akan merasa terganggu saat menghabiskan waktu luang atau ketika mekanisme pemeliharaan sedang berlangsung.

Google Cloud memang menyediakan solusi komputasi awan yang menyeluruh dan tidak hanya terbatas pada penyimpanan saja sehingga cocok untuk mendukung kebutuhan pengembangan program. Apakah saat ini Anda sedang mengembangkan program namun belum menemukan solusi komputasi awan yang cocok? Google Cloud bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. Segera dapatkan solusi komputasi awan Google Cloud melalui EIKON Technology, authorized reseller untuk produk-produk Google di Indonesia. Untuk informasi selengkapnya mengenai pemesanan, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments