Cara Membuat Transkripsi Panggilan Meet Menjadi File Documents Google

Sekarang Anda dapat mentranskripsikan video meeting Google Meet menjadi file documents Google. File yang ditranskripsikan kemudian akan disimpan di folderMeet Recordings” milik host di Google Drive mereka. Formatnya akan mirip dengan rekaman rapat. Bagaimana cara menggunakannya? Mari simak ulasannya berikut ini.

Transkripsi video meeting menjadi file documents Google

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur transkrip rapat ini dapat merekam diskusi rapat secara otomatis, sehingga lebih mudah untuk ditindaklanjuti setelahnya atau berfungsi sebagai catatan. Saat fitur ini aktif maka akan muncul simbol “Transcribing” di bagian sudut kiri atas layar rapat.

Untuk rapat dengan kurang dari atau sama dengan 200 undangan, penyelenggara rapat, rekan penyelenggara, atau pemrakarsa transkrip akan menerima tautan ke dokumen transkripsi melalui email setelah rapat berakhir. Selain itu, transkrip akan otomatis dilampirkan ke undangan kalender terkait untuk rapat.

Untuk rapat dengan lebih dari 200 peserta, transkripsi hanya akan dibagikan kepada penyelenggara rapat, tuan rumah, dan rekan penyelenggara, serta pengguna individu yang memulai transkripsi. Untuk rapat berulang, dokumen transkripsi baru akan terus ditambahkan ke undangan Calendar.

Baca juga: Laporan Work Insights untuk Google Chat dan Google Meet, Bagaimana Cara Kerjanya?

Mulai menggunakan fitur

Untuk mulai menggunakan fitur diperlukan pengaturan oleh administrator dan juga end-user. Untuk detail selengkapnya, mari simak poin-poin di bawah ini:

  • Administrator
    • Fitur transkripsi video meeting menjadi file documents Google akan aktif secara default dan dapat dikonfigurasi ulang di tingkat grup, domain, atau organizational unit (OU). Perlu diingat, tidak ada kontrol admin untuk pelanggan Google Workspace Business Standard.
    • Kunjungi Help Center Google Workspace untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengaktifkan atau menonaktifkan transkripsi Google Meet.
    • Informasi tambahan, untuk pengguna Google Workspace Education dengan lisensi pengajar, fitur ini akan aktif secara default. Bagi pemilik lisensi pelajar, transkrip akan nonaktif secara default.

Baca juga: Miro x Google Meet: Hadirkan Pengalaman Kolaborasi yang Lebih Interaktif

  • End-users
    • Jika pengelolaan host nonaktif, peserta dalam domain dapat menggunakan transkrip. Jika pengelolaan host aktif, hanya tuan rumah rapat dan rekan penyelenggara yang dapat mengaktifkan transkrip.
    • Untuk menggunakan transkrip dalam rapat, pengguna yang memenuhi syarat dapat mengunjungi panel aktivitas dan mengeklik “Transcripts”. Saat dihidupkan, lencana “Transcribing” akan muncul di sudut kiri atas layar rapat. Untuk mengakhiri transkripsi, pengguna dapat mengeklik “Stop transcription” dan transkripsi akan disimpan ke Google Drive mereka. Transkripsi hanya bisa dimulai oleh pengguna yang memenuhi syarat.
    • Sebelum bergabung ke rapat, peserta akan melihat pemberitahuan yang memberi tahu mereka saat transkrip aktif.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Ketersediaan fitur

Fitur ini dirilis secara bertahap, baik untuk domain rilis cepat dan domain rilis terjadwal. Perilisan dimulai pada tanggal 24 Oktober 2022 (kemungkinan akan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur).

Fitur ini tersedia untuk pelanggan Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Starter, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, serta Teaching and Learning Upgrade.

Namun fitur ini tidak tersedia untuk pelanggan Google Workspace Essentials, Business Starter, Education Standard, Enterprise Essentials, Education Fundamentals, Frontline, dan Nonprofits, serta pelanggan G Suite Basic dan G Suite Business lama. Fitur ini juga tidak tersedia untuk pengguna dengan Google Accounts pribadi.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghapus Peserta dari Panggilan Google Meet PC?

Hadirnya fitur transkripsi video meeting menjadi file documents Google ini akan memudahkan Anda untuk membuat catatan rapat sekaligus membuat rekaman yang dapat ditindaklanjuti. Fitur ini dapat Anda nikmati dengan berlangganan paket Workspace for Business yang tersedia di EIKON Technology. Sebagai authorized partner Google, EIKON Technology menyediakan produk resmi berlisensi dengan proses implementasi yang menyeluruh. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments