Perluasan Kapabilitas Google Meet dengan Dukungan Caption Terjemahan di Video Recordings

Setelah mengalami peningkatan pengguna selama pandemi, aplikasi konferensi video semakin berkembang. Apllikasi panggilan video unggulan seperti Google Meet bahkan terus menambahkan fitur baru, memperbaiki bug, hingga meningkatkan aksesibilitas. Paling baru, Meet menyertakan caption terjemahan langsung selama rapat untuk mengatasi kendala bahasa, jarak, dan disabilitas. Pada pertengahan Februari lalu, Google meningkatkan fitur tersebut lebih jauh lagi dengan menyertakan caption dalam rekaman rapat.

Caption terjemahan video recording Google Meet

Tahun 2021 lalu, Google Meet memperkenalkan caption terjemahan real-time yang dibuat secara otomatis untuk panggilan video mereka. Kini, host maupun co-host dapat mengaktifkan teks untuk video recording (dengan asumsi akun Workspace mereka telah mendukung kapabilitas perekaman). Selain itu, pengajar yang memulai sesi Meet melalui Google Classroom juga akan memiliki akses ke kapabilitas ini.

Kapabilitas baru ini akan sangat bermanfaat bagi peserta rapat dengan gangguan pendengaran yang tidak dapat hadir dalam live meeting. Dengan begitu, mereka pun bisa lebih mudah memahami jalannya rapat. Agar seluruh peserta rapat, baik yang bisa hadir dalam live meeting maupun tidak, dapat mengakses caption terjemahan video recording Meet, host harus membagikan rekaman, beserta caption terjemahannya. Anda dapat menyimpan keduanya dalam folder ‘Meet Recordings’ yang ada di akun Google Drive dengan format MP4.

Baca juga: Mengulik Interoperabilitas Baru Google Meet dengan Zoom

Ketersediaan fitur

Photo Credit: tirachardz (Freepik)

Per 12 Februari 2023, fitur baru ini telah muncul di sebagian akun pengguna. Namun jika fitur belum muncul di akun Google Meet Anda, tak perlu merasa khawatir. Pasalnya, perilisan fitur dilakukan secara bertahap dan kemungkinan besar akan selesai pada tanggal 15 Maret 2023 nanti.

Sebagai fitur aksesibilitas, Google telah membuatnya dapat diakses oleh semua akun Workspace (yang telah dilengkapi dengan kapabilitas video recording). Namun jika ekosistem Workspace Anda masih belum menggunakan kapabilitas ini, Anda masih dapat mengaktifkan fitur Live Transcribe Android atau Live Captions Chrome untuk mendapatkan transkripsi serupa saat melihat video recording Google Meet.

Google juga menyebutkan bahwa kapabilitas untuk memasukkan caption terjemahan ke video recording Meet akan tersedia untuk Google Workspace Essentials, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, dan Enterprise Plus. Bersamaan dengan semua ini, pelanggan Education Plus, Teaching, dan Learning Upgrade juga termasuk dalam daftar. Peluncuran fitur ini ditujukan untuk domain rilis cepat pada tanggal 1 Maret dan akan tersedia bagi seluruh pengguna pada tanggal 15 Maret.

Baca juga: Dukungan Bahasa yang Diperluas untuk Caption Google Meet

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: tirachardz (Freepik)

Sebelumnya, Google telah melakukan peluncuran caption terjemahan langsung untuk Meet pada Januari 2022. Fitur ini memiliki kemampuan untuk menerjemahkan percakapan secara otomatis dari satu bahasa lisan ke bahasa lain secara real-time di Google Meet.

Bahasa yang tersedia untuk menampilkan teks adalah Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Belanda (beta), Italia (beta), Jepang (beta), Korea (beta), Portugis (beta), Rusia (beta), dan Mandarin-Tradisional (segera hadir).

Caption terletak di bagian bawah layar panggilan video Google Meet. Peserta Google Meet juga dapat memvisualisasikan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Anda juga dapat memodifikasi bahasa teks dengan memilih opsi bahasa yang tersedia dan mengeklik ‘Apply’.

Baca juga: Mulai Meeting Lebih Cepat dengan Daftar Tamu di Google Meet PC

Dengan adanya perluasan kapabilitas Google Meet, aplikasi virtual meeting ini menjadi semakin lengkap. Virtual meeting pun akan jadi makin inklusif, terutama jika peserta menggunakan bahasa yang berbeda-beda atau mengalami kesulitan untuk mengakses suara video recording Meet.

Google Meet merupakan aplikasi produktivitas kolaboratif yang masuk dalam integrasi Google Workspace. Lewat integrasi ini Anda bisa dengan mudah melakukan panggilan video melalui aplikasi produktivitas Google lainnya seperti Docs, Slides, dan Sheets. Untuk penggunaan skala besar yang lebih optimal, Anda bisa berlangganan paket Google Workspace melalui EIKON Technology, authorized reseller produk-produk Google untuk Indonesia. Informasi selengkapnya, klik di sini

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments