Apa Itu Metrik Bidang Kontrol Kubernetes yang Baru Diluncurkan di GKE?

Salah satu aspek penting dalam pengoperasian aplikasi apa pun adalah kapabilitas untuk mengamati kinerja aplikasi tersebut serta infrastruktur yang mendasarinya dalam menyelesaikan masalah dengan cepat. Google Kubernetes Engine (GKE) telah menyediakan log audit, log operasional, metrik, serta pelaporan kesalahan otomatis untuk menjalankan aplikasi andal dalam skala besar.

Selain resources yang sudah ada ini, GKE memperkenalkan metrik bidang kontrol Kubernetes, yang kini tersedia untuk umum. Metrik ini akan membantu Anda ketika memecahkan masalah dengan memberikan akses ke metrik tertentu yang ditampilkan oleh bidang kontrol Kubernetes.

Apa itu metrik bidang kontrol Kubernetes?

Metrik bidang kontrol ini terintegrasi langsung dengan Cloud Monitoring, sehingga Anda tidak perlu mengelola pengumpulan metrik atau konfigurasi scrape. Misalnya, untuk memahami kesehatan server API, Anda dapat menggunakan metrik seperti apiserver_request_total dan apiserver_request_duration_seconds untuk melacak beban yang dialami server API, fraksi permintaan server API yang mengembalikan kesalahan, dan latensi respons untuk permintaan yang diterima oleh server API.

Baca juga: Memahami Jaringan Dasar Google Kubernetes Engine

Ditampilkan dengan konteks

GKE juga mengumumkan bahwa metrik baru ini ditampilkan di bagian Kubernetes Engine di Cloud Console untuk memudahkan Anda dalam mengidentifikasi dan menyelidiki masalah dengan konteks saat sedang mengelola klaster GKE.

Untuk melihat metrik bidang kontrol ini, buka bagian klaster Kubernetes di Cloud Console, klik tabObservability” dan pilih “Control plane”.

Photo Credit: Google Cloud Blog

semua metrik bidang kontrol Kubernetes telah terintegrasi dengan Cloud Monitoring. Dengan begitu, Anda dapat membuat alerting policies di Cloud Alerting. Anda akan segera menerima notifikasi jika terdapat suatu hal yang tak biasa.

Kompatibel dengan PromQL

Saat Anda mengaktifkan metrik bidang kontrol Kubernetes pada klaster GKE, semua metrik dikumpulkan menggunakan Google Cloud Managed Service for Prometheus. Itu berarti metrik dikirim ke Cloud Monitoring dalam project GCP yang sama dengan klaster Kubernetes Anda dan dapat dikueri menggunakan PromQL melalui Cloud Monitoring API dan Metrics explorer.

Misalnya, Anda dapat memantau lonjakan apa pun dalam latensi respons server API persentil ke-99 menggunakan kueri PromQL ini:

  sum by (instance, verb) (histogram_quantile(0.99, rate(apiserver_request_duration_seconds_bucket{cluster=”cluster-name”}[5m])))

Dukungan pihak ketiga

Jika Anda memantau klaster GKE menggunakan alat observabilitas pihak ketiga yang populer, alat observabilitas pihak ketiga mana pun dapat menyerap metrik bidang kontrol Kubernetes ini menggunakan Cloud Monitoring API.

Misalnya, jika Anda adalah pelanggan Datadog dan telah mengaktifkan metrik bidang kontrol Kubernetes untuk klaster GKE, maka Datadog dapat memberikan visualisasi yang menyertakan metrik bidang kontrol Kubernetes dari server API, penjadwal, dan controller manager.

Harga

Semua metrik bidang kontrol Kubernetes dikenakan harga standar untuk metrik yang diserap dari Google Cloud Managed Service for Prometheus.

Baca juga: Cost Estimator: Fitur Baru GKE Untuk Perkiraan Biaya yang Lebih Akurat

Mulai menggunakan metrik bidang kontrol Kubernetes

Klaster GKE yang menjalankan metrik bidang kontrol versi 1.23.6 atau yang lebih baru kini dapat mengakses metrik dari server Kubernetes API, Scheduler, dan Controller Manager. Metrik bidang kontrol Kubernetes tidak tersedia untuk cluster GKE Autopilot.

Perintah gcloud berikut akan memperbarui klaster untuk mengaktifkan pengumpulan metrik dari server API, Scheduler, dan Controller Manager:

  gcloud container clusters update [CLUSTER_ID] \

  –zone=[ZONE] \

  –project=[PROJECT_ID] \

  –monitoring=SYSTEM,API_SERVER,SCHEDULER,CONTROLLER_MANAGER

Baca juga: Update Fitur Google Cloud Deploy: Pemanfaatan di Lingkungan GKE Makin Mudah?

Google Kubernetes Engine menyediakan lingkungan terkelola untuk menerapkan, mengelola, dan menskalakan aplikasi dalam container menggunakan infrastruktur Google. Pembaruan metrik ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan yang lebih kompleks, namun tetap dengan besaran biaya yang sama.

Agar layanan ini dapat bekerja dengan optimal, manfaatkan solusi komputasi awan Google Cloud yang menawarkan fasilitas lengkap, infrastruktur aman, dan tentunya dapat diterapkan pada penggunaan skala besar. Dapatkan solusi Google Cloud melalui EIKON Technology, distributor resmi produk-produk Google untuk Indonesia. Informasi selengkapnya mengenai implementasi, bisa Anda simak di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments