Laporan Work Insights untuk Google Chat dan Google Meet, Bagaimana Cara Kerjanya?

 Sejak diperkenalkan pada tahun 2018 lalu, Work Insights telah membantu banyak perusahaan dalam mengelola ekosistem kerja mereka. Work Insights sendiri merupakan sebuah tool yang menyajikan wawasan berbasis data terkait penerapan Google Workspace. Insights yang ditampilkan meliputi pola kerja hingga hasil kolaborasi antar tim.

Dengan adanya upgrade dari Hangouts ke Google Chat untuk para pengguna Google Workspace, kini telah hadir Work Insights yang menyajikan laporan pemanfaatan Google Meet dan Google Chat. Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara kerjanya.

Mengenal apa itu Work Insights

Photo Credit: Work Insights Help

Work Insights adalah sebuah reporting tool untuk pemanfaatan Google Workspace yang memberi wawasan tentang dampak penerapan Google Workspace di lingkungan kerja Anda. Work Insights menyajikan laporan menggunakan diagram yang mudah dibaca, sehingga Anda dapat melihat metrik tentang adopsi, produktivitas, dan kolaborasi Google Workspace di perusahaan Anda.

Work Insights memungkinkan visibilitas yang optimal ke dalam perjalanan transformasi digital perusahaan Anda, sekaligus membantu meningkatkan kolaborasi, mendorong pertumbuhan, dan banyak lagi. Sekarang, Anda dapat terus menggunakan diagram dan metrik yang mudah dibaca dari Work Insights untuk menganalisis dampak penggunaan aplikasi Google Chat dan Meet di lingkungan kerja Anda.

Baca juga: Cara Menampilkan Metrik Pengguna Aktif Google Chat yang Lebih Detail

Detail tambahan

Photo Credit: Work Insights Help

Work Insights menyertakan fitur untuk membantu mengurangi berbagai masalah terkait privasi. Ini termasuk membatasi akses data, menggabungkan data aktivitas, menjaga agar ukuran tim tetap minimum, dan juga melindungi item pekerjaan pengguna agar tetap pribadi. Tidak ada aktivitas Google Workspace pengguna individu yang ditampilkan secara terpisah dari pengguna lain dalam Work Insights ini, termasuk untuk laporan mengenai pemanfaatan Google Chat dan Meet.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai keamanan data pribadi di Work Insights, silakan cek dokumentasi dari Google di sini.

Baca juga: Fitur Pencegahan Data Google Chat Sekarang Tersedia D\dalam Versi Open Beta

Mulai menggunakan Work Insights untuk Google Chat dan Meet

Penting untuk diketahui bahwa pengaturan Work Insights hanya bisa diakses oleh administrator yang mengelola ekosistem Google Workspace perusahaan Anda. Begitu pula untuk laporan yang menganalisis pemanfaatan Google Chat dan Meet.

Bagi para administrator, pengaturan laporan Work Insights untuk Google Chat dan Meet dapat diakses melalui dashboard ini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengaturan Work Insights, administrator bisa mengunjungi halaman bantuan ini. End-user tidak memerlukan pengaturan apa pun karena pada dasarnya pengelolaan laporan Work Insights hanya bisa diakses oleh administrator dan para pihak yang sudah ditunjuk oleh perusahaan.

Ketersediaan Work Insights

Work Insights untuk saat ini hanya tersedia bagi para pelanggan Google Workspace Enterprise Plus. Sayangnya, para pelanggan Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Education Fundamentals, Education Plus, Frontline, dan Nonprofits, begitu juga dengan rangkaian lama G Suite Basic dan G Suite Business, belum bisa menggunakan reporting tool ini.

Untuk laporan pemanfaatan Google Chat dan Meet tersedia mulai tanggal 1 September 2022, baik bagi domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Namun perlu diingat, perilisan ini bersifat bertahap sehingga memerlukan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur.

Baca juga: Mencoba Update Baru Google Chat Versi Web: Temukan Orang Lebih Mudah!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments