Google Meet Update: Lebih Mudah Bagikan Konten Presentasi dengan Semua Peserta

Pada tanggal 25 Januari 2023 lalu, muncul Google Meet update terbaru. Dalam update terbaru ini, Google menghadirkan dua penyempurnaan kapabilitas yang akan membuat berbagi file di Meet menjadi lebih mudah.

Pertama, pengguna kini dapat membagikan akses ke konten yang dipresentasikan dalam rapat dengan peserta. Kedua, setiap kali pengguna menempelkan tautan ke obrolan Meet, sistem akan memunculkan dialog akses file. Mari simak detail selengkapnya berikut ini.

Google Meet update, kini lebih mudah bagikan konten presentasi

Photo Credit: Google Workspace Updates

Pertama, pengguna kini dapat membagikan akses ke konten yang dipresentasikan dalam rapat dengan peserta, termasuk semua orang di dalam guest list Calendar, langsung dari aplikasi. Ketika melakukan presentasi, Anda dapat membagikan file dari menu floating action atau melalui saran di Meet Chat. Peserta rapat akan melihat pemberitahuan saat Anda membagikan file dan tautan ke file tersebut akan dibagikan secara otomatis di ruang obrolan Meet.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Kedua, setiap kali pengguna menempelkan tautan ke obrolan Meet, sistem akan memunculkan dialog akses file. Dari situ, pengguna dapat menyesuaikan akses sesuai kebutuhan dan memilih untuk melampirkan file ke event Calendar. Mari detail selengkapnya berikut ini.

Dengan mengizinkan berbagi langsung dari Meet, Anda dapat membagikan konten yang disajikan secara lancar, tanpa harus beralih ke jendela lain untuk memberikan akses. Ini memudahkan peserta rapat untuk mengikuti presentasi Anda, menemukan dan mereferensikan materi Anda nanti, dan terus mengerjakan tugas dari rapat.

Baca juga: Dukungan Bahasa yang Diperluas untuk Caption Google Meet

Mengaktifkan Google Meet update terbaru

Photo Credit: Google Workspace Updates

Google Meet update ini tidak memerlukan pengaturan tambahan dari administrator. Pasalnya, update akan muncul secara otomatis di halaman end-user setelah tanggal perlisan. Namun administrator dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini untuk seluruh organisasi. Pengguna dapat mengunjungi Help Center untuk mempelajari fitur baru ini lebih lanjut.

Mulai menggunakan fitur

  • Melakukan presentasi saat video meeting
  1. Masuk ke rapat video Meet yang Anda inginkan.
  2. Di bagian bawah, klik Present now.
  3. Pilih Your entire screen, A window, atau A tab.
    1. Jika Anda menampilkan tab Chrome, tab tersebut membagikan audio tab tersebut secara default.
    2. Untuk menyajikan tab lain, pilih tab yang ingin Anda sajikan, klik Share this tab instead.
    3. Jika ingin menyajikan presentasi Slide melalui tab, Anda dapat mengontrolnya di Meet.
  4. Klik Share.
  5. Opsional: Untuk melepaskan sematan presentasi Anda, klik Unpin.
  • Menghentikan presentasi saat video meeting
  1. Di jendela Meet, klik Stop Presenting.
  2. Di kanan bawah, klik You are presenting > Stop presenting.
  • Tips
    • Saat menggunakan Google Workspace, Anda dapat mengadakan video meeting besar jarak jauh.
    • Untuk pengguna seluler, saat ini Anda tidak dapat berbagi audio saat melakukan presentasi.
    • Jika kamera dihidupkan, video akan aktif saat Anda melakukan presentasi.
    • Untuk presentasi yang lebih baik dan untuk mencegah pencerminan, bagikan jendela baru atau tab tertentu, bukan jendela rapat.
    • Untuk berbagi audio, pilih Share a Chrome tab atau Share this tab.

Baca juga: Peningkatan Kualitas Virtual Meeting saat Bergabung dengan Virtual Machine

Ketersediaan fitur

Fitur baru Google Meet ini diluncurkan melalui domain rilis cepat dan domain rilis terjadwal. Untuk domain rilis cepat dilakukan peluncuran bertahap mulai tanggal 25 Januari 2023 (kemungkinan memerlukan waktu hingga 15 hari untuk visibilitas fitur). Kemudian untuk domain rilis terjadwal dilakukan peluncuran diperpanjang mulai tanggal 14 Februari 2023 (kemungkinan memerlukan waktu hingga 15 hari untuk visibilitas fitur).

Fitur ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk pelanggan G Suite Basic dan G Suite Business lama. Selain itu, fitur baru ini pun tersedia bagi pengguna dengan Google Account pribadi. Fitur akan muncul secara otomatis setelah tanggal perilisan. Dengan fitur ini, Anda dapat mempresentasikan seluruh layar atau jendela tertentu dalam rapat. Saat melakukan presentasi, Anda dapat berbagi informasi seperti dokumen, presentasi, dan spreadsheet.

Baca juga: Cara Membuat Transkripsi Panggilan Meet Menjadi File Documents Google

Hadirnya Google Meet update terbaru ini akan memudahkan Anda untuk membagikan konten yang dipresentasikan dalam video meeting. Fitur ini dapat Anda nikmati dengan berlangganan paket Workspace for Business yang tersedia di EIKON Technology. Sebagai authorized partner Google, EIKON Technology menyediakan produk resmi berlisensi dengan proses implementasi yang menyeluruh. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments