Cara Google Workspace Membangun Platform Terbuka untuk Menunjang Pekerjaan Hybrid

Fleksibilitas kini menjadi hal yang dicari ketika bekerja. Namun ekosistem kerja hibrida kemudian menunjukkan pentingnya pilihan. Orang-orang tak lagi ingin dikunci dalam satu aplikasi saja. Mereka ingin menggunakan alat produktivitas seperti email dan panggilan video dengan tetap mengerjakan tugas lain memvisualisasikan data, mengelola proyek, membuat desain kreatif, dan banyak lagi.

Sebagai platform produktivitas paling terbuka dan selalu dapat diperluas, Google Workspace terus mengembangkan solusi bagi para penggunanya. Pada gelaran Google Cloud Next ’22 bulan Oktober lalu, Google meluncurkan smart chips di Docs, serta integrasi baru dan kemampuan API yang ditingkatkan untuk Meet, Chat, dan Spaces. Mari simak detail selengkapnya dalam ulasan berikut.

Smart chips untuk integrasi dengan aplikasi pihak ketiga

Photo Credit: Google Workspace Blog

Tahun 2021 lalu, Google Workspace memperkenalkan smart canvas, sebuah kapabilitas yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi yang mereka butuhkan ke dalam file Docs tanpa perlu berpindah aplikasi. Pada tahun 2022 ini, Google memperluas kapabilitas smart chips untuk integrasi dengan aplikasi pihak ketiga.

Dengan smart chips yang baru ini, Anda dapat menandai dan melihat informasi penting dari aplikasi mitra menggunakan ‘@-mentions’, serta memasukkan informasi interaktif atau pratinjau dari aplikasi pihak ketiga langsung ke dalam Docs. Perwakilan Google menyebutkan bahwa perluasan ini akan hadir pada bulan Januari 2023 nanti.

Baca juga: Kontrol Preferensi Aksesibilitas yang Lebih Baik di Aplikasi Google Workspace

Menambahkan kapabilitas pihak ketiga ke Google Meet

Awal tahun 2022 ini, Google Workspace memperkenalkan kapabilitas untuk bergabung ke rapat dan melakukan presentasi langsung dari Docs, Sheets, dan Slides untuk memudahkan pengguna bekerja sama secara real-time. Workspace juga membangun integrasi dengan Miro, yang memungkinkan Anda memulai kolaborasi di papan tulis Miro langsung dari panggilan Meet.

Pengembangan dari Google Meet API dan Google Meet add-on SDK memungkinkan aplikasi dari pihak ketiga untuk menyatukan kapabilitas mereka dengan Google Meet, memberikan cara baru yang mulus bagi user untuk menggunakan alat favorit mereka saat sedang berada dalam panggilan video. Misalnya, Figma menggunakan SDK ini untuk menghadirkan desain populer dan kemampuan papan tulisnya ke dalam Google Meet.

Photo Credit: Google Workspace Blog

Menghadirkan aplikasi mitra ke Google Chat dan Spaces

API Chat dan Spaces umum digunakan untuk menambahkan pengalaman baru ke Google Workspace. Misalnya, menyetujui aplikasi pihak ketiga untuk menambahkan orang ke Chat Spaces secara otomatis ketika terjadi situasi darurat (misalnya ketika memerlukan respons insiden).

Photo Credit: Google Workspace Blog

Google baru saja memperluas Chat and Spaces API untuk mengaktifkan lebih banyak fungsi antara Google Chat dan aplikasi mitra. Nantinya, aplikasi ini dapat membuat pesan langsung 1:1 atau obrolan grup secara terprogram. Aplikasi ini juga akan dapat membaca dan menulis pesan Cha tanpa mengharuskan pengguna untuk meluncurkan aplikasi, yang selanjutnya memperluas kemampuan untuk memungkinkan pemahaman kontekstual dari percakapan.

Baca juga: Meningkatkan Pengalaman Google Workspace di Perangkat Android Berlayar Besar

Kekuatan ekosistem

Sudah menjadi komitmen Google Workspace untuk menghadirkan platform produktivitas yang terbuka, selalu dapat diperluas, dan tentunya memenuhi segala kebutuhan ekosistem hybrid.

Bersama dengan para mitra, Google terus mengembangkan alat yang lebih bermanfaat dan fleksibel, menciptakan kemampuan terbaik di kelasnya untuk seluruh pekerjaan hybrid, sekaligus menyediakan cara berkomunikasi dan berkolaborasi yang benar-benar baru.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang add-on dan integrasi Google Workspace di sini dan membaca lebih lanjut tentang manfaat melakukan modernisasi program kantor lama di sini.

Baca juga: Kelola Aktivitas Penyimpanan Lebih Mudah dengan Alat Manajemen Penyimpanan Baru Google Workspace

Google Workspace terus berkomitmen untuk menghadirkan solusi produktivitas yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan pekerjaan hybrid. Apakah kini kantor Anda menerapkan ekosistem hybrid. Optimalkan komunikasi dan kolaborasi kerja Anda dengan paket berlangganan Workspace dari EIKON Technology. Kami menawarkan solusi menyeluruh untuk Anda, mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk mulai pemasangan, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments