Google Cloud Backup and DR, Apa Keunggulannya?

Backup atau pencadangan merupakan aspek mendasar dalam perlindungan aplikasi. Oleh karenanya, kebutuhan akan layanan backup terpusat yang terintegrasi dengan mulus sangat penting sangat penting saat Anda harus memastikan ketahanan dan pemulihan data yang dihasilkan oleh layanan Google Cloud atau infrastruktur lokal.

Kemampuan pencadangan yang komprehensif harus memiliki karakteristik berikut: memiliki manajemen yang terpusat di seluruh beban kerja, menggunakan penyimpanan dengan efisien demi meminimalkan biaya, serta waktu pemulihan yang minimal.

Untuk memenuhi persyaratan ini secara efektif, penyedia layanan pencadangan harus memberikan efisiensi pada tingkat beban kerja, sekaligus mendukung beragam spektrum lingkungan pelanggan, aplikasi, dan kasus penggunaan. Berangkat dari situ, dirilislah Google Cloud Backup dan DR yang memungkinkan pengelolaan pencadangan terpusat langsung dari Google Cloud Console.

Optimalkan rencana pencadangan Anda

Dengan Google Cloud Backup dan DR, administrator dapat secara efektif mengelola cadangan yang mencakup beberapa beban kerja sekaligus. Admin dapat membuat cadangan aplikasi dan crash-consistent untuk VM di Compute Engine, VMware Engine atau VMware lokal, database (seperti SAP, MySQL, dan SQL Server), dan sistem file. Memiliki visibilitas menyeluruh tentang backup di berbagai beban kerja berarti Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk pengelolaan dan dapat memastikan bahwa cakupan perlindungan data akan tetap konsisten.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Menariknya lagi, Google Cloud Backup and DR menyimpan data cadangan dalam format aslinya yang dapat dibaca aplikasi. Alhasil, data cadangan untuk banyak beban kerja bisa diambil langsung dari penyimpanan cadangan jangka panjang (misalnya, memanfaatkan Cloud Storage yang hemat biaya), tanpa perlu pemindahan atau terjemahan data yang memakan waktu. Ini mempercepat pemulihan file penting dan mendukung dimulainya kembali operasi bisnis vital dengan cepat.

Baca juga: Aplikasi Backup Data Cloud Backupify Juga Bisa untuk Media Sosial Anda

Memastikan biaya seminimal mungkin

Google Cloud Backup and DR juga mengupayakan TCO atau total cost of ownership yang seminimal mungkin untuk cadangan Anda. Layanan ini telah menerapkan teknologi penyimpanan “incremental forever” yang hemat ruang untuk memastikan bahwa Anda hanya membayar sesuai kebutuhan.

Dengan teknologi ini, setelah Google Cloud Backup dan DR melakukan pencadangan awal, pencadangan berikutnya hanya menyimpan data yang terkait dengan perubahan yang terkait dengan pencadangan sebelumnya. Hal ini memungkinkan pencadangan ditangkap lebih cepat dan mengurangi bandwidth jaringan yang diperlukan untuk mengirimkan data terkait.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Selain itu, terdapat fleksibilitas bawaan agar Anda dapat mencapai keseimbangan yang diinginkan antara biaya penyimpanan dan waktu penyimpanan data. Misalnya, saat memilih untuk menyimpan cadangan di Google Cloud Storage, Anda dapat memilih kelas Cloud Storage yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Menyederhanakan Disaster Recovery dengan Cloud Spanner

Mulai menerapkan solusi pencadangan Google Cloud Backup and DR

Google Cloud Backup and DR merupakan cerminan dari komitmen Google dalam menghadirkan infrastruktur cloud yang lebih mudah dikelola, lebih cepat, dan lebih murah, sekaligus membantu Anda membangun bisnis yang lebih tangguh. Dengan memusatkan administrasi pencadangan dan menerapkan penyimpanan mutakhir dan teknologi manajemen data, solusi ini telah menghilangkan banyak kerumitan, waktu, dan biaya yang biasanya terkait dengan perlindungan data perusahaan.

Baca juga: Meningkatkan Kecepatan dan Keamanan Cloud Deployment Anda

Google Cloud Backup and DR kini telah tersedia di Google Cloud Console. Sebagai promo peluncuran, Google menawarkan kredit Google Cloud gratis senilai US$300 yang bisa Anda gunakan untuk mencoba Google Cloud Backup and DR. Promo ini dimulai akhir September 2022.  Segera nikmati manfaat pencadangan dan pemulihan yang terintegrasi dengan cloud ini!

Selain solusi pencadangan ini, Google Cloud juga telah menghadirkan berbagai fitur, layanan, dan solusi untuk mendukung kebutuhan bisnis. Kembangkan bisnis Anda dengan Google Cloud yang bisa didapatkan melalui EIKON Technology, authorized reseller untuk produk-produk Google di Indonesia. Untuk mulai konsultasi mengenai penerapan Google Cloud, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments