Inovasi Baru Google Sambut Era Baru Desain Sistem, Lebih Andal dan Aman

Belakangan ini, permintaan terhadap komputasi tumbuh begitu pesat hingga nyaris tak terpenuhi. Pada waktu yang sama, peningkatan kinerja CPU, konsumsi daya, memori, dan efisiensi biaya penyimpanan cenderung stagnan. Hambatan ini semakin diperburuk oleh tantangan baru dalam keandalan dan keamanan.

Google menanggapi tantangan tersebut dengan menghadirkan inovasi desain sistem di seluruh lapisan, mulai dari akselerator silikon baru (IPU, VCU, dan TPU), hardware baru, infrastruktur pusat data, hingga solusi komputasi awan. Pada gelaran Open Compute Project (OCP) Global Summit 19 Oktober 2022 lalu, Google memperkenalkan dukungan terhadap ekosistem open hardware guna menyambut era baru desain sistem. Berikut adalah beberapa kontribusi utamanya.

  • Desain server

Google membagikan visi untuk servermulti-brain” di masa depan, mengubah desain server tradisional menjadi sistem terdistribusi terpilah yang lebih modular di seluruh komputasi host, akselerator, tray ekspansi memori, unit pemrosesan infrastruktur, dan sebagainya. Inovasi ini merupakan kerja sama Google dengan seluruh mitra OCP mereka, mulai dari hardware dengan DC-MHS, manajemen standar dengan OpenBMC dan RedFish, root of trust standar, dan antarmuka standar termasuk CXL, NVMe, dan seterusnya.

Baca juga: Update Fitur Google Cloud Deploy: Pemanfaatan di Lingkungan GKE Makin Mudah?

  • Komputasi tepercaya

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

Root of trust adalah bagian penting dari sistem masa depan. Google memiliki tradisi memberikan kontribusi untuk keamanan yang transparan dan terbaik di kelasnya, termasuk solusi keamanan terpisah OpenTitan. Bersama dengan perusahaan teknologi terkemuka seperti AMD, Microsoft, dan NVIDIA, Google meluncurkan Caliptra, blok IP yang dapat digunakan kembali untuk pengukuran root of trust, ke OCP.

Baca juga: 3 Fitur Security and Compliance di Google Cloud Logging yang Wajib Anda Ketahui

  • Keberlanjutan

Terakhir, Google juga mengumumkan dukungan untuk inisiatif baru dalam OCP guna mendukung keberlanjutan lingkungan sebagai prinsip utama di seluruh ekosistem. Google telah menjadi yang terdepan dalam kelestarian lingkungan selama bertahun-tahun. Raksasa teknologi ini telah menerapkan carbon neutral sejak tahun 2007, menggunakan 100% energi terbarukan sejak 2017, dan memiliki tujuan ambisius untuk mencapai emisi nol bersih di semua operasi dan rantai nilai pada tahun 2030 nanti. Sebagai penyedia cloud terbersih di industri ini, Google juga telah membantu pelanggan melacak dan mengurangi jejak karbon mereka dan mencapai penghematan energi yang signifikan. Praktik keberlanjutan tersebut kini hadir di OCP dengan pengukuran yang telah terstandarisasi.

Baca juga: Tips Gunakan Google Cloud Search Query API untuk Menyempurnakan Hasil Cloud Search

Pengumuman ini adalah contoh terbaru dari sejarah Google dalam membina ekosistem hardware yang terbuka dan berbasis standar. Ekosistem terbuka memungkinkan pasar produk yang beragam, dengan kelincahan, dan peluang yang strategis terhadap inovasi. Ekosistem open-source Google bersifat multidimensi: mendorong standarisasi dan adopsi industri, kontribusi komunitas yang kuat dan beragam untuk menumbuhkan ekosistem, serta kebijakan luas dan kepemimpinan organisasi serta berbagi praktik terbaik.

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

Kembangkan sistem desain di perusahaan Anda dengan ekosistem hardware Google yang terbuka dan standar. Mulai langkah baru Anda dengan berlangganan solusi komputasi awan Google Cloud melalui EIKON Technology yang merupakan authorized reseller produk-produk Google. EIKON Technology menyediakan produk resmi berlisensi yang didukung dengan prosedur penerapan mulus bebas hambatan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments