Trust Rules Google Drive PC Kini Tersedia dalam Versi Open Beta

 Pada tahun 2021 lalu, Google Drive PC menghadirkan kapabilitas Trust Rules. Hanya saja, kapabilitas tersebut baru tersedia dalam versi closed beta. Dengan Trust Rules, administrator akan mendapat lebih banyak kontrol atas cara berbagi file, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Per 14 Juli 2022, fitur Trust Rules akan tersedia dalam versi open beta untuk pelanggan Google Workspace dari beberapa edisi pilihan. Itu artinya, Anda dapat menggunakannya tanpa mendaftar ke program beta tertentu. Apa yang bisa didapat dengan menggunakan kapabilitas Trust Rules ini?

Trust Rules di Google Drive PC

Photo Credit: Google Workspace Updates

Dengan kapabilitas Trust Rules ini, administrator dapat menerapkan kebijakan yang membatasi cara berbagi file, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Administrator bahkan dapat menetapkan aturan khusus untuk unit organisasi dan grup tertentu, memungkinkan pendekatan yang lebih mendetail dibanding menerapkan kebijakan menyeluruh pada setiap pengguna.

Trust Rules dapat diaktifkan melalui konsol Admin. Begitu kapabilitas diaktifkan, maka secara otomatis akan langsung menggantikan “Sharing options” di bagian Google Drive pada konsol Admin. Setelan berbagi Drive Anda yang ada akan otomatis berubah menjadi Trust Rules. Perlu diingat, perubahan ini tidak akan mengubah setelan berbagi atau konfigurasi keamanan yang sudah ada.

Baca juga: Proteksi Baru terhadap Perubahan Konfigurasi Google Workspace, Seperti Apa?

Lebih banyak konfigurasi berbagi file

Sebelumnya, administrator hanya diberi kontrol umum pada konfigurasi setelan berbagi Drive. Itu artinya, admin hanya bisa memilih antara opsi seperti: tidak memperbolehkan berbagi file dengan pihak eksternal perusahaan atau hanya berbagi dengan domain tepercaya.

Dengan mengaktifkan Trust Rules beta, admin kini memiliki kontrol lebih besar atas bagaimana file dapat dibagikan, baik di dalam maupun di luar perusahaan mereka. Misalnya, admin dapat membatasi apa yang harus diakses oleh karyawan frontliner perusahaan dibanding dengan karyawan dari bagian lain di perusahaan mereka.

Baca juga: Meningkatkan Keamanan Konsol Admin Google Workspace dengan Akses Kontekstual

Mulai mengaktifkan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur ini dapat langsung diaktifkan oleh administrator dari edisi Google Workspace yang memenuhi syarat. Aktifkan fitur melalui konsol Admin dengan membuka Rules > Turn on trust rules. Sedangkan untuk end user, konfigurasi Trust Rules mengikuti setelan dari administrator. Artinya, administrator akan menentukan dengan siapa Anda dapat berbagi dan berkolaborasi melalui file Drive.

Trust Rules untuk Google Drive PC tersedia melalui domain rilis cepat dan rilis terjadwal. Fitur tersedia mulai tanggal 14 Juli 2022. Fitur dapat diakses oleh admin melalui konsol dan menu Rules.

Ketersediaan fitur

Trust Rules Google Drive PC tersedia di beberapa edisi Google Workspace, yaitu Workspace Enterprise Plus, Enterprise Standard, Education Plus, dan Education Standard. Namun fitur ini tidak tersedia untuk Workspace edisi Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Education Fundamentals, Frontline, dan Nonprofits. Trust Rules juga tidak tersedia untuk G Suite Basic dan G Suite Business. 

Baca juga: Meningkatkan Efisiensi Pengembangan Software dengan Google Workspace

Mengatur cara berbagi file adalah salah satu langkah preventif terhadap risiko keamanan siber. Hadirnya fitur Trust Rules di Google Drive PC akan melindungi file penting dan sensitif di perusahaan Anda dari potensi bahaya yang bisa menimbulkan kerugian seperti peretasan data oleh oknum tidak bertanggung jawab, baik dari pihak internal maupun eksternal.

Fitur Trust Rules Google Drive PC tersedia untuk Google Workspace Education yang bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology. Sebagai authorized partner, EIKON Technology menawarkan beragam produk Google resmi dan berlisensi. Kami juga menyediakan layanan konsultasi, mulai dari perencanaan hingga pemasangan. Untuk langsung terhubung dengan tim EIKON Technology, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments