Mengulik Interoperabilitas Baru Google Meet dengan Zoom

Tahun 2022 lalu, Google memperkenalkan interoperabilitas perangkat konferensi video untuk Google Meet dengan Zoom. Update terbaru ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk terhubung dan berkolaborasi dengan orang lain di luar ekosistem Google Meet.

Interoperabilitas Google Meet dan Zoom

Photo Credit: Google Workspace Updates

Update terbaru dari Google Meet ini memungkinkan Anda untuk dapat bergabung ke Zoom Meetings dari hardware Google Meet dan juga bergabung ke rapat virtual Google Meet dari Zoom Room.

Penting untuk diingat, interoperabilitas Zoom mendukung fitur inti konferensi video Meet. Beberapa fitur lanjutan, seperti polling, wired present, dan dual-screen support mungkin tidak tersedia saat Anda menggunakan hardware Google Meet untuk bergabung ke Zoom Meetings dan sebaliknya.

Baca juga: Dukungan Bahasa yang Diperluas untuk Caption Google Meet

Detail tambahan interoperabilitas

Penggunaan fitur interoperabilitas ini pada perangkat yang didukung tidak dikenakan biaya tambahan. Nantinya, fitur juga akan dilengkapi dengan kapabilitas untuk bergabung melalui kode rapat, termasuk kapabilitas untuk mengonfigurasi bergabung no-knock (lobby bypass) di kedua arah.

Interoperabilitas serupa sudah tersedia, menghubungkan Google Meet dan Cisco Webex di perangkat masing-masing platform. Di samping itu, Pexip juga tengah mengembangkan kapabilitas yang memungkinkan pengguna bergabung ke rapat Meet dari berbagai hardware konferensi video pihak ketiga, termasuk perangkat lama yang mungkin tidak mendukung interoperabilitas bawaan.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Slide di Meet, Ternyata Mudah!

Mulai menggunakan interoperabilitas

  • Interoperabilitas Zoom di hardware Google Meet

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

  • Administrator
    • Interoperabilitas Zoom di hardware Google Meet akan tersedia secara default dan dapat dinonaktifkan di konsol Workspace Admin tingkat OU (organizational unit) di Devices > Google Meet hardware > Settings > Device Settings > Built-in interoperability.
    • Perlu diingat, pengaturan admin ini dapat dikonfigurasi sebelum fitur mulai diluncurkan, sehingga Anda dapat menonaktifkannya sebelum 25 Januari 2023.
    • Untuk mengonfigurasi no-knock join untuk Zoom Meetings dari hardware Meet, buat token di Zoom Admin di Account Management > Account Settings > Meeting > Allow my organization’s 3rd party conference room systems to join my Zoom meetings as an authorized user and paste it in the Google Workspace Admin at Devices > Google Meet hardware > Settings > Service settings > Built-in interoperability direct access.
  • End user
    • Jika interoperabilitas diaktifkan oleh administrator, end user dapat bergabung ke rapat Zoom dari hardware Google Meet dengan:
      • Bergabung ke ad-hoc meeting Join or start a meeting” dan pilih Zoom yang ada di opsi dropdown.
      • Bergabung ke rapat terjadwal dengan menambahkan ruang virtual ke event dengan rapat Zoom.
    • Perlu diperhatikan, event yang berasal dari luar Google Calendar harus digandakan dan diisi dengan detail ruang secara manual atau dengan menyalin rincian bergabung Zoom ke kolom deskripsi acara Calendar. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai interoperabilitas Google Meet, Anda dapat mengunjungi dokumentasi berikut ini.
  • Interoperabilitas Meet di Zoom Rooms

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

  • Administrator
    • Interoperabilitas Meet di Zoom Rooms akan dinonaktifkan secara default dan dapat diaktifkan dari Zoom Admin, melalui Room Management > Zoom Rooms > Meeting > Support Google Meet web client meeting on Zoom Rooms.
    • Untuk mengonfigurasi no-knock join untuk rapat Meet dari Zoom Rooms, buat token di konsol Workspace Admin, melalui Apps > Google Workspace > Settings for Google Meet > Interoperability tokens dan salin ke kolom Zoom Admin di Google Meet Interop Token yang ada di Room Management > Zoom Rooms > Support Google Meet web client meeting on Zoom Rooms.
  • End user
    • Jika interoperabilitas diaktifkan oleh administrator, end user dapat bergabung ke rapat Zoom dari hardware Google Meet dengan:
      • Bergabung ke ad-hoc meeting dari Zoom Room Controller dengan memasukkan kode rapat Meet.
      • Bergabung ke rapat terjadwal dengan menambahkan ruang virtual ke event dengan detail Meet.

Baca juga: Laporan Work Insights untuk Google Chat dan Google Meet, Bagaimana Cara Kerjanya?

Peningkatan interoperabilitas dari hardware Meet ini diluncurkan secara bertahap mulai dari tanggal 19 Januari 2023. Hardware Meet resmi dan berlisensi Google bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology. Sebagai reseller dengan sertifikasi resmi Google, kami memastikan produk hardware Google Meet yang ditawarkan bisa digunakan secara optimal.

Di samping itu, EIKON Technology juga menawarkan Google Workspace for Business untuk mendukung kolaborasi kerja di perusahaan Anda. Untuk informasi lengkap mengenai rencana implementasi, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments