Pengaturan Ruang di Google Chat Menjadi In-line Thread, Bagaimana Cara Kerjanya?

Bulan Oktober 2022 lalu, Google mengumumkan akan menyederhanakan cara mengatur percakapan di Google Chat. Tepat pada akhir Februari 2023, Google merilis pengaturan tersebut. Seperti apa pengaruhnya di Google Chat? Mari simak ulasannya berikut ini!

In-line thread Google Chat

Mulai 13 Maret 2023, semua ruang yang baru dibuat di Google Chat akan dirangkai secara in-line. Pengguna tidak lagi memiliki opsi untuk mengaturnya berdasarkan topik percakapan, tempat pesan dan balasan terkait dikelompokkan bersama di jendela percakapan utama. Ruang-ruang yang sudah diatur berdasarkan topik percakapan akan terus berfungsi seperti sekarang ini.

Baca juga: Bard: Teknologi Chatbot AI Google, Bakal Saingi ChatGPT?

Akhir tahun 2023 ini, ruang yang sudah diatur berdasarkan topik percakapan akan dimigrasikan ke pengalaman rangkaian pesan in-line yang baru. Informasi mengenai pembaruan ini nantinya akan diumumkan melalui blog Workspace Updates dan melalui email ke admin utama di domain Anda sebelum perubahan ini.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Perubahan dalam cara mengatur ruang Chat

Photo Credit: Google Workspace Updates

Adanya ruang di Google Chat dapat membantu Anda berkomunikasi dengan sekelompok orang tentang suatu topik, proyek, atau minat yang sama. Sebelumnya, terdapat dua opsi berbeda untuk mengatur ruang Chat. Namun terkadang kedua opsi tersebut justru membingungkan, alih-alih memudahkan pengguna.

Untuk menyederhanakan pengalaman pengguna sekaligus mempercepat pengembangan produk, maka kedua opsi tersebut diubah menjadi satu kesatuan menjadi in-line threading. Dengan in-line threading ini, Anda dapat membalas pesan apa pun dan membuat diskusi terpisah dari percakapan utama. In-line threading dapat membantu saat Anda ingin membalas pesan tertentu atau mendiskusikan suatu topik secara mendalam tanpa mengganggu alur percakapan utama.

Baca juga: Upgrade Pengelolaan Membership Spaces Google Chat, Apa yang Berubah?

Apa yang berubah?

Photo Credit: Google Workspace Updates

In-line thread di Space akan memudahkan Anda untuk:

  • Memindai dan memahami apa yang sedang dibahas di sebuah ruang.
  • Menelusuri semua topik melalui panel navigasi utas yang aktif.
  • Menemukan dan mengikuti topik serta percakapan yang paling relevan.

Semua ruang yang dibuat pada atau setelah tanggal 13 Maret 2023, akan diurutkan dalam thread. Mulai tanggal tersebut, opsi untuk “Organize the conversation by topic” tidak akan terlihat lagi saat pengguna membuat ruang baru. 

Mulai mengaktifkan fitur

Perubahan baru di Google Chat ini tidak memerlukan pengaturan apa pun, baik itu dari administrator maupun end-user. Itu berarti, tampilan dan pengaturan Chat akan berubah secara otomatis setelah tanggal 13 Maret 2023. Anda bisa mengunjungi halaman blog Google Workspace ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pengaturan Google Chat.

Pengaturan baru ini dirilis melalui domain rilis cepat dan domain rilis terjadwal. Perilisan dilakukan secara bertahap mulai dari tanggal 13 Maret 2023 (kemungkinan butuh waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

In-line threading Chat tersedia bagi seluruh pengguna Google Workspace, termasuk mereka yang masih berlangganan G Suite Basic dan G Suite Business. Namun penting untuk diingat, pengaturan ini tidak tersedia bagi pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Sempurnakan Hasil Penelusuran Di Google Chat Lebih Cepat Dengan Search Chips

Dengan pembaruan ini maka pengaturan ruang di Google Chat pun menjadi lebih simpel dan tak lagi membingungkan. Nah, untuk terus menikmati berbagai peningkatan kapabilitas Google Chat, jangan lupa untuk berlangganan Google Workspace melalui EIKON Technology. Kami menyediakan solusi menyeluruh untuk pemasangan Google Workspace, baik itu untuk perusahaan maupun institusi pendidikan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments