Tingkatkan Hasil Pencarian Cloud Search API dengan Personalization Boost dan Click Boost

Cloud Search API Google menyediakan kemampuan penelusuran berbasis cloud dengan data Google Workspace. Ini memungkinkan pengindeksan data non-Google Workspace ke Cloud Search. Dengan dukungan API dan SDK, Cloud Search memiliki jangkauan yang lebih luas ke data yang disimpan di repositori pihak ketiga.

Di Cloud Search API, developer dapat menggunakan library klien yang disediakan oleh Google maupun library mereka sendiri untuk menggunakan layanan. Semua dokumentasi dan informasi penggunaan dapat ditemukan di GitHub. Ini merupakan REST API paling cocok untuk developer yang tidak melakukan pemrograman di Java.

Peningkatan kemampuan pencarian Cloud Search API

Pada update terbarunya, Cloud Search API meningkatkan kemampuan pencarian. Untuk membantu developer menemukan dokumen yang dibutuhkan lebih cepat, Cloud Search memperkenalkan kapabilitas personalization boost dan click boost. Kedua boost tersebut akan menyesuaikan hasil pencarian berdasarkan cara pengguna berinteraksi dengan hasil pencarian. Misalnya, dokumen yang pernah diklik oleh pengguna sebelumnya atau diklik oleh pengguna lain untuk kueri serupa, akan memiliki peringkat hasil pencarian yang lebih tinggi.

Baca juga: Sempurnakan Hasil Penelusuran di Google Chat Lebih Cepat dengan Search Chips

Mulai menggunakan boost

Photo Credit: luis_molinero (Freepik)

Kapabilitas personalization boost dan click boost akan muncul secara default di Cloud Search API setelah pembaruan. Administrator cukup melakukan konfigurasi bagi end-user untuk memulai penggunaan. Setelah konfigurasi dari administrator selesai, end user bisa langsung melakukan pencarian dengan hasil yang lebih terpersonalisasi dan relevan.

Personalization boost Cloud Search API bekerja dengan mengumpulkan data mengenai jumlah klik pada hasil pencarian saat ini dan menggunakannya untuk meningkatkan peringkat pencarian pada masa mendatang dengan meningkatkan item yang diklik sebelumnya oleh pengguna yang sama.

Agar personalization boost dapat bekerja optimal, jangan ubah URL yang dikembalikan dalam hasil pencarian. Sebab, data tersebut akan digunakan untuk mengumpulkan klik yang berperan penting dalam meningkatkan peringkat melalui klik pengguna.

Baca juga: Penyempurnaan Facet Google Cloud Search, Seperti Apa?

Sementara itu, click boost bekerja dengan mengumpulkan klik pada hasil pencarian saat ini dan menggunakannya untuk meningkatkan peringkat pencarian di masa mendatang dengan meningkatkan item populer untuk permintaan pencarian tertentu.

Agar click boost dapat bekerja optimal, jangan ubah URL yang dikembalikan dalam hasil pencarian. Sebab, data tersebut akan digunakan untuk mengumpulkan klik yang berperan penting dalam menentukan popularitas item.

Setelan peningkatan kualitas penelusuran lain yang disarankan

Photo Credit: Freepik

Selain menggunakan personalization boost dan click boost, Cloud Search API juga menyediakan pengaturan kualitas pencarian lain untuk membantu Anda mendapatkan manfaat maksimal dari model pemeringkatan Cloud Search. Berikut adalah semua pengaturan kualitas pencarian yang direkomendasikan dan opsional:

SettingLocationRecommended/optional
Schema settings
ItemContent fieldItemContentRecommended
RetrievalImportance fieldRetrievalImportanceRecommended
FreshnessOptionsFreshnessOptionsOptional
Indexing settings
createTime/updateTimeItemMetadataRecommended
contentLanguageItemMetadataRecommended
owners fieldItemAcl()Recommended
Custom synonyms_dictionaryEntry schemaRecommended
quality fieldSearchQualityMetadataOptional
item-level interaction datainteractionOptional
integer/enum propertiesOrderedRankingOptional
Search application settings
Personalization=falseScoringConfig or using CloudSearch admin UIRecommended
SourceImportance fieldSourceCrowdingConfigOptional
numResults fieldSourceCrowdingConfigOptional

 

Ketersediaan

Baik kapabilitas personalization boost maupun click boost tersedia bagi seluruh pelanggan Google Cloud Search. Kapabilitas baru ini akan muncul secara otomatis setelah update Cloud Search API pada tanggal 10 April 2023.

Baca juga: Alasan Mengapa Perusahaan Retail Sebaiknya Beralih ke Google Cloud Retail Search

Peningkatan kapabilitas Cloud Search API Google ini memungkinkan Anda untuk lebih cepat menemukan hasil pencarian yang akurat dan relevan. Tanpa pengaturan tambahan, kapabilitas tersedia secara otomatis setelah update selesai.

Untuk bisa menggunakan Cloud Search API, Anda hanya perlu berlangganan Google Cloud melalui mitra resmi Google seperti EIKON Technology. Tidak hanya menyediakan solusi komputasi awan Google Cloud, kami juga siap membantu Anda dalam implementasi solusi sesuai dengan kebutuhan. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments