Peningkatan Fitur Aksesibilitas Perangkat Google Meet Hardware

 Tahun 2021 lalu Google meluncurkan seri baru perangkat Google Meet hardware. Rangkaian perangkat tersebut diperkenalkan dengan nama Series One dan terdiri dari Desk 27, Board 65, serta Room Kit. Ketiganya hadir dengan kapabilitas yang berbeda-beda untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan pengguna Google Meet hardware.

Pada bulan Februari 2023 ini, dua dari perangkat Series One Google Meet hardware, yakni Desk 27 dan Board 65 mengalami peningkatan fitur. Seperti apa peningkatan tersebut? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Peningkatan fitur aksesibilitas Google Meet hardware

Sejak diperkenalkan kepada publik pada tahun 2021 lalu, rangkaian Series One Google Meet hardware terus mengalami pengembangan. Paling baru, Google meningkatkan fitur aksesibilitas pada dua perangkat Series One, yakni Desk 27 dan Board 65.

Pada dua perangkat tersebut kini tersedia tombol “Connect device” di halaman muka. Jadi, Anda bisa menghubungkan perangkat ke perangkat lain lebih cepat.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Peningkatan ini hadir untuk mendukung keunggulan perangkat Desk 27 dan Board 65 sebagai monitor utama saat dihubungkan dengan laptop. Menggunakan tombol “Connect device” pada halaman muka perangkat akan membantu Anda memanfaatkan keunggulan tersebut lebih cepat.

Selain itu, peningkatan ini sekaligus meningkatkan kemampuan dalam menemukan fitur, yang hanya dapat diakses melalui tombol fisik di bagian belakang perangkat Desk 27 dan Board 65.

Cara menampilkan tombol Connect device

Photo Credit: Google Meet Hardware

Untuk menampilkan tombol “Connect device”, Anda tidak perlu melakukan pengaturan tambahan apa pun. Fitur baru ini akan muncul secara otomatis setelah tanggal perilisan. Anda pun bisa langsung menggunakan fitur tanpa perlu mengubah setelan awal perangkat.

Baca juga: Mengulik Interoperabilitas Baru Google Meet dengan Zoom

Ketersediaan fitur

Tombol “Connect device” akan muncul setelah perilisan fitur. Penting untuk diingat, fitur baru ini dirilis melalui domain rilis cepat dan domain rilis terjadwal. Waktu perilisan untuk kedua domain sama, yakni mulai tanggal 14 Februari 2023. Perilisan dilakukan secara bertahap dan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur.

Fitur ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk bagi seluruh pelanggan G Suite Basic dan G Suite Business (rangkaian produktivitas pendahulu Google Workspace).

Baca juga: Dukungan Bahasa yang Diperluas untuk Caption Google Meet

Cara menggunakan Desk 27 sebagai monitor

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, fungsi utama perangkat Desk 27 adalah untuk dijadikan monitor utama saat dihubungkan dengan laptop. Saat terhubung, perangkat ini pun dapat digunakan untuk mengisi daya laptop Anda. Untuk menjadikan Desk 27 sebagai monitor tambahan laptop, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan kabel USB-C dari komputer Anda ke port USB-C di bagian belakang Desk 27.
  2. Di bagian belakang Desk 27, tekan tombol “Video output”.
  3. Desk 27 akan langsung menampilkan layar laptop Anda.

Penting untuk diingat, ketika Anda ingin menggunakan Desk 27 sebagai monitor utama, tutup laptop atau ubah pengaturan monitor komputer terlebih dulu. Jika Anda ingin berhenti menggunakan Desk 27 sebagai monitor, tekan tombol “Video output” sekali lagi.

Baca juga: Filter Google Meet Kini Hadir dengan Lebih Banyak Opsi, Bagaimana Cara Menggunakannya?

Hadirnya peningkatan fitur aksesibilitas Google Meet hardware ini diharapkan dapat memudahkan pengguna saat harus menghubungkan perangkat. Cukup dengan menekan satu tombol saja, hardware akan langsung terhubung dengan perangkat lain seperti laptop atau PC.

Fitur aksesibilitas ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace. Belum berlangganan? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan paket Workspace Business atau Workspace for Education melalui EIKON Technology, Google Workspace authorized reseller & partner Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments