Google Chat Luncurkan Konfigurasi Announcement-only untuk Space Manager, Apa Fungsinya

Google Chat memiliki fitur Space yang memungkinkan Anda untuk dapat berkomunikasi dengan satu atau banyak orang sekaligus. Di Space, Anda dapat membagikan file dan bahkan menetapkan tugas kepada rekan kerja.

Baru-baru ini, Google Chat mengumumkan kapabilitas baru di Space. Nantinya, Space Manager atau pihak yang ditunjuk untuk mengelola Space, diberi kapabilitas konfigurasi Space untuk berbagi pengumuman organisasi. Bagaimana cara kerjanya?

Update konfigurasi Space Manager Google Chat

Photo Credit: Google Workspace Updates

April 2023 ini, Google Chat secara resmi mengumumkan kapabilitas baru bagi Space Maanger untuk memastikan percakapan yang efektif dalam Google Chat. Untuk mengembangkan fitur tersebut, Google Chat menghadirkan konfigurasi announcement-only. Dengan konfigurasi baru ini, opsi pengiriman pesan dan kapabilitas lain akan dibatasi sesuai pengaturan Space Manager. Ini termasuk kapabilitas untuk:

  • Membuat Space dengan pengaturan posting terbatas;
  • Membuat postingan baru;
  • Membalas utasan pesan;
  • Menambahkan file;
  • Menunjuk anggota lain sebagai Space Manager;
  • Mengubah pengaturan Space.

Untuk mengaktifkan konfigurasi announcement-only ini, Anda cukup mengeklik opsi “Only Space Managers can post” yang tersedia di halaman pengaturan. Namun, Space Manager yang sudah ditunjuk dapat menugaskan peran Space Manager kepada anggota lainnya setiap saat. Dengan begitu, anggota Space bisa tetap aktif memosting pesan dan melakukan tugas lain meski Space Manager awal sedang tidak terlibat dalam percakapan.

Konfigurasi baru ini akan membantu Space Manager mengelola Space secara efektif. Dengan mengaktifkan konfigurasi announcement-only, maka isi Space akan tetap terkurasi secara rapi dan tidak sekadar menjadi ruang percakapan tanpa arah.

Baca juga: Peningkatan Kapabilitas Space Manager Google Chat

Cara mengaktifkan konfigurasi announcement-only

Photo Credit: Google Workspace Updates

Konfigurasi announcement-only ini bisa langsung digunakan oleh Space Manager tanpa harus menunggu kontrol dari administrator terlebih dahulu. Saat membuat Space baru, Anda cukup memilih opsi “Only Space Manager can post” untuk mengaktifkan konfigurasi tersebut. Agar penggunaan Space tetap efektif, Anda bisa mengikuti rekomendasi pengaturan berikut ini:

  • Aktifkan history secara default agar anggota Space dapat merujuk pada diskusi yang sudah terjadi. Saat history dinonaktifkan, percakapan kemungkinan akan hilang sebelum semua orang yang terlibat dapat melihatnya. Jika edisi Workspace Anda mengizinkannya, pertimbangkan untuk selalu mengaktifkan history.
  • Komunikasikan pedoman penggunaan kepada semua anggota sebelum bergabung ke Space. Dengan begitu, isi alur percakapan di dalam Space akan tetap terjaga.
  • Anda dapat mengimpor percakapan grup ke Space, namun ini hanya terbatas untuk grup dengan anggota yang kurang dari 100. Jika Anda ingin mengimpor grup dengan lebih dari 100 anggota, buatlah Space (aktifkan opsi discoverable agar Space dapat ditemukan), lalu kirimkan pesan kepada anggota grup dengan tautan untuk bergabung.

Baca juga: Pengaturan Ruang di Google Chat Menjadi In-Line Thread, Bagaimana Cara Kerjanya?

Ketersediaan

Konfigurasi terbaru Google Chat ini dirilis menyesuaikan versi, berikut detail lengkapnya:

  • Versi web

Untuk domain rilis cepat dilakukan perilisan bertahap mulai dari tanggal 17 April 2023 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Domain rilis terjadwal juga melalui perilisan bertahap yang dimulai dari tanggal 5 Mei 2023 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

  • Versi mobile

Domain rilis cepat dan domain rilis terjadwal melalui perilisan bertahap yang dimulai pada tanggal 1 Mei 2023 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

Konfigurasi ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk bagi mereka yang masih menggunakan rangkaian produktivitas G Suite Basic dan G Suite Business. Namun konfigurasi ini tidak tersedia bagi pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Sempurnakan Hasil Penelusuran di Google Chat Lebih Cepat dengan Search Chips

Konfigurasi announcement-only ini akan membantu Space Manager dalam mengelola Space Google Chat agar percakapan tetap berjalan dengan efektif. Anda bisa mulai menggunakannya dengan berlangganan Google Workspace yang telah tersedia di EIKON Technology. Sebagai official reseller Google Workspace, kami menyediakan produk resmi bergaransi serta implementasi yang menyeluruh. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments