Inovasi Google Workspace untuk Bantu Optimalkan Ekosistem Kerja Hybrid Anda

  Sudah banyak perusahaan yang tak lagi menjadikan kantor fisik sebagai pusat gravitasi kerja mereka. Kebanyakan yang belum melakukannya pun bukan karena tidak tertarik, tapi karena sumber daya yang mereka miliki masih belum memenuhi kebutuhan ekosistem kerja hybrid. Google Workspace sebagai alat produktivitas dengan pengguna lebih dari 3 miliar terus berinovasi dalam hal konektivitas dan tentunya keamanan. Berikut adalah beberapa inovasi dari Workspace serta mitra pihak ketiga untuk memudahkan Anda dalam menerapkan ekosistem kerja hybrid.

Koneksi yang imersif

Photo Credit: Google Workspace Blog

Beberapa tahun terakhir ini, Google Meet terus dikembangkan untuk menjembatani kesenjangan antara orang-orang yang bekerja dari lokasi berbeda. Google menghadirkan pengalaman baru yang menciptakan koneksi imersif untuk membuat panggilan video terasa sama menariknya dengan pertemuan tatap muka. Berikut adalah di antaranya:

  • Sorotan pembicara di Slide

Fitur baru ini akan menempatkan video pembicara langsung di dalam konten mereka. Dengan begitu, fokus akan tetap ada pada penampil. Versi preview akan muncul pada akhir tahun 2022 ini.

Photo Credit: Google Workspace Blog

  • Meeting room check-in

Fitur ini memungkinkan seluruh peserta meeting mengetahui siapa saja yang ada di dalam ruang rapat virtual dengan menampilkan nama mereka bersama nama ruang. Tersedia awal tahun 2023. 

Photo Credit: Google Workspace Blog

  • Mode pendamping seluler sebagai layar kedua di Meet

Fitur ini memberi peserta untuk berpartisipasi penuh dengan mengangkat tangan, mengobrol, atau mengajukan pertanyaan dari ponsel sambil memanfaatkan audio dan video dalam ruangan. Tersedia awal tahun 2023.

  • Menetapkan ruang konferensi ke ruang kerja kelompok di Meet

Membantu mengelola logistik untuk peserta dalam ruang selama diskusi kerja kelompok. Fitur telah tersedia sejak bulan Oktober 2022.

Baca juga: Komunikasi dan Kolaborasi Hybrid Berbagai Ukuran Tim

  • Pembingkaian video otomatis di Meet

Memusatkan peserta di video tile mereka sebelum bergabung ke rapat dan memungkinkan mereka membingkai ulang secara manual kapan saja. Fitur telah tersedia sejak bulan Oktober 2022.

Selain rapat, Google Chat memungkinkan tim untuk bekerja secara real-time dengan menyediakan ruang khusus untuk percakapan dan konten. Baru-baru ini Google Workspace meluncurkan ruang yang dapat ditemukan dengan peningkatan keanggotaan hingga 8.000 orang, untuk menciptakan peluang baru untuk koneksi, komunitas, dan kolaborasi. Selain itu, Google juga menghadirkan:

Photo Credit: Google Workspace Blog

Emoji khusus dan percakapan beralur di Google Chat, memungkinkan pengguna mengekspresikan diri mereka secara lebih autentik dan mendalami percakapan tertentu.

Baca juga: Kini Anda Bisa Insert Emoji Lebih Cepat di Google Docs, Bagaimana Caranya?

Meleburkan batas dengan smart canvas

Google Workspace meluncurkan smart canvas yang akan memudahkan pengguna berkolaborasi. Cukup dengan ‘@-mention’ Anda dapat melibatkan orang sekaligus memasukkan data yang dibutuhkan ke ruang kerja, menciptakan alur kerja yang teratur dan tidak memecah fokus. Oktober 2022 lalu, smart canvas telah mengalami beberapa perluasan dengan menghadirkan:

  • Blok penyusun khusus di Google Docs

Memungkinkan pengguna membuat komponen sendiri yang dapat digunakan kembali. Fitur dapat diakses dengan mudah menggunakan menu ‘@’. Fitur ini tersedia akhir tahun 2022 ini.

Photo Credit: Google Workspace Blog

  • Variabel di Google Docs

Memungkinkan pengguna untuk menentukan elemen data umum dalam Docs, seperti nama klien atau nomor kontrak, dan memperbaruinya di seluruh dokumen dengan mengubah nilainya di satu tempat. Fitur tersedia awal tahun 2023.

Bekerja lebih aman dengan Google Workspace

Ada kecenderungan untuk berpikir bahwa mengamankan orang dan data dalam lingkungan hybrid lebih menantang daripada sebelumnya. Hal ini berlaku untuk sistem yang dibangun di era pra-cloud yang memiliki keamanan ditingkatkan dan sering kali kesulitan untuk menyesuaikan skala untuk mengatasi ancaman.

Workspace lahir dan dikembangkan di cloud. Artinya, pelanggan akan mendapat manfaat dari keahlian cloud Google selama puluhan tahun dalam perlindungan ancaman, AI, dan skala global. Tahun ini Google memperluas kontrol perlindungan data tingkat lanjut untuk menjaga pengguna dan data tetap aman di lebih banyak aplikasi yang mereka gunakan setiap hari.

Photo Credit: Google Workspace Blog

  • Pencegahan kehilangan data (DLP) untuk Chat

Memungkinkan admin membuat kebijakan khusus untuk membantu mencegah kebocoran informasi sensitif. Pemeriksaan terjadi secara real-time dan menerapkan tindakan korektif tanpa penundaan yang merupakan standar di seluruh industri. DLP dan kepatuhan konten sudah tersedia di Gmail, Drive, Docs, Sheets, dan Slides. Fitur telah tersedia sejak bulan Oktober 2022.

Baca juga: Kapabilitas Data Loss Prevention Google Chat Kini Tersedia untuk Umum

Ekosistem hybrid memang telah menjadi idola saat ini. Ekosistem ini dinilai lebih efisien dan dapat meningkatkan produktivitas. Namun hybrid tidak akan bekerja dengan optimal tanpa sistem yang baik. Workspace menghadirkan solusi all-in yang akan memenuhi seluruh kebutuhan hybrid Anda. Optimalkan ekosistem hybrid Anda dengan Google Workspace yang telah tersedia di EIKON Technology. Untuk informasi mengenai penerapan, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments