Sekarang Anda Bisa Memulai Rapat Langsung dari Jamboard Web, Bagaimana Caranya?

Google baru saja memperluas interoperabilitas antara Meet dengan Jamboard. Setelah perluasan ini, pengguna dapat bergabung atau memulai rapat langsung dari Jamboard versi web. Ini akan memudahkan Anda untuk mempresentasikan Jam Anda dengan mulus dan bahkan bisa langsung berkolaborasi. Fitur baru ini telah tersedia di Jamboard versi web.

Interoperabilitas Google Meet dan Jamboard

Photo Credit: Google Workspace Updates

Pada tahun 2020 lalu, Google mengumumkan integrasi antara Meet dengan Jamboard. Integrasi ini memungkinkan Anda untuk dapat atau membuka Jam yang ada saat melakukan panggilan video melalui Meet. Integrasi papan tulis digital ini menunjukkan bahwa Anda dapat menggunakan Jamboard secara virtual untuk menyelenggarakan sesi brainstorming kolaboratif dengan rekan kerja atau siswa Anda secara real-time, bahkan saat Anda tidak berada di ruangan yang sama.

Baca juga: Update Google Meet Hardware: Lebih Banyak Opsi untuk Framing di Konsol Admin

Kegunaan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates

Rapat tim yang efektif adalah komponen penting untuk membuka inovasi yang difasilitasi oleh koneksi dan kolaborasi manusia. Komponen utama dari hal ini adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan lancar baik saat Anda bergabung di ruang rapat atau dari jarak jauh. Menghadirkan Google Meet ke Jamboard memungkinkan semua orang dalam rapat untuk berkolaborasi sambil melakukan percakapan.

Ini sangat membantu bagi penyaji (host), yang dapat membagikan Jam mereka untuk mengilustrasikan ide atau konsep baru, serta menerima respons dari audiens di satu tempat. Kolaborasi menjadi lebih mudah, memungkinkan semua orang dalam rapat untuk berkreasi bersama di papan tulis tanpa beralih antar tab atau aplikasi.

Seperti kapabilitas lainnya, seperti Meet di Google Docs, Sheets, dan Slides, pembaruan ini diharapkan dapat memberdayakan tim untuk bekerja sama secara real-time, di mana pun lokasinya.

Baca juga: Laporan Work Insights untuk Google Chat dan Google Meet, Bagaimana Cara Kerjanya?

Mulai menggunakan fitur

Fitur baru di Jamboard ini akan otomatis aktif secara default, baik itu untuk domain rilis cepat maupun rilis terjadwal. Kapabilitas untuk memulai rapat akan otomatis muncul di Jamboard dan bisa langsung Anda gunakan setelah tanggal perilisan.

Untuk mempelajari seputar integrasi antara Jamboard dengan Google Meet, Anda bisa mengunjungi dokumentasi ini. Jika Anda menggunakan device khusus dari Jamboard untuk rapat, pengaturannya dapat di simak di sini. Bagi para administrator, Google juga telah menyediakan dokumentasi khusus yang menjelaskan tentang cara mengaktifkan dan menonaktifkan Jamboard di lingkungan kerja Anda. Dokumentasi tersebut bisa diakses di sini.

Ketersediaan fitur

Perluasan interoperabilitas Jamboard dengan Google Meet ini tersedia untuk domain rilis cepat dan domain rilis terjadwal. Keduanya akan dilakukan secara bertahap. Untuk domain rilis cepat dimulai pada tanggal 20 Oktober 2022 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur). Sementara itu, domain rilis terjadwal dimulai pada tanggal 31 Oktober 2022 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur).

Fitur baru ini dan keseluruhan integrasi Jamboard x Google Meet telah tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace, termasuk untuk mereka yang masih menggunakan G Suite Basic maupun G Suite Business lama.

Baca juga: Miro x Google Meet: Hadirkan Pengalaman Kolaborasi yang Lebih Interaktif

Dengan hadirnya fitur baru ini, Anda bisa langsung memulai rapat saat sedang membuat Jam di Jamboard, tanpa perlu lagi berpindah-pindah aplikasi atau tab browser. Google Workspace memang secara konsisten menghadirkan beragam kapabilitas yang akan memudahkan Anda dalam melakukan produktivitas kolaboratif.

Ingin integrasi kerja yang lebih optimal? Gunakan rangkaian produktivitas Google Workspace di lingkungan kerja Anda. EIKON Technology menghadirkan Workspace for Business dan Workspace for Education untuk menunjang produktivitas kerja, baik itu di perusahaan maupun instansi pendidikan. Informasi lebih lanjut mengenai implementasi Google Workspace, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments