Penyempurnaan Infrastruktur Google Cloud untuk Menyesuaikan Beban Kerja Anda

Selama ini infrastruktur cloud fokus pada kecepatan mentah dan feed blok penyusun seperti VM, container, jaringan, dan penyimpanan. Google Cloud merancang infrastruktur khusus, arsitektur preskriptif, dan ekosistem untuk menghadirkan infrastruktur yang dioptimalkan untuk beban kerja. Berikut adalah penjelasan untuk beberapa di antaranya, mari simak bersama.

Blok pembangun infrastruktur untuk beban kerja yang mengutamakan cloud

Untuk sebagian besar proyek baru, pengembang lebih memilih beban kerja yang dioptimalkan cloud-first, dan hampir setengah dari semua pengembang menggunakan container saat ini. Google Kubernetes Engine (GKE) adalah layanan pengelolaan container otomatis dan skalabel di pasaran saat ini, dan dengan GKE Autopilot, pengembang dapat memulai lebih cepat daripada penyedia cloud terkemuka lainnya.

Mengubah beban kerja tradisional

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

Tidak semua beban kerja lahir di cloud. Google Cloud menawarkan berbagai program dan kemampuan untuk membantu mengoptimalkan beban kerja tradisional untuk era cloud baru, terlepas dari apakah Anda ingin memigrasikannya apa adanya, melakukan pengoptimalan ringan, atau memodernisasi dan mentransformasikan sepenuhnya:

Migration Center (kini dalam Pratinjau): Untuk perusahaan yang ingin bermigrasi ke cloud dan mengubah bisnis mereka, Migration Center dapat mengurangi kerumitan, waktu, dan biaya dengan menyediakan pengalaman migrasi dan modernisasi terintegrasi. Ini menyatukan alat penilaian, perencanaan, migrasi, dan modernisasi di satu lokasi terpusat dengan platform data bersama sehingga Anda dapat bekerja lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih mudah.

Google Cloud VMware Engine: Google Cloud adalah mitra VMware pertama yang memasarkan dengan dukungan VMware Cloud Universal, menyederhanakan migrasi VM VMware lokal ke VMware Engine di cloud. Dengan SLA ketersediaan 99,99% yang terdepan di pasar cloud dalam satu situs, VMware Engine telah membantu perusahaan besar pindah ke Google Cloud.

Dual Run for Google Cloud (kini dalam Pratinjau): Solusi ini membantu menghilangkan banyak risiko umum yang terkait dengan modernisasi mainframe dengan memungkinkan pelanggan menjalankan beban kerja secara bersamaan pada mainframe mereka yang ada dan versi modern mereka di Google Cloud. Ini berarti pelanggan dapat melakukan pengujian real-time dan dengan cepat mengumpulkan data tentang kinerja dan stabilitas tanpa gangguan pada bisnis mereka.

Google Cloud Workload Manager (kini dalam Pratinjau untuk beban kerja SAP, dan tersedia di Google Cloud Console): Menyediakan analisis otomatis sistem perusahaan Anda di Google Cloud untuk membantu meningkatkan kualitas, keandalan, dan kinerja sistem. Google Cloud Workload Manager mengevaluasi beban kerja SAP Anda dengan mendeteksi penyimpangan dari standar yang didokumentasikan dan praktik terbaik untuk membantu mencegah masalah secara proaktif.

Baca juga: Memanfaatkan Google Cloud sebagai Pengamanan Tambahan bagi Developer

Melindungi beban kerja

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

Pada tahun 2022 ini Google Cloud telah memperluas jumlah region yang didukung dengan bucket dua region (GA) Cloud Storage, sehingga Anda dapat memastikan bahwa seluruh beban kerja terlindungi. Jika terjadi pemadaman, aplikasi Anda dapat dengan mudah mengakses data di wilayah alternatif. Anda juga dapat menambahkan replikasi Turbo (GA) dengan bucket dua wilayah. Replikasi turbo didukung oleh SLA Recovery Point Objective (RPO) 15 menit.

Selain itu, Google Cloud juga baru-baru ini mengumumkan layanan Backup and DR (GA). Layanan ini adalah solusi perlindungan data terintegrasi untuk aplikasi dan database penting yang memungkinkan Anda mengelola kebijakan perlindungan data dan pemulihan bencana secara terpusat langsung di dalam Google Cloud Console, dan sepenuhnya melindungi database dan aplikasi hanya dengan beberapa klik saja.

Baca juga: Google Cloud Backup and DR, Apa Keunggulannya?

Optimalkan biaya

Beban kerja pelanggan memerlukan opsi teknis dan komersial yang dapat memberikan pengembalian terbaik atas investasi mereka. Berikut adalah beberapa peningkatan baru yang dapat membantu:

Flex CUD (segera hadir): Flex CUD (Flexible Committed Use Discounts) membantu Anda menghemat hingga 46% dari harga VM Compute Engine sesuai permintaan, dengan imbalan komitmen satu atau tiga tahun. Seperti CUD standar, Anda dapat menerapkan Flex CUD di seluruh project dalam akun penagihan yang sama, ke VM dengan ukuran berbeda, dan di seluruh sistem operasi.

Batch: Layanan terkelola sepenuhnya yang membantu Anda menjalankan tugas batch dengan mudah, andal, dan dalam skala besar. Tanpa harus install perangkat lunak tambahan apa pun, Batch secara dinamis dan efisien mengelola penyediaan sumber daya, penjadwalan, antrean, dan eksekusi, membebaskan Anda untuk fokus menganalisis hasil. Tidak ada biaya untuk menggunakan Batch, dan Anda hanya perlu membayar sumber daya yang digunakan untuk menyelesaikan tugas.

Baca juga: Update Fitur Google Cloud Deploy: Pemanfaatan di Lingkungan GKE Makin Mudah?

Ini hanya beberapa contoh dari banyak cara yang dihadirkan Google Cloud untuk membantu Anda mengelola beban kerja. Google Cloud terus berusaha untuk menjadi ‘cloud infrastruktur terbuka’ yang paling intuitif untuk digunakan karena semuanya dirancang berdasarkan beban kerja Anda, memberikan manfaat TCO (Total Cost of Ownership) yang luar biasa.

Nikmati segala manfaat di atas dengan berlangganan solusi komputasi awan dari Google Cloud melalui EIKON Technology. Sebagai authorized partner Google, EIKON Technology menyediakan produk resmi berlisensi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments