Perluasan Kapabilitas Noise Cancellation di Google Meet, Seperti Apa?

Untuk membatasi gangguan selama online meeting, Google Meet menawarkan peredam bising (noise cancellation) untuk menyaring kebisingan di latar belakang, seperti suara pintu tertutup atau suara dari lokasi konstruksi terdekat.

Pada tanggal 27 Februari 2023 lalu, Google Meet memperluas kapabilitas noise cancellation, memungkinkan pengguna meminimalkan gangguan suara saat melakukan online meeting. Seperti apa perubahannya?

Perluasan kapabilitas noise cancellation Google Meet

Untuk meminimalkan gangguan suara selama online meeting, Google Meet menghadirkan kapabilitas noise cancellation. Saat kapabilitas tersebut aktif, maka kebisingan yang ada di latar belakang pengguna pun dapat diredam. Per 27 Februari 2023, kapabilitas tersebut mengalami perluasan hingga menjadi:

  • Tersedia untuk pengguna dengan Google Account pribadi di lebih banyak jenis perangkat Android;
  • Tersedia untuk pelanggan Google Workspace Business Starter, dan Education Fundamentals;
  • Diaktifkan secara default untuk perangkat pihak ketiga yang terhubung ke Meet menggunakan Pexip.

Memperluas kapabilitas ini membantu pengguna Meet membuat panggilan menjadi lebih produktif dengan mengurangi gangguan di berbagai perangkat.

Baca juga: Perluasan Kapabilitas Google Meet dengan Dukungan Caption Terjemahan di Video

Mulai mengaktifkan noise cancellation

Photo Credit: rawpixel.com (Freepik)

  • Administrator

Sebagai administrator Workspace, Anda dapat menentukan apakah noise cancellation aktif atau nonaktif di awal setiap rapat. Pengguna masih dapat mengubah setelan untuk rapat individu. Berikut cara mengaktifkan dan menonaktifkan noise cancellation:

  1. Masuk ke konsol Google Admin Anda.
  2. Buka Menu > Devices > Google Meet hardware > Devices. Anda dapat menyaring perangkat menurut organizational unit (OU) atau kriteria lainnya sesuai kebutuhan.
  3. Klik perangkat yang ingin Anda kelola.
  4. Klik bagian Device settings untuk membuka pilihan yang tersedia.
  5. Klik Edit di sebelah Noise cancellation.
  6. Centang atau hapus centang pada kotak di samping opsi “Noise cancellation is on at the beginning of each call”.
  7. Klik Save.
  • End user
    • Untuk membantu membatasi gangguan dalam rapat, Anda dapat menyaring kebisingan latar belakang. Meet dapat menghilangkan kebisingan latar belakang seperti suara ketikan, menutup pintu, gema ruangan, atau suara dari lokasi konstruksi di sekitar.
    • Jika Anda bergabung menggunakan akun Workspace, edisi Workspace penyelenggara rapat akan menentukan status default. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur dari pengaturan.
    • Jika Anda bergabung ke rapat di perangkat Android dengan Google Account pribadi, noise cancellation akan nonaktif secara default.
    • Pengambilan audio dari berbagi layar tidak akan terpengaruh oleh noise cancellation. Namun suara dari TV atau suara orang yang berbicara pada saat bersamaan tidak akan difilter.
    • Disarankan untuk menonaktifkan noise cancellation jika terdapat elemen non-speech (seperti suara alat musik) dalam online meeting Anda agar suara tetap terdengar.
    • Meet menyesuaikan audio dengan volume yang nyaman agar semua orang terdengar.

Baca juga: Peningkatan Fitur Aksesibilitas Perangkat Google Meet Hardware

Ketersediaan fitur

Photo Credit: rawpixel.com (Freepik)

Perluasan kapabilitas noise cancellation Google Meet ini dirilis dalam format extended rollout, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Perilisan dimulai pada tanggal 27 Februari 2023 (kemungkinan akan memerlukan waktu hingga 15 hari untuk visibilitas fitur).

Baca juga: Google Meet Update: Lebih Mudah Bagikan Konten Presentasi dengan Semua Peserta

Dengan perluasan kapabilitas noise cancellation Google Meet ini, Anda dapat melakukan online meeting tanpa harus terganggu oleh suara bising. Perluasan sudah tersedia di Workspace dan bisa langsung digunakan dalam online meeting.

Kapabilitas ini dapat Anda nikmati dengan berlangganan paket Workspace for Business yang tersedia di EIKON Technology. Sebagai authorized partner Google, EIKON Technology menyediakan produk resmi berlisensi dengan proses implementasi yang menyeluruh. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments