Memanfaatkan Confidential Space untuk Kolaborasi Data yang Lebih Aman di Google Cloud

Google Cloud Next bulan Oktober 2022 lalu, beberapa fitur baru diperkenalkan, salah satunya adalah Confidential Space yang merupakan bagian dari Confidential Computing. Lewat fitur ini pengguna dapat melakukan tugas-tugas seperti analisis data gabungan dan pelatihan model machine learning (ML) dengan jaminan bahwa data yang mereka miliki tetap terlindungi. Confidential Space dapat membantu Anda berkolaborasi menggunakan data sensitif atau teregulasi secara aman.

Sebelumnya, Google meluncurkan Confidential Virtual Machines (VMs), sebuah solusi perintis yang menjaga data terenkripsi saat sedang diproses. Ini membantu memastikan bahwa data Anda dienkripsi saat diam, dalam perjalanan, dan dalam memori tanpa memerlukan perubahan pada aplikasi atau kode Anda. Solusi ini bahkan sedang digunakan oleh perusahaan besar seperti AstraZeneca, Bullish, HashiCorp, hingga Matrixx Software,

Cara kerja Confidential Space Google Cloud

Photo Credit: Google Cloud Blog

Dibangun di atas Confidential Computing, dan memanfaatkan pengesahan jarak jauh, Confidential Space menjalankan beban kerja di Trusted Execution Environment (TEE). Bersama dengan versi keras dari Container-Optimized OS (COS), kontributor data dapat memiliki kontrol atas bagaimana data mereka digunakan dan beban kerja mana yang berwenang atas data tersebut. Terakhir, Confidential Space memblokir operator agar tidak memengaruhi beban kerja dengan cara apa pun.

Baca juga: Migrasi Cloud dengan Cerdas Menggunakan Google Cloud Migration Center

Contoh pemanfaatan Confidential Space

Photo Credit: Google Cloud Blog

Dengan Confidential Space, perusahaan dapat memperoleh nilai timbal balik dari menggabungkan dan menganalisis data sensitif seperti personally identifiable information (PII), protected health information (PHI), kekayaan intelektual, hingga rahasia kriptografi, sambil tetap memegang kendali penuh. Kolaborasi ini dapat mengarah pada inovasi, layanan pelanggan yang lebih baik, dan pengembangan teknologi transformasional.

Misalnya pada lembaga keuangan seperti bank dan agen asuransi. Mereka perlu berkolaborasi untuk mengidentifikasi penipuan atau mendeteksi aktivitas pencucian uang di seluruh kumpulan data pelanggan mereka. Confidential Space memungkinkan pengguna untuk dapat berbagi data meski sifatnya sangat sensitif. Confidential Space memastikan bahwa data hanya akan digunakan untuk deteksi penipuan tanpa mengusik kerahasiaan informasi.

Baca juga: Penyempurnaan Infrastruktur Google Cloud untuk Menyesuaikan Beban Kerja Anda

Contoh lainnya pada perusahaan teknologi kesehatan dan medis. Confidential Space Google Cloud akan membantu mereka mempercepat pengembangan obat-obatan dan meningkatkan diagnostik menggunakan ML, tanpa mengorbankan data pasien atau mempertaruhkan ketidakpatuhan terhadap undang-undang privasi data.

Begitu juga dengan institusi Web3 yang dapat menggunakan Confidential Space untuk mentransaksikan aset digital dengan aman dan instan. Mengandalkan multiparty computation (MPC), kolaborator terdistribusi dapat berpartisipasi dalam proses penandatanganan yang dapat diaudit. Pengesahan Confidential Space yang dapat diverifikasi dapat membantu memastikan bahwa semua kolaborator menyetujui tanpa mengekspos kunci penandatanganan pribadi mereka kepada pihak lain, termasuk operator platform.

Pengembangan selanjutnya

Confidential Space telah menambah daftar produk Google Cloud yang berkembang menggunakan Confidential Computing. Awal tahun 2022 ini, Google meluncurkan Confidential Google Kubernetes Engine (GKE) Nodes untuk umum dan memperluas fleksibilitas Confidential VMs ke jenis instance baru. Selain itu, Google Cloud Security dan Google Project Zero bermitra dengan firmware AMD dan tim keamanan produk dalam audit keamanan mendalam terhadap teknologi AMD yang mendukung Confidential Computing.

Secara default, Google Cloud menyimpan semua data terenkripsi, dalam perjalanan antara pelanggan dan pusat data mereka. Confidential Computing dapat memperluas privasi data dengan melindungi kerahasiaan data Anda dan menjaganya tetap terenkripsi meskipun sedang diproses.

Baca juga: Tips Optimalkan Penggunaan Active Assist untuk Migrasi ke Google Cloud

Confidential Space memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan data yang sifatnya sensitif sekalipun tanpa harus mengorbankan keamanan dan kerahasiannya. Layanan ini akan bekerja optimal dengan solusi komputasi awan Google Cloud yang bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology. Selain menghadirkan produk resmi berlisensi, kami juga menawarkan prosedur implementasi komprehensif guna memastikan penerapan solusi yang aman dan bebas gangguan. Untuk memulai implementasi Google Cloud Anda, silakan klik di sini

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments