Perluasan Smart Chips di GSheets, Kini Anda Bisa Menambahkan Events

Pada tahun 2021 lalu, Google mengumumkan kapabilitas smart chips yang dapat digunakan untuk menyisipkan file dan meeting di Google Docs. Kapabilitas ini juga merupakan bagian dari smart canvas Google Workspace yang terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan produktivitas para pengguna. Sebelumnya, pengguna dapat menambahkan file Google Drive langsung ke dalam GSheets sebagai smart chip. Bulan Oktober 2022 ini, kapabilitas tersebut mengalami perluasan, memungkinkan Anda untuk dapat melakukan lebih banyak pekerjaan. Seperti apa cara kerjanya?

Perluasan smart chips di GSheets

Photo Credit: Google Workspace Updates

Update terbaru kapabilitas smart chip memungkinkan Anda untuk dapat menambahkan file Google Drive langsung ke dalam Google Sheets. Ini akan mempermudah Anda untuk melihat pratinjau dan berinteraksi dengan file yang ada di spreadsheet lebih cepat.

Selain itu, perluasan smart chips di GSheets juga memungkinkan Anda untuk menambahkan events yang ada pada Calendar ke dalam spreadsheet. Fitur tambahan dari smart canvas Google Workspace ini memungkinkan Anda untuk mencari events yang tersimpan di Calendar atau menyalin link Calendar dan kemudian menambahkannya ke spreadsheet. Setelahnya, sistem akan menampilkan nama event serta hover card yang bisa langsung ditindaklanjuti di sel spreadsheet.

Baca juga: Akses Analisis Data di Connected Sheets untuk Kolaborator dengan Delegated Access

Kegunaan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates

Sebagai sebuah spreadsheet berbasis cloud, GSheets adalah aplikasi yang sangat multifungsi. Anda bisa menggunakannya untuk beragam kebutuhan produktivitas, mulai dari menyusun jadwal, membuat perencanaan, melakukan analisis, hingga memantau perkembangan proyek. Semua tugas tersebut akan menjadi lebih mudah dan simpel jika data yang ada terintegrasi dengan informasi waktu di Calendar.

Hadirnya perluasan fitur smart chip ini akan memudahkan Anda untuk mengintegrasikan antara data yang tercantum di GSheets dengan informasi yang tersimpan di Calendar. Dengan begitu, Anda bisa meminimalkan terjadinya ketidaksesuaian data antara Calendar dengan spreadsheet. Terlebih, fitur baru ini juga sudah dilengkapi dengan hover card yang memungkinkan Anda untuk langsung mengambil tindakan pada event di spreadsheet.

Mulai menggunakan fitur

Perluasan smart chip di GSheets tidak memerlukan pengaturan tambahan dari administrator. End-user bisa langsung menggunakannya untuk menambahkan event yang diinginkan. Untuk menambahkan event baru pada Sheet, cukup ketikkan “@” di sel spreadsheet yang Anda inginkan. Kemudian, carilah event pada Calendar Anda atau bisa juga melalui menu Insert > Chips > Events. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini, silakan kunjungi halaman Help Center.

Baca juga: Cara Ekspor Hasil Pencarian Alat Investigasi Keamanan ke GSheets

Ketersediaan fitur

Fitur baru ini dirilis secara bertahap, baik untuk rilis cepat maupun rilis terjadwal. Untuk domain rilis cepat dimulai pada tanggal 11 Oktober 2022 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur). Sedangkan untuk domain rilis terjadwal dimulai pada tanggal 25 Oktober 2022 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur).

Fitur smart chip tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace, termasuk bagi mereka yang masih menggunakan rangkaian G Suite Basic maupun G Suite Business. Selain itu, fitur ini pun telah tersedia bagi pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Cara Lain untuk Berkolaborasi Dengan Visitor Sharing di Google Drive

Google Workspace menghadirkan fitur smart chip untuk memudahkan produktivitas kerja kolaboratif. Perluasan yang hadir di GSheets ini akan membantu Anda menyesuaikan informasi yang tersimpan di spreadsheet dan Calendar. Dengan begitu, risiko ketidaksesuaian data pun bisa diminimalkan. Selain GSheets, Google Workspace juga masih memiliki berbagai aplikasi serta layanan produktivitas yang siap menunjang pekerjaan Anda.

Gunakan solusi produktivitas dari Google Workspace untuk lingkungan kerja perusahaan atau instansi Anda. Selain GSheets, rangkaian produktivitas Workspace juga terintegrasi dengan Gmail, Docs, hingga Sites. Untuk implementasinya, Anda bisa percayakan pada EIKON Technology. Kami menawarkan solusi implementasi yang komprehensif, mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments