Peningkatan Kualitas Virtual Meeting Saat Bergabung dengan Virtual Machine

Jika Anda menggunakan Virtual Desktop Interface (VDI) seperti Citrix atau VMWare untuk bergabung ke panggilan virtual meeting Google Meet, maka akan terlihat peningkatan kualitas video dan audio.

Meet kini akan mendeteksi apakah Anda bergabung dari VDI dan kemudian secara otomatis menyesuaikan sistem agar memberikan performa terbaik. Pengoptimalan ini juga akan membantu mengurangi permintaan pada VDI Anda, seperti penggunaan CPU, GPU, dan memori, sekaligus meningkatkan kualitas rapat dan performa keseluruhan.

Cara melakukan update

Update terbaru yang ditawarkan Google Meet ini memungkinkan Anda untuk bergabung menggunakan virtual machine (VM) tanpa penurunan kualitas. Menariknya lagi, update ini juga hanya memerlukan pengaturan dari administrator untuk bisa digunakan.

Bagi administrator, pastikan Google Meet dapat mendeteksi bahwa ia berjalan di dalam VM dengan mengaktifkan kebijakan Enterprise Hardware Platform API di Chrome. Kunjungi halaman API dan Help Center untuk mempelajari lebih lanjut cara menetapkan kebijakan Chrome untuk pengguna atau browser dan menggunakan VDI dengan Google Meet.

Update ini tidak membutuhkan pengaturan tambahan dari end user. Google Meet akan langsung melakukan optimasi pengalaman Anda saat melakukan virtual meeting melalui VDI secara otomatis.

Baca juga: Update Google Meet Hardware: Lebih Banyak Opsi untuk Framing di Konsol Admin

Ketersediaan update

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

Update Google Meet untuk virtual meeting melalui VDI ini dirilis melalui domain rilis cepat dan domain rilis terjadwal. Untuk kedua domain, perilisan dilakukan secara bertahap, mulai dari tanggal 30 November 2022 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur). Perlu diingat, update ini tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace, termasuk mereka yang masih terdaftar dalam paket berlangganan G Suite Basic dan G Suite Business.

Baca juga: Laporan Work Insights untuk Google Chat dan Google Meet, Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara menyiapkan jaringan Anda untuk virtual meeting Google Meet

Untuk menghadirkan virtual meeting berkualitas tinggi, Anda perlu menyiapkan jaringan agar Meet dapat berkomunikasi secara efisien dengan infrastruktur Google. Anda harus:

  • Memastikan lalu lintas Meet memiliki jalur pendek ke internet.
  • Menghindari proxy, inspeksi paket, penganalisa protokol, dan kualitas layanan (QoS).
  • Mengukur dan mengoptimalkan latensi, bandwidth, dan jaringan WiFi Anda

Siapkan jaringan Anda

Photo Credit: Freepik

  • Langkah 1: Izinkan akses ke rentang alamat IP Google

Perbarui firewall Anda untuk mengizinkan lalu lintas media mengalir ke dan dari tempat Anda:

  • Untuk media (audio dan video), siapkan port UDP keluar 3478 dan 19302–19309. Jika Anda ingin membatasi jumlah port Chrome WebRTC yang digunakan, lihat setelan Port UDP WebRTC Chrome. Alternatifnya, batasi port tersebut melalui firewall Anda.
  • Untuk lalu lintas web dan autentikasi pengguna, gunakan UDP keluar dan port TCP 443.
  • Langkah 2: Izinkan akses ke pengidentifikasi uniform resource identifiers (URI)

Layanan inti Google memerlukan akses jaringan penuh. Jika ada kebijakan pembatasan atau pemfilteran untuk pengguna di jaringan Anda, berikan akses jaringan ke endpoint HTTPS.

  • Langkah 3: Izinkan akses ke rentang alamat IP Google

Izinkan akses ke rentang alamat IP untuk mengaktifkan lalu lintas media audio dan video. Jika tempat Anda hanya mendukung traffic Meet melalui port 443, tambahkan SNI Meet ke daftar yang diizinkan firewall atau proxy untuk mengaktifkan traffic audio dan video melalui TLS.

  • Langkah 4: Tinjau persyaratan bandwidth

Jaringan Anda harus memiliki bandwidth yang cukup untuk bisa memunculkan virtual meeting berkualitas HD, ditambah bandwidth tambahan untuk kebutuhan lain, seperti streaming langsung. jumlah peserta, berbagi layar, dan faktor lainnya juga mempengaruhi penggunaan bandwidth.

Jika jaringan Anda tidak memiliki bandwidth yang cukup, Meet akan menurunkan definisi video agar sesuai dengan batasan jaringan Anda. Jika jaringan Anda tidak memiliki bandwidth yang cukup untuk mendukung video, Meet akan menggunakan audio.

Baca juga: Mulai Meeting Lebih Cepat dengan Daftar Tamu dDi Google Meet PC

Google Meet PC hingga sekarang masih menjadi aplikasi andalan untuk melakukan virtual meeting. Hadirnya kapabilitas baru ini akan memudahkan Anda untuk bergabung dalam meeting melalui VM tanpa khawatir kualitas video berkurang.

Dapatkan Google Workspace for Business untuk mendukung produktivitas kerja Anda dalam skala besar hanya di EIKON Technology. Sebagai authorized reseller Google untuk Indonesia, EIKON Technology menyediakan produk-produk Google resmi beserta layanan konsultasi untuk pemasangan. Untuk langsung terhubung dengan tim EIKON Technology, klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments