Fitur Pencegahan Data Google Chat Sekarang Tersedia dalam Versi Open Beta

Kini administrator dapat menetapkan aturan DLP (data loss prevention atau pencegahan kehilangan data) untuk Google Chat. Fitur ini dihadirkan untuk melindungi data sensitif agar tidak sampai ke pihak yang tidak memiliki wewenang. Aturan DLP Google Chat sekarang tersedia dalam versi open beta. Itu berarti, admin dapat menggunakannya tanpa perlu mendaftar di program beta tertentu.

Aturan DLP di Google Chat

Photo Credit: Google Workspace Updates

DLP atau data loss prevention merupakan solusi keamanan siber yang mendeteksi dan mencegah pelanggaran data. Fitur keamanan ini bekerja dengan memblokir ekstraksi data sensitif, biasanya digunakan oleh perusahaan untuk keamanan data internal dan memastikan kepatuhan peraturan.

Google sendiri telah menerapkan aturan DLP pada beberapa edisi Workspace. Dengan memanfaatkan DLP Workspace, Anda dapat membuat dan menerapkan aturan untuk mengontrol konten yang dapat dibagikan pengguna. DLP memberi Anda kontrol atas apa yang dapat dibagikan pengguna dan mencegah paparan informasi sensitif yang tidak diinginkan seperti nomor kartu kredit atau nomor identitas.

Baca juga: Kontrol Admin untuk Spaces yang Dapat Ditemukan di Google Chat

Pengaturan DLP oleh administrator

Aturan DLP untuk Google Chat membantu admin dan pakar keamanan membangun kerangka kerja yang lebih kuat terhadap data sensitif untuk mencegah tersebarnya informasi pribadi atau hak milik kepada tangan yang salah. Berikut adalah tampilan pengaturan DLP pada konsol Admin Workspace:

Photo Credit: Google Workspace Updates

Admin dapat secara selektif menerapkan aturan perlindungan data pada:

  • Pesan dalam grup, Spaces, dan/atau pesan langsung
  • Pesan antara peserta internal dan/atau eksternal
  • Teks pesan dan/atau lampiran

Setelah aturan DLP diterapkan, pesan dan file dalam percakapan yang relevan akan otomatis dipindai untuk mengetahui informasi sensitif. Pengguna akan diberi tahu tentang potensi kehilangan data, mencegah file keluar, baik secara tidak sengaja atau sengaja. Admin dapat mengonfigurasi tindakan yang akan diambil sebagai respons terhadap data sensitif yang terdeteksi, seperti: memblokir pengiriman, memperingatkan sebelum mengirim, dan log untuk audit di masa mendatang.

Admin dapat mengonfigurasi opsi ini agar sesuai dengan kebutuhan organisasi mereka. Jika admin memilih untuk mencatat peristiwa tersebut, bisa dilakukan melalui Security Investigation Tool. Hal ini memungkinkan admin untuk melakukan investigasi komprehensif dan mengidentifikasi alasan setiap insiden serta melakukan penyesuaian pada kebijakan perlindungan data jika diperlukan.

Baca juga: Space Managers Kini Dapat Ubah Akses di Google Chat, Bagaimana Caranya?

Mulai mengaktifkan aturan DLP untuk Google Chat

Untuk bisa menggunakan DLP di Google Chat, diperlukan konfigurasi dari administrator yang telah ditunjuk. Fitur akan nonaktif secara default dan dapat diaktifkan di tingkat domain, OU (organizational unit), maupun grup. Anda dapat membuat aturan DLP di konsol Admin di bagian Security > Data Protection. Anda juga dapat menyamakan konfigurasi aturan DLP Google Chat dengan Drive atau pun Chrome.

Apabila fitur berhasil diaktifkan maka end user akan mendapatkan pesan seperti berikut saat mengakses Google Chat versi web:

Photo Credit: Google Workspace Updates

Atau tampilan berikut jika mereka mengakses melalui aplikasi mobile:

Photo Credit: Google Workspace Updates

Ketersediaan fitur DLP di Google Chat

Fitur DLP untuk Google Chat diluncurkan secara bertahap (hingga 15 hari untuk visibilitas fitur) mulai tanggal 12 Juli 2022, baik melalui domain rilis cepat maupun rilis terjadwal.

Aturan DLP tersedia untuk Google Workspace edisi Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Standard, Education Plus, serta Teaching & Learning yang telah ditingkatkan. Sedangkan DLP untuk Drive juga tersedia untuk pengguna Cloud Identity Premium yang memiliki lisensi untuk edisi Workspace dengan log audit Drive.

Namun sayangnya aturan DLP ini tidak tersedia untuk pengguna Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Frontline, Nonprofits, serta G Suite Basic dan G Suite Business.

Baca juga: Mencoba Update Baru Google Chat Versi Web: Temukan Orang Lebih Mudah!

Aturan DLP membantu Anda dalam melindungi data perusahaan yang bersifat sensitif. Kini, DLP telah tersedia untuk Google Chat, memastikan komunikasi dan kolaborasi kerja tetap aman. Fitur ini dapat dinikmati melalui paket berlangganan Google Workspace for Education yang tersedia di EIKON Technology. Untuk informasi selengkapnya mengenai implementasi, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments