Upgrade Pengelolaan Membership Spaces Google Chat, Apa yang Berubah

Sebelumnya, Google Chat menyediakan opsi “View members” dan “Add people and apps” untuk mengelola anggota Spaces. Per 26 Januari 2023, opsi tersebut mengalami upgrade, menghadirkan sebuah pengalaman baru yang akan memudahkan Anda dalam mengelola peserta Spaces. Berikut penjelasan selengkapnya.

Upgrade pengelolaan anggota Spaces Google Chat

Photo Credit: Google Workspace Updates

Untuk menggantikan opsi “View members” dan “Add people and apps”, Google Chat memperkenalkan kapabilitas “Manage members”. Dengan kapabilitas baru ini, Anda dapat melihat daftar berisi anggota yang sudah ditambahkan dan diundang ke Space.

Bukan hanya itu, dengan upgrade ini Anda juga dapat menemukan perubahan pada menu Settings. Pada menu Settings yang baru, tersedia pilihan untuk menambahkan atau menghapus anggota, dan juga pilihan untuk mengatur setelan Space. Pengguna pun kini diberi keleluasaan dalam mengelola aplikasi Chat berikut integrasinya melalui opsi “Apps & integration” yang juga diluncurkan pada upgrade kali ini.

Baca juga: Sempurnakan Hasil Penelusuran di Google Chat Lebih Cepat dengan Search Chips

Menggunakan fitur baru Chat

Opsi pengelolaan membership Spaces ini tidak membutuhkan kontrol administrator sama sekali. Bagi Anda end user, bisa langsung menggunakannya setelah tanggal perilisan.

  • Untuk mengelola anggota Space Anda, klik bagian header Space dan kemudian pilih opsi “Manage Members”. Opsi ini dapat digunakan untuk melihat, menambah, atau menghapus anggota dari Space.
  • Anda juga dapat mengubah pengaturan akses Space dengan memilih opsi “Space settings” yang berada tepat di bawah opsi “Manage Members”.

Google Chat telah menyediakan dokumentasi khusus untuk upgrade ini dan dapat diakses secara gratis melalui halaman ini.

Cara melihat anggota Space

  1. Masuk ke Google Chat atau akun Gmail Anda.
  2. Di sebelah kiri halaman, pilih Space yang ingin dilihat.
  3. Klik opsi “Manage Members”. Sistem kemudian akan langsung menampilkan seluruh anggota yang ada di dalam Space tersebut (termasuk akun yang sudah diundang bergabung).
  4. Jika Anda ingin menambahkan anggota baru ke Space, klik ikon +Add.

Baca juga: Fitur Do Not Disturb Google Chat Kini Dapat Dijadwalkan, Bagaimana Caranya?

Ketersediaan fitur

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

Fitur terbaru Chat ini telah tersedia untuk versi web. Untuk aplikasi Chat seluler, perilisan fitur akan dilakukan pada akhir kuartal pertama 2023.

Fitur dirilis dalam format extended rollout. Ini berlaku untuk domain rilis cepat dan juga domain rilis terjadwal. Berikut detail selengkapnya:

  • Domain rilis cepat: Extended rollout mulai dari tanggal 26 Januari 2023 (kemungkinan akan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).
  • Domain rilis terjadwal: Extended rollout mulai dari tanggal 13 Februari 2023 (kemungkinan akan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

Fitur tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Plus, Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, dan Frontline. Namun fitur ini tidak tersedia bagi pelanggan Nonprofits, serta G Suite Basic dan G Suite Business. Tidak tersedia juga untuk Google Account pribadi.

Baca juga: Tingkatkan Kolaborasi Kerja dengan Fitur Chat dan Channel Microsoft Teams

Dengan upgrade ini, Anda bisa lebih leluasa dalam mengelola membership di sebuah Space. Anda juga akan mendapatkan visibilitas yang lebih baik dalam melihat anggota yang terdaftar dan masuk dalam daftar undangan.

Upgrade terbaru dari Google Chat ini dapat diakses oleh pelanggan Google Workspace for Business dan Education. Keduanya bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology, official reseller Google Workspace. Kami menawarkan produk resmi beserta layanan konsultasi mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk terhubung dengan EIKON Technology, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments