Update Google Meet Hardware: Lebih Banyak Opsi untuk Framing di Konsol Admin

Google Meet hardware baru-baru ini mengalami update terkait dengan kapabilitas framing atau pembingkaian. Dalam update tersebut, tersedia beberapa perubahan, seperti peningkatan kemampuan untuk menemukan fitur “Frame people” dan peningkatan stabilitas keseluruhan pengalaman framing bagi pengguna.

Sambil terus mengembangkan kapabilitas framing dan menyempurnakan Google Meet hardware, konsol Admin pun akan diperbarui sebagai penyesuaian. Selama beberapa waktu, Google akan mengganti pengaturan framing yang berlaku saat ini dengan opsi untuk mengatur default framing berdasarkan kemampuan kamera perangkat (seperti opsi untuk membingkai orang secara default, membingkai speaker, atau membingkai grup yang akan hadir sebagai update di masa mendatang). Hal ini membantu memastikan bahwa setiap perangkat hardware Meet menggunakan setelan yang paling sesuai untuk ruangan dan peserta.

Mulai menambahkan opsi framing di konsol Admin

Untuk menambahkan opsi framing baru ini pada Google Meet hardware di lingkungan kerja Anda, tidak diperlukan pengaturan dari administrator. Sebab pada dasarnya, update kali ini bersifat general dan dilakukan secara terpusat oleh Google Meet. Seluruh informasi mengenai update ini akan diperbarui secara berkala di Workspace Updates Blog mulai dari saat kontrol admin baru diluncurkan hingga visibilitas fitur lengkap.

Sementara itu, end-user tidak perlu melakukan pengaturan apa pun karena perubahan ini berjalan secara otomatis. Namun penting untuk diingat, fitur baru ini tidak akan tersedia jika perangkat lain, seperti webcam, dihubungkan dengan meeting hardware kit.

Baca juga: Device Google Meet Hardware yang Sesuai untuk Bisnis Anda

Ketersediaan fitur

Photo Credit: tirachardz (Freepik)

Update baru untuk Google Meet hardware ini dilakukan secara bertahap, baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Perilisan dimulai pada tanggal 8 September 2022 (dan akan membutuhkan waktu hingga 15 hari untuk visibilitas fitur).

Update tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace, termasuk bagi pengguna yang masih menggunakan rangkaian G Suite Basic maupun G Suite Business. Perlu diingat, fitur baru ini hanya tersedia untuk perangkat Google Meet hardware yang belum mencapai tanggal auto-update expiration. Berikut adalah daftar lengkapnya:

  • Asus Chromebox CN62 (kedaluwarsa per Juni 2021)
  • Acer Chromebox CXI2 / CXV2 (kedaluwarsa per Juni 2021)
  • Acer Chromebase for Meetings CA24V (kedaluwarsa per Juni 2021)
  • HP Chromebox G1 (kedaluwarsa per September 2019) 
  • Dell Chromebox (kedaluwarsa per September 2019) 
  • Asus Chromebox CN60 (kedaluwarsa per September 2019) 
  • Samsung Series 3 (kedaluwarsa per Maret 2018)

Sedangkan perangkat yang belum mencapai auto-update expiration date di antaranya:

  • Acer Chromebase for Meetings 24V2 (CA24V2) (kedaluwarsa per Juni 2025)
  • Asus Chromebox 3 (CN65) (kedaluwarsa per Juni 2025)      
  • CTL Chromebox CBx1 (kedaluwarsa per Juni 2025) 
  • ASUS Google Meet Compute System (kedaluwarsa per Juni 2028)    
  • CTL Google Meet Compute System (kedaluwarsa per Juni 2028)      
  • Meet Compute System – Series One (kedaluwarsa per Juni 2028)     
  • ASUS Google Meet Compute System (Intel 10th Gen) (kedaluwarsa per Juni 2028) 
  • Meet Compute System – Series One (Intel 10th Gen) (kedaluwarsa per Juni 2028)   

Baca juga: 5 Strategi Menjaga Hardware Perusahaan untuk Jangka Panjang

Cara mengubah pengaturan untuk semua perangkat Google Meet hardware

Photo Credit: tirachardz (Freepik)

Administrator juga dapat menerapkan setelan berikut ke semua perangkat Google Meet hardware yang ada di lingkungan kerja Anda:

  1. Masuk ke konsol Google Admin Anda.
  2. Buka Menu lalu klik “Devices” dan masuk ke opsi “Google Meet hardware”, klik “Devices”.
  3. Di panel “Devices”, klik “Settings
  4. Pilih panel yang berisi pengaturan yang ingin Anda ubah.
  5. Untuk menerapkan setelan ke semua orang, biarkan unit organisasi teratas dipilih. Jika tidak, pilih unit organisasi turunan.
  6. Pada halaman System settings page, ubah satu atau beberapa pengaturan untuk perangkat Anda.
  7. Klik “Save”. Jika Anda mengonfigurasi unit organisasi turunan, akan tersedia opsi “Inherit” atau “Override” terhadap pengaturan unit organisasi induk.

Baca juga: Meet Hardware Dapat Membantu Produktivitas Kerja Saat Work from Home

Itu dia ulasan mengenai update Google Meet hardware terbaru. Anda tidak perlu melakukan pengaturan tambahan untuk menikmati seluruh fitur yang ditawarkan karena semuanya akan muncul secara otomatis.

Agar pengalaman online meeting semakin mulus, gunakan Google Workspace sebagai rangkaian produktivitas ekosistem kerja Anda. Produk Google Workspace resmi dan berlisensi bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology. Tidak hanya menyediakan produk, EIKON Technology juga menyedikan layanan konsultasi mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan Google Workspace. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments